Tanpa Efek Samping, Ini Cara Membakar Lemak Perut yang Alami

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 April 2022

“Menghilangkan lemak perut penting untuk meningkatkan kesehatan dan juga menunjang penampilan. Olahraga dan pola makan sehat merupakan cara membakar lemak di perut yang alami dan efektif.”

Tanpa Efek Samping, Ini Cara Membakar Lemak Perut yang AlamiTanpa Efek Samping, Ini Cara Membakar Lemak Perut yang Alami

Halodoc, Jakarta – Perut buncit menjadi pertanda bahwa ada banyak lemak yang tertimbun di dalam perut kamu. Bukan hanya membuat penampilan jadi berkurang, lemak perut juga sudah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan berbahaya. Contohnya, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Oleh karena itu, menghilangkan lemak perut penting untuk kesehatanmu. Kabar baiknya, ada beberapa cara efektif untuk memangkas lemak perut.  Tidak perlu sedot lemak, simak cara membakar lemak perut yang alami di sini.

Cara Membakar Lemak Perut yang Alami

Mungkin sulit untuk menargetkan khusus pada lemak di perut ketika kamu sedang berdiet. Namun, menurunkan berat badan secara keseluruhan akan membantu kamu mengecilkan lingkar pinggang, yang juga akan membantu mengurangi lemak di perut yang berbahaya. Berikut strategi penurunan berat badan yang bisa menjadi cara membakar lemak perut secara alami:

1. Usahakan untuk Aktif Bergerak

Olahraga merupakan cara membakar lemak perut yang alami dan efektif. Aktivitas fisik ini bekerja menghilangkan lemak perut dengan mengurangi tingkat sirkulasi insulin (yang memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak) dan menyebabkan hati menggunakan asam lemak, terutama yang dekat dengan timbunan lemak perut. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak perut, antara lain:

  • Crunches. Ini adalah latihan yang paling efektif untuk membakar lemak perut.
  • Latihan mengangkat kaki. Latihan ini bagus untuk membantu membangun perut yang lebih kuat, meningkatkan stabilitas dan kekuatan, meluruhkan lemak perut dan mengencangkan tubuh.
  • Bersepeda. Olahraga ini juga cara yang efektif untuk membakar lemak perut. Bersepeda juga bisa membantu mengecilkan paha dan pinggang.
  • Aerobik. Melakukan latihan aerobik intensitas tinggi bisa menghilangkan lemak perut tanpa harus pergi ke gym!

2. Batasi Karbohidrat daripada Lemak

Memperhatikan pola makan juga merupakan cara membakar lemak perut secara alami. Makan lebih sedikit karbohidrat efektif dalam menghilangkan lemak perut. Hal ini didukung oleh banyak penelitian. Mengurangi karbohidrat akan mengurangi nafsu makan, sehingga berat badan pun bisa menurun. 

Lebih dari 20 penelitian terkontrol secara acak sudah menunjukkan, bahwa diet rendah karbohidrat terkadang menyebabkan penurunan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak. Hal itu berlaku bahkan ketika mereka yang diet rendah karbohidrat diperbolehkan makan sebanyak yang mereka inginkan, sedangkan mereka yang diet rendah lemak dibatasi kalorinya.

Studi yang membandingkan diet rendah karbohidrat dan rendah lemak menunjukkan bahwa mengurangi karbohidrat secara khusus bisa mengurangi lemak di perut dan di sekitar organ dan hati.

3. Makan Makanan Kaya Serat

Sebuah studi ulasan menemukan bahwa memperbanyak asupan serat sebanyak 14 gram per hari dikaitkan dengan penurunan 10 persen asupan kalori dan penurunan berat badan sekitar 2 kilogram selama 4 bulan. Sebuah studi 5 tahun juga melaporkan bahwa makan 10 gram serat larut per hari dikaitkan dengan pengurangan 3,7 persen jumlah lemak di lingkar perut. Hal ini menandakan bahwa serat larut dianggap efektif untuk mengurangi lemak perut yang berbahaya. 

Cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak serat adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan nabati, seperti sayuran dan buah. Kacang-kacangan juga merupakan sumber serat yang baik, serta beberapa sereal, seperti gandum utuh.

4. Perbanyak Asupan Protein

Selain serat, protein juga merupakan nutrisi yang penting untuk  menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan makronutrien tersebut bisa mengurangi keinginan ngidam hingga 60 persen, meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari, dan membantu kamu mengurangi asupan makan hingga 441 kalori lebih sedikit per hari. Tidak hanya itu, meningkatkan asupan protein efektif dalam mengurangi lemak perut. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein, memiliki lebih sedikit lemak perut.

5. Lacak Asupan Makanan 

Melacak asupan makanan juga penting untuk mengendalikan makanan yang kamu konsumsi. Kamu mungkin menyadari bahwa kamu sedang mengonsumsi makanan berprotein tinggi atau rendah karbohidrat, tapi tanpa melacaknya, mudah bagi kamu untuk makan secara berlebihan atau kekurangan.

Melacak asupan makanan tidak berarti kamu perlu menimbang dan mengukur semua yang kamu makan. Namun, lakukanlah hal ini sesekali selama beberapa hari untuk mengetahui asupan mana yang perlu dikurangi atau diperbanyak.

Itulah beberapa cara membakar lemak perut secara alami. Bila kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja. Sebaiknya segera buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc untuk memeriksakan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Simple Ways to Lose Belly Fat, Based on Science
NDTV. Diakses pada 2022. These Simple And Effective Exercises Can Help Melt Belly Fat Within No Time! Do Include Them In Your 2019 Workout Regime!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan