Sebelum Lakukan Terapi Chiropractic, Perhatikan 3 Hal Ini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Februari 2023

“Terapi chiropractic adalah perawatan kesehatan yang bisa mengoptimalkan fungsi tubuh. Namun, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan terapi ini.”

Sebelum Lakukan Terapi Chiropractic, Perhatikan 3 Hal IniSebelum Lakukan Terapi Chiropractic, Perhatikan 3 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Gangguan pada tulang belakang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari pengidapnya. Hal ini juga bisa menyebabkan  gangguan untuk menggerakkan anggota tubuh hingga menurunnya kemampuan sensorik.

Selain pengobatan secara medis, kamu juga bisa melakukan terapi chiropractic untuk mengatasi keluhan kesehatan yang terkait dengan gangguan tulang belakang

Namun, sebelum melakukan terapi ini, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan ketentuan terapi chiropractic.

Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Terapi Chiropractic

Terapi chiropractic adalah perawatan kesehatan untuk bagian neuromuskuloskeletal pada pasien. Mulai dari tulang, saraf, otot, tendon, dan ligamen. Terapi memerlukan tindakan secara tepat agar bisa membantu menurunkan rasa nyeri, memperbaiki keselarasan tubuh, dan mengoptimalkan fungsi tubuh dengan lebih baik.

Tidak sembarang orang bisa melakukan praktik ini. Chiropractic perlu dilakukan oleh chiropractor. Ada beberapa alasan yang membuat kamu perlu melakukan terapi ini, seperti nyeri punggung bawah, sakit leher, nyeri otot, hingga sakit kepala yang tidak kunjung membaik.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan terapi ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Usia

Chiropractic menjadi terapi yang sangat aman dan bisa dilakukan oleh semua usia, termasuk anak-anak dan lansia. Namun, kebanyakan seseorang yang melakukan terapi ini berada di antara usia 45-64 tahun.

2. Mengidap penyakit tertentu

Seseorang yang mengalami peradangan sendi, sebaiknya tanyakan kondisi kesehatan pada dokter terlebih dahulu untuk melakukan terapi ini. 

3. Memiliki riwayat patah tulang

Seseorang yang memiliki riwayat patah tulang, sebaiknya tidak melakukan terapi ini.

Itulah beberapa kondisi yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan terapi chiropractic. Saat pertama kali mengunjungi chiropractor, kamu pun akan menjalani beberapa pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan. 

Biasanya, chiropractor membutuhkan pemeriksaan lanjutan dengan penggunaan sinar X-ray, computed tomography (CT) scan, hingga magnetic resonance imaging (MRI) scan untuk memastikan kondisi kesehatan secara menyeluruh. Tujuannya agar terapi yang kamu jalani bisa bermanfaat secara optimal.

Apabila kamu tertarik untuk melakukan CT scan, konsultasikan terlebih dahulu dengan Daftar Dokter yang Bisa Beri Info Lengkap soal CT Scan untuk mendapat saran mengenai kondisimu lebih lanjut.

Perawatan dalam Terapi Chiropractic

Pengobatan melalui terapi ini tidak memerlukan resep obat apa pun. Perawatan yang ditawarkan pada terapi ini meliputi:

  • Penyesuaian. Tindakan ini untuk meluruskan kembali sendi guna meningkatkan jangkauan gerak dan mengurangi rasa sakit.
  • Terapi jaringan lunak. Tindakan ini untuk mengendurkan otot yang tegang, meredakan kejang, dan melepaskan ketegangan pada jaringan ikat.
  • Melatih peregangan. Peregangan untuk memulihkan dan mempertahankan mobilitas serta stabilitas sendi.
  • Kinesio taping. Tindakan ini berguna untuk menopang sendi dan otot yang terkilir.
  • Rujukan ke dokter ahli. Biasanya, tindakan ini dilakukan agar pasien mendapatkan panduan nutrisi dan gaya hidup sehat, yang bisa membantu mengurangi peradangan atau meningkatkan kondisi kesehatan.

Manfaat Chiropractic

Ada berbagai manfaat chiropractic yang bisa kamu rasakan, seperti:

1. Menurunkan sakit kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala yang tidak kunjung membaik, melakukan terapi ini membantu untuk meredakan sakit kepala tegang dan sakit kepala yang berasal dari gangguan pada tulang leher. 

2. Meredakan nyeri punggung

Kurang olahraga atau sering mengangkat beban berat bisa menyebabkan nyeri punggung. Terapi ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Mengurangi sakit leher

Sakit leher bisa terjadi akibat posisi duduk yang keliru atau terlalu lama menggunakan gadget. Dengan terapi ini, kamu bisa meluruskan kembali tulang belakang dan meredakan ketegangan pada otot leher.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menjalankan terapi chiropractic. Namun, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter terkait manfaat dan risikonya, sebelum memutuskan untuk melakukan terapi ini. 

Yuk, buat janji medis dan rumah sakit menggunakan Halodoc sekarang juga. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Chiropractic Adjustment.

NHS. Diakses pada 2023. Chiropractic.

Healthline. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Chiropractic Care.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan