Tampil Menawan, Ini Manfaat Konsumsi Vitamin untuk Kulit Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Januari 2023

“Konsumsi vitamin untuk kulit wajah dapat memberikan banyak manfaat. Mulai dari melembapkan, menutrisi kulit, melembutkan, serta melindungi kulit dari kerusakan sel.”

Tampil Menawan, Ini Manfaat Konsumsi Vitamin untuk Kulit WajahTampil Menawan, Ini Manfaat Konsumsi Vitamin untuk Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembap, serum, dan krim mata adalah rangkaian perawatan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Selain penggunaan produk, konsumsi vitamin dapat mendukung kesehatan kulit, terutama kulit wajah. 

4 Manfaat Konsumsi Vitamin Untuk Kulit Wajah

Vitamin untuk kulit yang mengandung vitamin B7 atau biotin, adalah jenis vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, begitu juga dengan suplemen kolagen. Yuk, cari tahu di sini manfaat konsumsi vitamin untuk kulit wajah!

Manfaat Konsumsi Vitamin untuk Kulit

Tidak semua vitamin dapat mendukung kesehatan kulit. Namun, beberapa jenis vitamin seperti vitamin B7, vitamin E dan vitamin C, dapat berperan penting dalam kemampuan kulit untuk memperbaiki diri.

Seperti apa manfaat konsumsi vitamin untuk kulit buat kesehatan?

1. Membantu melembapkan kulit

Vitamin untuk kulit dapat membantu melembapkan kulit, terutama buat orang yang sudah mengalami pertambahan usia.

Jika kamu sudah berusia hampir 40 tahun, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin E supaya kulit dapat tetap lembap.

2. Melindungi sel dari kerusakan

Seiring dengan pertambahan usia, paparan sinar matahari, dan faktor lingkungan dapat membuat sel kulit mengalami kerusakan.

Itulah sebabnya, direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk kulit guna membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

3. Melembutkan kulit

Lembap saja tidak cukup, kulit juga perlu terjaga kelembutannya. Salah satu caranya adalah melalui konsumsi vitamin untuk kulit. Vitamin  untuk kulit dapat membuat kulit tidak hanya lembut, melainkan juga mengurangi pembengkakan, kulit yang memerah, dan penebalan yang kerap terjadi karena kondisi lingkungan. 

Mengonsumsi suplemen vitamin adalah cara mudah untuk mendapatkan vitamin pendukung kesehatan kulit yang mungkin tidak kamu dapatkan dalam diet. Namun, vitamin dan suplemen yang berlebihan dapat berbahaya. 

Misalnya, minum vitamin E terlalu banyak, dapat memicu potensi risiko kesehatan jangka panjang.

Contohnya seperti kanker prostat dan peningkatan risiko kematian pada orang dengan kondisi jantung. Itulah sebabnya, jika ingin mencoba minum vitamin  untuk kulit, ada baiknya kamu untuk konsultasi dulu dengan dokter

Cara Lain Menjaga Kesehatan Kulit Selain Vitamin

Sebenarnya tidak terbatas pada konsumsi vitamin saja, cara lain mendukung kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin. Kemudian, supaya kulit tidak kering, jangan lupa untuk minum cukup cairan.

Menjaga kebersihan juga perlu untuk kesehatan kulit paripurna. Sesederhana mencuci tangan, wajah, menggunakan produk pembersih kulit yang tepat, dan jangan membiasakan diri untuk mandi air hangat terlalu sering. 

Matahari juga dapat merusak kulit, sebab sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang menyebabkan kulit terbakar dan membuat kulit menua lebih cepat.

Sebagai pencegahannya, kamu bisa melindungi kulit dari sinar matahari dengan mengenakan tabir surya atau topi.

Ada beberapa tanda kulit kekurangan vitamin, ini termasuk:

  • Hiperpigmentasi.
  • Penyembuhan luka yang buruk.
  • Rambut rontok.
  • Mengalami kelainan kuku.
  • Kemunculan bercak kasar.
  • Kulit bersisik.
  • Kekeringan yang berlebihan.

Jika kamu khawatir kalau kamu sedang mengalami kekurangan vitamin, Untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, kamu akan direkomendasikan untuk menjalani tes darah, guna memastikan apakah tubuh mengalami kekurangan nutrisi tertentu atau tidak. 

Demikianlah informasi mengenai manfaat konsumsi vitamin bagi kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan info seputar kesehatan dan informasi obat dan suplemen lainnya!

Referensi:
News in Health. Diakses pada 2023. Keep Your Skin Healthy.
Very Well Health. Diakses pada 2023. 5 Essential Vitamins for Skin Health.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Vitamin E for Skin: What Does It Do?
Healthline. Diakses pada 2023. Do You Need Supplements for Better Skin? Here’s What the Science Says.
WebMD. Diakses pada 2022. Nutrients for Healthy Skin.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan