Resep Sehat: Butter Coffee yang Baik untuk Tingkatkan Fokus

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Mei 2023

“Butter coffee adalah pilihan minuman yang sehat dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan energi dan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Resep sederhana ini mudah diikuti dan memberikan manfaat kesehatan yang beragam.”

Resep Sehat: Butter Coffee yang Baik untuk Tingkatkan FokusResep Sehat: Butter Coffee yang Baik untuk Tingkatkan Fokus

Halodoc, Jakarta – Butter Coffee atau biasa terkenal sebagai Bulletproof Coffee adalah minuman yang terbuat dari kopi yang bercampur dengan mentega dan minyak Medium Chain Triglycerides (MCT). Meskipun terdengar aneh, minuman ini telah menjadi tren di kalangan orang-orang yang ingin meningkatkan energi, fokus, dan kebugaran.

Minuman yang terdiri dari kopi, mentega, dan minyak MCT ini memiliki manfaat kesehatan yang banyak, termasuk membantu untuk lebih fokus. Untuk mengetahui makanan lainnya yang dapat meningkatkan kefokusan, kamu juga bisa membaca artikel mengenai Makanan yang Bisa Tingkatkan Fokusmu.

Manfaat Butter Coffee Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

1. Memberikan energi yang tahan lama

Butter coffee adalah campuran antara kopi, mentega, dan minyak MCT. Kafein dalam kopi memberikan energi yang cepat, sedangkan mentega dan minyak MCT memberikan energi yang bertahan lama.

Lemak dalam mentega membantu memetabolisme kafein dalam tubuh menjadi lebih lambat, sehingga energi yang terkandung dalam kopi lebih bertahan lama.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Kafein dalam kopi dan lemak dalam mentega membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Minuman ini sering diminum oleh atlet dan pekerja yang membutuhkan fokus yang tinggi selama latihan atau tugas-tugas yang membutuhkan perhatian.

3. Membantu menurunkan berat badan

Minyak MCT dalam butter coffee memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kegunaannya membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih efisien. Studi telah menunjukkan, mengonsumsi minyak MCT membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Mentega yang terdapat dalam butter coffee berasal dari sapi yang makan rumput. Mentega ini mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K2, yang baik untuk kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah, sementara vitamin K2 membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kopi mengandung kafein, yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Kafein membantu meningkatkan mood, memori, waktu reaksi, dan kemampuan untuk melakukan tugas yang membutuhkan perhatian.

Mentega dan minyak MCT dalam butter coffee juga dapat meningkatkan fungsi otak karena lemak adalah bahan bakar utama untuk otak.

Resep Membuat Butter Coffee

Berikut adalah tips resep untuk membuatnya:

Bahan-bahan:

  • Secangkir kopi hitam yang baru diseduh
  • 1 sendok makan mentega sapi organik
  • 1 sendok makan minyak MCT
  • Madu atau gula kelapa untuk pemanis (opsional)

Cara membuat:

  1. Seduh kopi seperti biasa dan tuangkan ke dalam blender.
  2. Tambahkan mentega dan minyak MCT ke dalam blender.
  3. Blender selama sekitar 20 detik atau sampai minuman tercampur dengan baik dan menghasilkan busa di atasnya.
  4. Tuang ke dalam gelas dan tambahkan pemanis sesuai selera.

Penting untuk diingat bahwa meskipun butter coffee memiliki manfaat kesehatan, minuman ini tidak bisa menggantikan pola makan yang seimbang dan sehat.

Pastikan untuk tetap menjaga asupan nutrisi yang cukup dan olahraga teratur untuk mendukung kesehatan dan kebugaran kamu secara keseluruhan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh terkait dengan peningkatan kefokusan, kamu bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk butter coffee dan bahan-bahannya melalui Halodoc. Yuk, segera download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Should You Add Butter to Your Coffee?
Ready Nutrition. Diakses pada 2023. How to Make Butter Coffee For Focus.
Types Coffee. Diakses pada 2023. Butter Coffee Benefits & Side Effects – Coffee With Butter Recipe.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan