Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Gigi Palsu Permanen

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 November 2021

"Gigi palsu dan gusi palsu bisa menjadi pilihan untuk menggantikan gigi asli yang sudah tidak ada. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pemasangannya."

Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Gigi Palsu PermanenPerhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Gigi Palsu Permanen

Halodoc, Jakarta – Gigi palsu dan gusi palsu biasa orang gunakan untuk menggantikan gigi asli yang sudah tidak ada. Gigi palsu ada dalam dua bentuk, gigi palsu non-permanen dan gigi palsu permanen. Pilihan gigi palsu permanen mungkin terbilang baru daripada non-permanen. Sementara orang-orang yang membutuhkan gigi palsu pun kini mulai melirik gigi palsu permanen. 

Gigi palsu permanen tidak bisa kamu lepas oleh pemiliknya, dan kebutuhannya dirancang untuk seluruh mulut. Sedangkan gigi palsu sebagian dapat kamu lepas dan dirancang untuk orang yang masih memiliki sebagian gigi aslinya. Sebenarnya, dokter gigi jarang merujuk seseorang untuk menggunakan gigi palsu permanen. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasangnya

Melihat kebutuhan gigi palsu mulai bergeser ke gigi palsu permanen, sebaiknya ketahui beberapa hal sebelum memasangnya demi kesehatan mulut dan gigi

1. Pilih Jenis Gigi Palsu yang Tepat 

Tergantung pada berapa banyak gigi yang tersisa. Jika kamu hanya memiliki sisa beberapa gigi saja, mungkin lebih baik mencabutnya dan memasang gigi palsu permanen lengkap di mulut.

Apabila seseorang tidak memiliki banyak gigi, prosesnya lebih mudah karena gigi yang tersisa dapat dokter cabut dengan rasa sakit yang minimal. 

Bila gigi asli kamu masih ada lebih dari setengah, lebih baik menggunakan gigi palsu sebagian. Gigi palsu ini akan menutupi gigi yang hilang, dan kamu tidak perlu berurusan dengan proses pencabutan gigi. Berikut ini beberapa perawatan atau tipe gigi palsu:

  • Gigi palsu lengkap atau penuh (full dentures).
  • Gigi palsu sebagian (partial dentures).
  • Overdentures.
  • Dental bridges.
  • All on 4 Implant dentures
  • Dental crown (mahkota gigi)

2. Lamanya Gigi Palsu Permanen Bisa Bertahan

Gigi palsu biasa bisa bertahan lama, tapi gigi palsu permanen lebih tahan lama dan bisa bertahan seumur hidup. Dokter gigi perlu memeriksa gigi palsu permanen secara berkala. Jika kamu melakukan pemeriksaan gigi rutin, dokter gigi akan memberi tahu jika gigi palsu permanen perlu penyesuaian.

3. Cara Merawat Gigi Palsu Permanen

Membersihkan gigi palsu biasa cukup mudah. Kamu hanya perlu mengeluarkannya di malam hari dan memasukkan ke dalam segelas air yang mengandung bahan pembersih ringan. Sementara itu gigi palsu permanen tidak bisa kamu cabut, jadi kamu harus menyikatnya seperti menyikat gigi biasa. 

Menyikat gigi palsu mungkin terasa aneh pada awalnya, terutama karena kamu tidak dapat merasakan sensasi sikatan saat menyikat gigi dan gusi. Jika kamu telah menggunakan gigi palsu permanen selama beberapa waktu dan kehilangan warnanya, sebaiknya minta tindakan dokter gigi untuk membersihkannya. Proses ini seharusnya tidak memakan waktu lama. 

4. Biaya Pemasangan Gigi Palsu Permanen

Biaya pembuatan dan pemasangan gigi palsu bervariasi, tergantung pada jenis gigi palsu dan bahan yang dokter gunakan untuk membuatnya. Karena gigi palsu sebagian menggunakan lebih sedikit bahan, maka biayanya lebih mudah daripada gigi palsu permanen. 

Gigi palsu implan hibrida adalah solusi permanen terbaik. Gigi palsu tersebut menggabungkan gigi palsu dengan implan porselen, tapi harganya bisa sangat mahal. Meski begitu jenis gigi palsu permanen ini sangat tahan lama dan sepadan dengan harganya. 

5. Tingkat Kenyamanan

Menempatkan gigi palsu di mulut untuk pertama kalinya adalah pengalaman yang aneh. Hal ini karena gigi asli memiliki koneksi saraf dengan otak. Dengan begitu memungkinkan gigi untuk “berkomunikasi” dengan otak saat gigi digunakan. Contohnya, ketika mengalami kesulitan saat mengunyah makanan.

Namun, gigi palsu permanen tidak terkoneksi dengan otak, sehingga ada masa penyesuaian untuk membiasakan diri. Setelah beberapa hari, mungkin penggunanya akan merasa nyaman,  sehingga tidak sadar sedang menggunakan gigi palsu di mulut.

Gigi palsu permanen bisa jadi pilihan yang baik bagi kamu yang membutuhkan. Karena jenis gigi palsu ini tahan lama dan kamu tidak perlu khawatir akan lepas dari mulut. 

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk memasang gigi palsu permanen, cobalah tanyakan pada dokter dokter gigi di aplikasi Halodoc untuk mengetahui prosesnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Advance Dental. Diakses pada 2021. Permanent Dentures: 5 Things To Consider
Hollow Brook Dental. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Permanent Dentures
New Mouth. Diakses pada 2021. Permanent Dentures Cost

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan