• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajarkah Komedo Wajah Muncul Sebelum Puber?

Wajarkah Komedo Wajah Muncul Sebelum Puber?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Munculnya komedo pada kulit wajah bisa menjadi salah satu tanda seseorang mulai memasuki masa puber. Pasalnya, perubahan hormon yang terjadi saat pubertas bisa menjadi salah satu faktor penyebab komedo. Namun, bagaimana jika komedo muncul di kulit wajah sebelum masa puber? Apakah hal itu wajar terjadi? 

Jawabannya wajar saja. Sebelumnya perlu diketahui, komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. Benjolan ini merupakan cikal bakal jerawat. Selain di wajah, komedo bisa muncul di bagian tubuh lain seperti bahu, dada, punggung, atau lengan. Selain hormon pubertas, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya komedo. Biar lebih jelas, simak pembahasannya di bawah ini! 

Baca juga: Ini Alasan Pubertas Sebabkan Jerawat

Penyebab Komedo Muncul di Kulit

Komedo terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak yang dihasilkan kelenjar minyak (sebum) di pori-pori. Pada dasarnya, ada dua jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam. 

Komedo putih adalah komedo yang menutupi lapisan kulit dan menyerupai warna kulit atau berwarna putih. Sementara komedo hitam, muncul karena paparan udara pada permukaan kulit dan mengubah warna komedo menjadi cokelat atau kehitaman. 

Masa pubertas menjadi salah satu penyebab munculnya komedo di permukaan kulit. Hal itu merupakan dampak dari perubahan hormon yang meningkatkan produksi minyak meningkat. Selain itu, komedo juga bisa disebabkan oleh jumlah bakteri yang banyak pada permukaan kulit, iritasi pada pori-pori kulit, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Komedo juga bisa muncul saat kulit terlalu lembap, banyak terpapar bahan kimia, mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan gula dan lemak, serta memiliki kebiasaan merokok. 

Baca juga: Perlu Tahu, Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam

Perubahan hormon saat pubertas tidak bisa dicegah, tetapi ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah munculnya komedo di permukaan kulit. Hal paling penting yang harus dipastikan untuk mencegah komedo adalah kebersihan diri yang terjaga, terutama pada area wajah. Berikut ini tips menjaga kebersihan agar terhindar dari komedo: 

1. Rutin Cuci Muka

Salah satu cara untuk mencegah komedo adalah rutin membersihkan atau mencuci muka. Biasakan untuk cuci muka setiap sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Gunakan sabun cuci muka untuk menghilangkan tumpukan minyak yang bisa menjadi penyebab komedo. 

2. Mandi Teratur 

Mencegah komedo juga bisa dilakukan dengan mandi teratur serta mencuci rambut alias keramas. Hal ini penting dilakukan terutama jika memiliki rambut berminyak. Sebab, minyak pada rambut yang terkena wajah bisa meningkatkan risiko muncul komedo pada permukaan kulit. 

3. Ganti Seprai 

Mengganti seprai dan sarung bantal secara rutin bisa menjadi salah satu cara ampuh mencegah komedo. Sebab, sisa kotoran yang dibiarkan menempel di sana bisa kembali berpindah ke wajah, sehingga mengakibatkan risiko munculnya komedo menjadi lebih besar. 

4. Produk Perawatan yang Tepat 

Mencegah komedo bisa dilakukan dengan rutin merawat kulit wajah. Selain itu, pastikan untuk memilih produk perawatan yang tepat, misalnya yang tidak mengandung minyak. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit untuk mengangkat kulit mati sehingga tidak mengganggu pori-pori. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter ahli melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Stanford Children's Health. Diakses pada 2020. Treating Teen Acne.
Verywell. Diakses pada 2020. What Is the Difference Between Blackheads and Pimples?
Healthline. Diakses pada 2020. Blackheads.