Pentingnya Swab Test Antigen Sebelum Bepergian ke Luar Kota

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   28 Oktober 2020
Pentingnya Swab Test Antigen Sebelum Bepergian ke Luar Kota Pentingnya Swab Test Antigen Sebelum Bepergian ke Luar Kota

Halodoc, Jakarta - Pandemi memang belum berakhir, tetapi bukan berarti kegiatan perekonomian harus benar-benar terhenti karenanya. Beberapa kegiatan perkantoran memang sudah boleh dilakukan, meski ada aturan-aturan ketat yang tetap harus diikuti. Termasuk untuk mereka yang harus dinas keluar kota. Apalagi memasuki akhir pekan panjang, banyak juga orang-orang yang sudah berencana untuk pergi keluar kota untuk liburan. 

Walaupun para ahli sudah memperingatkan untuk tidak bepergian keluar rumah, beberapa orang tetap memilih untuk melakukannya karena alasan pekerjaan atau sekadar menghilangkan stres setelah terlalu lama di rumah. Jika kamu hendak keluar kota, apa pun alasannya, kamu harus sangat memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona. Salah satunya adalah dengan melakukan swab test antigen sebelum bepergian, untuk memastikan kamu bukanlah silent carrier virus corona.

Baca juga: Ini Alasan Rapid Tes Antigen Lebih Akurat Dibanding Antibodi

Swab Test juga Dianjurkan Pemerintah

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sangat berharap bahwa akhir pekan ini khususnya tidak menjadi media penularan virus corona baru penyebab COVID-19. Mengutip CNBC Indonesia, Tito mengeluarkan beberapa anjuran. Pertama, bagi masyarakat yang berada di daerah 'merah' atau rawan penularan, Tito menyarankan agar tidak perlu pulang kampung atau berlibur. Menurut Tito, alangkah lebih baik untuk mengisi waktu di rumah sembari menikmati liburan bersama keluarga.

Kedua, kalau seandainya memang akan keluar kota, yakinkan betul bahwa diri kamu sudah melakukan tes PCR. Sehingga, kamu yakin bahwa kamu dalam keadaan negatif, serta tidak menjadi penular bagi saudara-saudara, orang tua, dan lain-lain yang ada di daerah.  

Sementara yang ketiga, pemerintah pusat akan menggelar rapat bersama kepala daerah. Daerah diharapkan menjaga betul mekanisme pertahanan daerah yang selama ini sudah berjalan pada saat libur Lebaran lalu. Caranya seperti memastikan bahwa seseorang yang hendak masuk ke daerahnya sudah melaksanakan tes agar ketika berinteraksi dengan warga, mereka tidak menjadi penular.

Melakukan pemeriksaan sebelum bepergian keluar kota adalah hal yang sarankan. Karena selain mencegah penularan, ini juga bisa membantu kamu mengetahui status kesehatan kamu. Bayangkan saja jika kamu tidak melakukan pemeriksaan, seperti swab test antigen atau PCR. Bukan hanya akan menularkan ke banyak orang, tapi kondisi kamu bisa semakin memburuk karena seharusnya kamu beristirahat, melakukan perawatan dan, isolasi mandiri.   

Baca juga: Ketahui Perbedaan PCR, Rapid Tes Antigen dan Rapid Tes Antibodi

Pentingnya Swab Test Antigen

Kini memang sudah cukup banyak pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona. Awalnya rapid test antibodi menjadi salah satu cara yang dilakukan, tetapi ternyata tes ini memiliki banyak kekurangan sehingga beralih ke tes swab polymerase chain reaction (PCR). Sayangnya, tes swab PCR memiliki harga yang cukup mahal, sehingga belakangan WHO pun menyetujui penggunaan swab test antigen yang harganya lebih murah dan memiliki tingkat akurasi yang baik meski tidak sebaik tes swab PCR. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk tes antigen sebagai tes untuk mengidentifikasi SARS-CoV-2. Selain lebih murah, tes swab antigen juga dapat digunakan di tempat-tempat perawatan. Alat yang sudah diotorisasi ini juga dapat memberikan hasil diagnosis dalam waktu sekitar 15 menit. Rapid test antigen atau disebut dengan swab antigen membantu menyaring orang-orang untuk mengidentifikasi mereka yang membutuhkan tes yang lebih pasti.

Baca juga: Akses Layanan Rapid Test Drive Thru Bisa Dilakukan Melalui Halodoc

Hendak keluar kota di tengah pandemi untuk urusan pekerjaan, menemui kerabat di luar kita atau untuk liburan? Sebaiknya pastikan kamu sudah melakukan tes pemeriksaan corona, misalnya swab test antigen. Kamu pun bisa buat janji untuk melakukan swab test antigen di Halodoc

Di Halodoc, kamu bisa memilih paket pemeriksaan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya tes datang ke rumah sakit atau metode drive thru. Hasilnya pun bisa kamu dapatkan langsung di aplikasi. Kamu juga bisa mendiskusikan dengan dokter di Halodoc setelah hasilnya kamu terima. Praktis bukan? Yuk, manfaatkan fitur-fitur kesehatan yang memudahkan kamu di tengah pandemi ini hanya di Halodoc!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Interim Guidance for Rapid Antigen Testing for SARS-CoV-2.
CNBC Indonesia. Diakses pada 2020. Catat! Tito Minta Warga Swab Test Corona Dulu Sebelum Liburan.
SRL Diagnostic. Diakses pada 2020. Antigen Test for COVID-19: How Is It Different from Coronavirus Testing.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan