Perlu Tahu, Ini Gejala Ambeien pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Januari 2022

“Ambeien pada anak biasanya disebabkan oleh sembelit. Sedangkan sembelit terjadi akibat kurangnya asupan serat pada makanan anak. Jika orang tua melihat adanya pendarahan pada BAB anak, atau anak sering menghindar untuk ke toilet untuk BAB, bisa jadi ia mengalami ambeien.”

Perlu Tahu, Ini Gejala Ambeien pada AnakPerlu Tahu, Ini Gejala Ambeien pada Anak

Halodoc, Jakarta – Ambeien atau wasir adalah pembuluh darah (yang ada di dalam dan sekitar anus dan rektum bagian bawah) yang membengkak. Kondisi ini dapat ditemukan baik internal (di dalam anus) atau eksternal (di bawah kulit di sekitar anus). Jika anak menangis saat mengejan, maka bisa jadi itu gejala adanya wasir atau ambeien pada anak.

Ketika ambeien terjadi, jaringan anus mengalami peningkatan tekanan yang menyebabkan pembengkakan dan peregangan berlebihan. Ambeien pada anak bisa disebabkan oleh tekanan di sekitar anus saat mengejan. Nah, penyebab ambeien paling umum adalah sembelit. 

Lantas, seperti apa gejala ambeien pada anak yang perlu diketahui?

Ketahui Gejala Ambeien pada Anak

Jika Si Kecil memiliki ambeien, ia mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut:

  • Pendarahan dubur, gatal di area anus, dan rasa tidak nyaman.
  • Ada darah di usus. Hal ini akibat pembuluh darah di daerah anus pecah. Pendarahan rektum seperti itu juga bisa menjadi indikasi masalah yang berbeda dan harus segera diperiksa oleh dokter anak. 
  • Adanya ambeien menyebabkan keluarnya zat seperti lendir yang membuat anus dan daerah sekitarnya tidak nyaman dan lembab. Akibatnya, selalu ada rasa gatal atau iritasi di area anus. 
  • Anak menghindari pergi ke toilet sama sekali untuk menghindari rasa sakit saat mengejan BAB.
  • Wasir eksternal muncul dengan menonjol keluar dari anus. Hal ini adalah tanda ambeien yang membutuhkan perawatan. 

Jika ayah dan ibu kesulitan mengenali gejala pasti ambeien pada anak, segera kunjungi dokter. Dokter biasanya mencari tanda-tanda ambeien dengan mengamati area luar anus atau dengan melakukan pemeriksaan anal internal. Karena ambeien internal lunak dan tidak dapat langsung dipastikan sebagai ambeien, dokter mungkin menggunakan proktoskop atau alat lain yang memungkinnya melihat ke dalam anus. 

Jika kondisi ambeien pada anak cukup parah, dokter dapat melakukan pemeriksaan ekstensif pada seluruh saluran usus besar melalui kolonoskopi.

Bagaimana Penanganan Ambeien pada Anak?

Karena penyebab paling umum dari ambeien adalah sembelit, penting bagi orang tua untuk memastikan kebutuhan serat harian anak tercukupi. Sebab sembelit sering kali disebabkan oleh kurangnya asupan serat, hidrasi, dan olahraga yang memadai. 

Perawatan ambeien juga dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Mandi air hangat dua atau tiga kali sehari untuk menenangkan area anus. Namun, hindari penggunaan sabun batangan dan bersihkan area anus setelah mandi.
  • Jika area anus meradang dan gatal, maka kompres es atau kompres dingin untuk meredakannya. 
  • Jika anak menggunakan tisu toilet, sebaiknya sarankan untuk menggunakan tisu basah. Karena tisu toilet kering dapat mengiritasi anus. 
  • Jika anak selalu mengeluhkan rasa sakit, berikan ia beberapa obat penghilang rasa sakit seperti asetaminofen. Obat tersebut dapat mengurangi rasa sakit di area anus.
  • Berikan juga krim wasir bebas resep yang aman untuk anak.

Mau tahu obat yang ampuh untuk mengatasi ambeien? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Ambeien yang Ampuh dan Mudah Ditemukan“.

Itulah gejala ambeien pada anak yang perlu orang tua ketahui. Jika gejalanya sulit diatasi dengan pengobatan rumahan atau ambeien berlangsung lama, sebaiknya segera kunjungi dokter anak di rumah sakit terdekat. Tanyakan juga mengenai obat atau krim bebas resep maupun resep yang aman untuk Si Kecil.

Jika dokter memberikan resep obat untuk ambeien anak, ibu bisa cek kebutuhan obat di toko kesehatan di aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Hemorrhoids in Babies
CHOC. Diakses pada 2022. Hemorrhoids
Firstory Parenting. Diakses pada 2022. Piles (Haemorrhoids) in Children
WebMD. Diakses pada 2021. Hemorrhoids Treatment.
Very Well Health. Diakses pada 2021. The 7 Best Over-the-Counter Hemorrhoid Treatments of 2021.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan