• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilih 5 Makanan Pembentuk Otot

Pilih 5 Makanan Pembentuk Otot

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ketika manusia bergerak, proses ini dibantu oleh tulang dan otot yang terdapat dalam tubuh manusia. Tanpa disadari, hampir seluruh tubuh manusia memiliki otot di dalamnya. Ada yang memiliki fungsi untuk menggerakan tubuh dalam gerakan besar, ada juga yang melakukan gerakan kecil dan lebih halus, misalnya berkedip.

Baca juga: Bagus untuk Otot, Ini 7 Manfaat Protein yang Perlu Diketahui

Tidak heran, anjuran menjaga kesehatan tubuh, termasuk otot menjadi hal yang bisa dilakukan agar kesehatan tetap optimal. Selain berperan untuk menggerakan tubuh, otot dapat dibentuk dan membuat tubuh seseorang menjadi terlihat lebih besar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang dapat membentuk otot tubuh.

Telur hingga Kacang-kacangan, Bantu Membentuk Otot

Jika ingin badan berotot, dianjurkan lebih banyak mengonsumsi makanan berprotein daripada karbohidrat. Namun, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi protein melebihi jumlah yang diperlukan tubuh, karena selain tidak memberikan manfaat, mengonsumsi protein secara berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Jumlah protein yang dibutuhkan tubuh adalah sebanyak 10-35% dari total kalori. Untuk membantu pembentukan otot, berikut adalah makanan kaya akan protein yang bisa dikonsumsi:

  1. Telur

Salah satu makanan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan otot adalah telur. Dilansir dari Bicycling, proses pembentukan otot dengan mengonsumsi seluruh telur lebih optimal sekitar 40 persen dibandingkan hanya mengonsumsi bagian putih telurnya saja.

Hal ini disebabkan kuning telur dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan protein dalam membangun jaringan otot. Namun, sebaiknya perhatikan pengonsumsian telur, tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan pengonsumsian telur dengan makanan sehat lainnya yang dapat membentuk otot tubuh.

  1. Dada Ayam

Kamu yang sedang membentuk otot tubuh juga dianjurkan untuk mengonsumsi dada ayam, karena makanan yang satu ini tinggi akan protein dan rendah lemak. Tidak hanya membentuk otot, dilansir dari Healthline, mengonsumsi dada ayam yang memiliki kandungan protein tinggi dapat menjaga bentuk otot dan membantu kamu menghilang lemak dalam tubuh.

Setiap 100 gram dada ayam mengandung 30 gram protein dengan lemak yang sangat sedikit. Sebaiknya konsumsi dada ayam yang direbus, karena memasak dengan cara direbus, tidak menggunakan minyak sama sekali, sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Baca juga: Mau Otot Kencang, Ini Tips Sederhananya

  1. Salmon

Ikan nyatanya menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan salmon yang dapat membantu kamu untuk membentuk otot pada tubuh. Tidak hanya untuk proses membentuk otot, mengonsumsi ikan salmon membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan penyakit jantung maupun diabetes.

  1. Susu Rendah Lemak

Dilansir dari Live Strong, susu rendah lemak nyatanya sangat baik untuk membentuk otot dalam tubuh karena mengandung protein berkualitas tinggi, karbohidrat, potasium, kalsium, dan vitamin D. Minumlah susu coklat rendah lemak setelah selesai berolahraga.

  1. Kacang-kacangan

Siapa bilang kalau sedang dalam program pembentukan badan, kamu enggak boleh makan camilan? Nyamil kacang-kacangan justru dapat bantu membentuk otot tubuh, karena kacang merupakan sumber protein yang juga mengundang antioksidan, vitamin, serat, dan lemak sehat. Makan kacang yang masih mentah atau direbus dan tanpa garam.

Baca juga: Bentuk Otot Tubuh dengan Olahraga Kalistenik

Itulah makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu kamu membentuk otot dalam tubuh. Tidak hanya makanan, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin agar otot pada tubuh dapat terbentuk dengan baik dan terhindar dari gangguan kesehatan yang mungkin dialami pada bagian otot.

Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2020. How to Drink Milk to Build Muscle
Mens Health. Diakses pada 2020. 8 Foods that Pack in Muscle
Healthline. Diakses pada 2020. How Much Protein in Chicken? Breast, Thigh and More
Bicycling. Diakses pada 2020. Want to Make the Most Muscle? Forget Egg White, Eat The Whole Damn Egg