• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Membantu Anak Belajar Online di Rumah

Tips Membantu Anak Belajar Online di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai langkah mengurangi penyebaran COVID-19, pemerintah menutup sekolah-sekolah dan mengganti metode belajar tatap muka dengan study from home. Kebijakan “Belajar di Rumah” yang diambil Kemendikbud tentunya perlu disertai dukungan dan pengawasan dari orangtua. Tujuannya agar proses belajar online ini bisa berjalan dengan efektif dan lancar. 

Lantas, bagaimana sih cara membantu anak belajar online selama pandemi COVID-19? Nah, berikut beberapa tips yang bisa ibu lakukan. 

1.Tetapkan Rutintas

Dilansir BBC, menurut Helena Gillespie, profesor learning and teaching di Uni Emirat Arab, setidaknya ada beberapa hal yang orangtua bisa lakukan untuk membantu anak dalam proses e-learning selama di rumah. Misalnya, menetapkan rutinitas harian anak. 

Baca juga: Orangtua Jangan Lengah, Waspadai Gejala Virus Corona pada Anak

Jika memungkinkan, mintalah anak untuk menjalankan rutinitasnya seperti biasa (seperti saat bersekolah). Misalnya, bangun dan sarapan sebelum pukul 07.30. Hal ini membantu mereka untuk menyesuaikan diri ketika sekolah dibuka kembali.

2.Bimbing saat Mata Pelajaran Khusus

Masih menurut ahli di atas, cara membantu anak belajar online di rumah juga bisa dengan membimbing mereka pada mata pelajaran khusus. Bantulah atau bimbing mereka ketika mengikuti mata pelajaran yang melibatkan keterampilan akademis. 

Contohnya seperti membaca, menulis, atau menghitung. Jadikan sesi ini sebagai sesi harian terpenting. Tujuannya untuk menghindari hilangnya keterampilan akademis yang tidak mereka praktikkan.

3.Beri Anak Pilihan

Belajar di rumah, study from home, atau e-learning bukanlah masa bersantai atau berlibur. Anak-anak tetap harus menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan padanya.

Namun, cobalah berikan mereka pilihan mengenai cara, bagaimana, dan kapan untuk menyelesaikannya. Fleksibilitas ini membuat anak merasa tidak terlalu tertekan atau dipaksa. Nah, orangtua harus berhati-hati karena perasaan tertekan atau paksaan bisa merusak motivasi anak.

4.Memecahkan Masalah Bersama

Selama study from home, cara membantu anak belajar online bisa dengan memecahkan masalah bersama. Pahamilah, meski sudah direncanakan dengan matang, ada kalanya rencana tersebut tak berjalan sesuai rencana. Ada kala di mana anak jenuh atau bahkan merasa frustasi. Nah, di sini ibu harus mengambil peran.

Ketika mereka menemukan kendala atau masalah saat belajar online, dampingi dirinya untuk memecahkan masalah tersebut. Bantulah anak untuk mengidentifikasi dan mencari cara untuk menyelesaikannya. 

Baca juga: Begini Agar Anak Aman dari Virus Corona

5.Luangkan Waktu Bersantai

Masalah yang dialami anak selama belajar online tak hanya menyangkut kegiatan belajar-mengajar saja. Pada beberapa kasus, pandemi ini bisa membuat anak mengalami beragam masalah psikis. Misalnya sulit tidur (insomnia), menjadi lebih cemas, menarik diri, mudah marah, hingga takut ketika ditinggal seorang diri. 

Menurut para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tanggapi reaksi anak-anak dengan cara yang mendukung, dan jelaskan kepada mereka bahwa itu adalah reaksi normal terhadap situasi yang tidak normal. Di samping itu, dengarkan kekhawatiran mereka dan luangkan waktu untuk menghiburnya atau bersantai bersama. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara untuk membantu saat belajar di rumah selama pandemi COVID-19? Atau Si Kecil memiliki keluhan kesehatan? Ibu bisa bertanya langsung pada psikolog atau dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, ibu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
BBC. Diakses pada 2020. Coronavirus: How do I homeschool my children and what does Bitesize offer?
The Conversation. Diakses pada 2020. 5 ways parents can motivate children at home during the pandemic – without nagging or tantrums. 
WHO. Diakses pada 2020. Key Messages and Actions for COVID-19 Prevention and Control in Schools