Vertigo Kambuh di Kantor, Harus Bagaimana?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Juni 2021
Vertigo Kambuh di Kantor, Harus Bagaimana?Vertigo Kambuh di Kantor, Harus Bagaimana?

Halodoc, Jakarta – Vertigo adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan banyak orang. Pasalnya, tidak seperti sakit kepala biasa, vertigo menimbulkan perasaan pusing yang disertai sensasi seolah-olah lingkungan di sekitar berputar yang membuat tidak nyaman. 

Selain itu, masalah kesehatan yang satu ini juga bisa kambuh kapan saja. Bila vertigo kambuh di tempat kerja, hal itu tentu bisa mengganggu kamu beraktivitas, bahkan bisa menghambat pekerjaan. Penting bagi kamu untuk mengetahui penanganan pertama vertigo yang bisa dilakukan secara mandiri di kantor agar gejala yang mengganggu bisa diredakan, sehingga aktivitas bisa berjalan seperti biasa. 

Baca juga: Siapa yang Paling Berisiko Terserang Vertigo?

Sekilas Tentang Vertigo

Perlu diketahui, vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan yang mendasarinya. Beberapa jenis vertigo hanya terjadi sekali, dan beberapa jenis yang lain bisa terus kambuh sampai kondisi yang mendasarinya ditemukan.

Penyebab vertigo bisa bermacam-macam, tapi masalah kesehatan tersebut biasanya disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. Beberapa penyebab umum vertigo, antara lain Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), dan neuritis vestibular atau labirinitis. Selain itu, vertigo juga bisa dikaitkan dengan cedera kepala atau leher, masalah otak seperti stroke atau tumor, obat-obatan tertentu, dan migrain.

Pada kebanyakan kasus, vertigo bisa hilang sendiri tanpa perlu perawatan medis. Gejalanya yang mengganggu bisa diatasi sendiri dengan melakukan beberapa langkah penanganan. Namun, bila vertigo sering kambuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

Baca juga: Sering Alami Vertigo, Lakukan 4 Olahraga Ini

Cara Menangani Vertigo di Kantor

Saat vertigo kambuh di kantor, cobalah untuk tetap tenang. Segera lah duduk atau berbaring, lalu pejamkan mata. Kamu juga dianjurkan untuk minum air putih untuk mencukupi asupan cairan. 

Selain itu, bila kamu bisa menemukan ruangan untuk berbaring, cobalah untuk melakukan salah satu manuver atau gerakan berikut untuk mengatasi gejala vertigo di kantor:

1.Manuver Epley

Disebut juga manuver reposisi “Canalith”, manuver Epley bisa menjadi pertolongan pertama saat vertigo kambuh. Penelitian menemukan bahwa manuver ini efektif untuk menolong orang dengan BPPV. Berikut cara melakukan manuver Epley:

  • Pertama-tama, duduklah dengan tegap di permukaan yang datar dengan bantal dengan kaki direntangkan ke depan.
  • Kemudian miringkan kepala 45 derajat ke sisi yang mengalami vertigo.
  • Dengan kepala masih miring, segera berbaring dengan kepala di atas bantal. Tetap di posisi ini setidaknya selama 30 detik.
  • Masih dalam keadaan berbaring, arahkan kepala 90 derajat ke sisi yang berlawanan tanpa mengangkat leher dan tahan posisi ini selama 30 detik.
  • Lalu, kembalilah ke posisi semula secara perlahan, lihat ke depan dan duduk yang tegak.

2.Manuver Semont-Toupet

Gerakan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo di kantor adalah manuver Semont Toupet. Meskipun kurang dikenal, manuver ini diklaim efektif dalam mengatasi vertigo. Manuver Semont-Toupet sangat mirip dengan manuver Epley, tapi membutuhkan fleksibilitas leher yang lebih sedikit.

  • Duduklah dengan tegak di permukaan yang datar dengan bantal di belakang kamu dan kaki direntangkan.
  • Kemudian berbaring lah secara perlahan ke sisi kanan dan lihat ke sisi kiri dan ke atas.
  • Lalu duduk dengan cepat dan berbaliklah ke sisi kiri, dengan kepala menghadap ke kiri. Lalu, lihatlah ke bawah.
  • Secara perlahan kembalilah ke posisi semula, lihat ke depan dan duduk tegak.

3.Latihan Brandt-Daroff

Bila manuver Epley atau manuver Semont-Toupet tidak ampuh atau tidak cocok, kamu bisa melakukan latihan Brandt-Daroff. Caranya mudah, yaitu:

  • Mulailah dengan duduk di permukaan datar dengan kaki menjuntai seperti saat duduk di kursi.
  • Kemudian putar kepala sejauh mungkin ke kiri, lalu miringkan kepala dan tubuh di sisi kanan. Kaki tidak boleh bergerak. Tahanlah posisi ini setidaknya selama 30 detik.
  • Duduk dan putar kepala kembali ke posisi tengah.
  • Ulangi latihan di sisi yang berlawanan dengan memutar kepala sejauh mungkin ke sisi kanan, lalu berbaring di sisi kiri.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Bahaya yang Disebabkan Vertigo

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan bila vertigo kambuh di tempat kerja. Kamu juga bisa minum obat untuk meredakan gejala vertigo yang mengganggu. Beli obatnya melalui aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot keluar rumah, cukup order lewat aplikasi dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!




Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Home Remedies for Vertigo.
WebMD. Diakses pada 2021. Vertigo.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan