• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dibutuhkan Tubuh, Ini Tips Agar Anak Doyan Sayur

Dibutuhkan Tubuh, Ini Tips Agar Anak Doyan Sayur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sayur dan buah sering menjadi musuh bagi anak-anak. Pasalnya, jenis makanan ini sering dianggap tidak enak sehingga membuat anak enggan, bahkan tidak mau mengonsumsinya. Padahal, asupan sayur dan buah adalah hal yang penting dan dibutuhkan tubuh dalam masa pertumbuhan. Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan agar anak mau makan sayur? 

Tidak sedikit ibu yang merasa kewalahan saat harus menghadapi anak yang menolak makan sayur. Padahal, jika tahu tips yang tepat, hal ini sebenarnya tidak sulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak mau makan sayur adalah memberi pengertian bahwa makanan ini penting dan baik untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa diterapkan. Simak selengkapnya pada artikel ini! 

Baca juga: Cara Mengajarkan Kedisiplinan pada Balita

Tips Agar Anak Doyan Sayur 

Sayur dan buah merupakan jenis makanan sehat yang kaya akan kandungan vitamin, serat, air, serta rendah lemak. Sayangnya, jenis makanan ini sering dimusuhi Si Kecil. Padahal, kandungan nutrisi yang beragam pada makanan ini sangat dibutuhkan tubuh dan baik untuk tumbuh kembang anak. 

Mengonsumsi buah dan sayur juga penting untuk menjaga kesehatan anak dalam jangka panjang. Jenis makanan ini nyatanya bisa mencegah berbagai penyakit, mulai dari sembelit, kelebihan berat badan alias obesitas, hingga menghindari penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi. 

Lantas, bagaimana caranya agar Si Kecil doyan dan mau mengonsumsi sayur dan buah? 

  • Beri Pengertian 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cobalah untuk memberi pengertian pada anak tentang pentingnya makan sayur dan buah. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih tertarik untuk mencoba bahkan hingga menjadi doyan sayuran. 

  • Jangan Memaksa 

Memang makanan ini sehat dan penting untuk pertumbuhan anak, tetapi sebaiknya jangan dipaksakan. Hindari memarahi anak hanya karena ia enggan makan sayur. Hal ini nyatanya bisa berdampak pada kondisi mental, bahkan membuat Si Kecil menjadi trauma terhadap jenis makanan tertentu. Kalau sudah begitu, anak bisa selamanya tidak mau makan sayur. 

  • Belanja dan Memasak Bersama

Tips berikutnya yang bisa dicoba adalah mengajak Si Kecil berbelanja sayur dan buah bersama. Dengan begitu, ibu bisa memperkenalkan beragam buah dan sayur serta membuatnya mengenali makanan ini secara langsung. Hal ini bisa membuat anak lebih tertarik dan meningkatkan minat untuk makan sayur. 

Setelah berbelanja, kemudian ajak Si Kecil untuk masak atau mengolah sayuran bersama. Saat tiba waktu makan, katakan bahwa itu adalah sayur yang dibeli dan dimasak olehnya, dan katakan “yakin kamu tidak mau coba makan?”. 

  • Kreasikan 

Tampilan sayur yang itu-itu saja bisa membuat anak bosan. Nah, tips untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengolah sayur dan buah dengan cara yang kreatif. Ibu bisa mengajak anak untuk membuat sup buah, sate buah, atau sandwich dengan sayuran segar.

Baca juga: Yang Terjadi pada Usus Anak 11 Tahun Jika Jarang Makan Sayur

  • Berikan Contoh 

Anak-anak seringnya akan meniru apa yang dilakukan oleh orang sekitar. Jika ayah dan ibu mau Si Kecil doyan sayur, maka jadilah contoh bagi mereka. Biasakan untuk selalu menyertakan sayuran pada hidangan yang disantap bersama keluarga. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan makanan ini dan mau ikut mencobanya. 

Nyatanya, buah dan sayur adalah jenis makanan yang penting dan dibutuhkan anak. Kalau Si Kecil masih menolak, ibu bisa cari tahu tips lebih lanjut atau cara lain untuk tetap menjaga kesehatan anak dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2020. How to Get Your Child to Eat More Fruits & Veggies. 
Parents. Diakses pada 2020. 15 Ways to Get Your Kids to Eat Better. 
Web MD. Diakses pada 2020. Health and Parenting.