Rekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Osteoporosis

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Maret 2024

“Osteoporosis merupakan suatu kondisi di mana tulang-tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang. Jangan ragu bertanya dengan dokter spesialis untuk mendapatkan informasi dan saran yang sesuai dengan kebutuhan kamu.”

Rekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan OsteoporosisRekomendasi Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Osteoporosis

DAFTAR ISI

  1. Gejala Osteoporosis
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Beri Solusi Osteoporosis
    1. dr. Edwin William Sp.OT, M.Biomed
    2. dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han
    3. dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT

Halodoc, Jakarta – Osteoporosis adalah suatu kondisi saat tulang menjadi rapuh dan rentan patah karena kelemahan strukturnya. Bahkan tekanan ringan seperti membungkuk atau batuk bisa menyebabkan patah tulang pada penderita. 

Patah tulang akibat osteoporosis sering terjadi di area pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang. Tulang merupakan jaringan yang terus-menerus mengalami proses pembentukan dan penggantian. 

Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak dapat menutupi kehilangan tulang yang terjadi. Meskipun dapat menyerang pria dan wanita, para wanita terutama mereka yang telah memasuki masa menopause, memiliki resiko tertinggi terkena osteoporosis. 

Penggunaan obat-obatan tertentu, pola makan yang sehat, konsultasi dengan dokter dan latihan angkat beban adalah langkah-langkah yang dapat membantu mencegah kerapuhan tulang atau menguatkan tulang yang sudah melemah.

Gejala Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang tidak menimbulkan gejala sama sekali, sehingga seringkali disebut sebagai silent disease

Meskipun tidak menyebabkan gejala langsung, osteoporosis dapat menunjukkan beberapa perubahan pada tubuh yang mengindikasikan kehilangan kekuatan atau kepadatan tulang. 

Tanda-tanda yang dapat menjadi gejala osteoporosis meliputi:

  • Penyusutan tinggi badan.
  • Perubahan postur (lebih membungkuk atau membungkuk ke depan).
  • Sesak napas (jika cakram di tulang belakang cukup tertekan dapat menyebabkan penyusutan kapasitas paru-paru).
  • Nyeri punggung bawah (nyeri pada tulang belakang lumbal).

Meskipun perubahan fisik mungkin sulit untuk diperhatikan, terkadang candaan tentang orang lanjut usia yang “menyusut” seiring bertambahnya usia dapat menjadi tanda penting untuk segera mengunjungi dokter.

Selain itu, kamu juga perlu tahu Perbedaan Penanganan Osteoporosis pada Orang Dewasa dan Bayi.

Dokter di Halodoc yang Bisa Beri Solusi Osteoporosis

Untuk informasi lengkap dan penanganan yang lebih baik untuk masalah osteoporosis,  segera menghubungi dokter terpercaya di Halodoc

Berikut daftar dokter berpengalaman dan juga telah mendapatkan rating baik dari pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya:

1. dr. Edwin William Sp.OT, M.Biomed

Kamu bisa berkonsultasi dan mencari informasi dengan menghubungi dr. Edwin William Sp.OT, M.Biomed.

Ia merupakan lulusan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2006 dan meraih gelar spesialis dari Universitas Hasanuddin Makassar, 2019 dengan keahlian dalam  menangani keseleo & patah tulang, juga nyeri otot & sendi.

Saat ini, dokter Edwin William tengah aktif melaksanakan prakteknya di daerah Tangerang, Banten dan telah berpengalaman 18 tahun sebagai Spesialis Orthopaedi & Traumatologi.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dr. Edwin William Sp.OT, M.Biomed di Halodoc. Ia siap memberikan solusi untuk mengatasi masalah kesehatan terkait sendi & tulang.

Chat dr. Edwin William Sp.OT, M.Biomed dari Rp 90.000,- di Halodoc.

2. dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han. Ia adalah lulusan dari Universitas Negeri Sebelas Maret pada tahun 2007 dan Universitas Gadjah Mada pada 2017. 

Saat ini, dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han berpraktik di Poso, Sulawesi Tengah dan memiliki keahlian di bidang ortopedi anak, cedera tulang belakang, dan keseleo & patah tulang.  

Dengan bekal pengalaman selama 17 tahun dalam praktik klinis, kamu dapat berkonsultasi dengan dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han melalui Halodoc untuk mendapatkan bantuan terkait masalah penyakit tulang dan sendi.

Chat dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han dari Rp 99.000,- di Halodoc.

3. dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT

Dokter I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2015 dan lulus mendapatkan gelar spesialis orthopedi & traumatologi dari universitas yang sama pada 2023. 

Saat ini, ia aktif melakukan praktik medis di Gianyar, Bali. Dengan pengalamannya selama 15 tahun, dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang masalah penyakit dalam pada imun tubuh dan pernapasan.

Chat dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah daftar dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan saran terkait osteoporosis. 

Jangan khawatir jika dokter tidak tersedia atau sedang tidak aktif saat ini, karena Anda tetap dapat membuat jadwal konsultasi di waktu lain melalui aplikasi Halodoc. 

Tidak perlu tunggu lebih lama, manfaatkan layanan Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi kesehatan yang lebih mudah dan cepat.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Osteoporosis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Osteoporosis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan