Setelah Melahirkan, Ibu Pakai Gurita atau Stagen

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Juni 2021
Setelah Melahirkan, Ibu Pakai Gurita atau StagenSetelah Melahirkan, Ibu Pakai Gurita atau Stagen

“Biasanya berat badan akan kembali seperti semula setelah persalinan. Dibutuhkan waktu untuk mengembalikan bentuk tubuh, akan tetapi sebagian ibu masih percaya dan menggunakan stagen atau gurita untuk mengencangkan perut setelah melahirkan. Hati-hati, hal ini ternyata bisa berbahaya, lho!”


Halodoc, Jakarta – Melahirkan menjadi proses terakhir setelah kurang lebih sembilan bulan mengandung. Kebanyakan ibu berharap berat badan dan bentuk tubuh akan kembali seperti semula setelah proses ini. Seperti diketahui, kenaikan berat badan adalah hal yang sangat wajar terjadi selama kehamilan. Namun, dengan melakukan cara-cara yang tepat, ibu bisa mengembalikan berat badan menjadi ideal. 

Perlu disadari bahwa dibutuhkan waktu untuk mendapatkan hal tersebut. Namun, ada kepercayaan yang mengatakan bahwa penurunan berat badan setelah melahirkan bisa didapat dengan penggunaan stagen atau gurita. Hal ini terutama disebut bisa membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, amankan penggunaan gurita atau stagen setelah persalinan? 

Baca juga: Ketahui Risiko Kehamilan di Usia 30 Tahun ke Atas

Bahaya Penggunaan Gurita atau Stagen 

Penggunaan stagen atau kain yang memiliki panjang hingga belasan meter nyatanya tidak dianjurkan. Sebab kain stagen bersifat kaku dan pasif, yang artinya akan memaksa perut ibu untuk mengecil karena lilitannya yang sangat kencang. Sayangnya, hal ini sama sekali tidak memberi dampak banyak terutama untuk mengecilkan ukuran perut.

Memang, saat mengenakan stagen ibu akan merasa perut terasa kencang. Namun jangan terkecoh, hal itu terjadi semata karena bagian tersebut mengikuti kain. Artinya, saat kain stagen dilepas, perut akan kembali seperti semula. Malahan, kebiasaan menggunakan stagen pada ibu hamil malah bisa memicu terjadinya masalah, seperti sesak napas, kesulitan bergerak, pemulihan luka yang lebih lambat, hingga mual dan muntah.

Baca juga: Seberapa Sering Ibu Hamil Boleh Berhubungan Intim?

Selain stagen, salah satu metode yang terkenal dan dipercaya baik dalam perawatan setelah ibu melahirkan adalah penggunaan gurita. Sebenarnya baik stagen maupun gurita diyakini memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk mengecilkan kembali bagian perut.

Namun ada beberapa ahli yang menyebut bahwa penggunaan gurita masih lebih baik ketimbang stagen. Sebab kain gurita tidak akan membalut perut seketat dan sekeras stagen. Namun sama saja, gurita pun tidak terlalu bermanfaat dan sebaiknya dihindari.

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan 

Daripada memaksakan perut untuk kembali ke bentuk semula dengan cara yang menyakitkan, ibu bisa mencoba untuk rutin berolahraga saja. Nyatanya, ada beberapa jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Ibu bisa mencoba untuk berjalan kaki, latihan pernapasan, senam kegel, dan jenis latihan lain yang tidak terlalu berat. 

Hal yang perlu diingat, kunci dalam menurunkan berat badan adalah menghindari jumlah asupan kalori berlebih yang tidak dibarengi dengan pembakaran. Nah, berolahraga dan aktif bergerak nyatanya bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. 

Selain olahraga, ada satu cara yang ternyata cukup ampuh untuk mengembalikan ukuran perut setelah melahirkan. Ibu bisa mendapatkan manfaat penurunan berat badan dengan cara memberi Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif pada bayi. Pasalnya, hal ini dapat merangsang kontraksi dan dapat berangsur-angsur membuat ukuran perut kembali seperti semula.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Melakukan Operasi Usus Buntu?

Selama menyusui dan untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan, ibu disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Konsumsi makanan sehat, beraktivitas fisik, dan lengkapi dengan minum multivitamin tambahan. Biar lebih mudah, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membeli multivitamin atau produk kesehatan lain melalui aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download Halodoc di App Store dan Google Play!

Referensi: 
Bidanku. Diakses pada 2021. Bolehkah Menggunakan Stagen atau Gurita Setelah Melahirkan?
WebMD. Diakses pada 2021. 6 Get-Your-Body-Back Moves for New Moms. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan