Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Juli 2023

"Baking soda ternyata juga punya khasiat kesehatan. Beberapa di antaranya bisa mengatasi naiknya asam lambung, mencegah perkembangan penyakit ginjal, dan membantu pengobatan kanker."

Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Baking Soda untuk KesehatanWajib Tahu, Ini 6 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Natrium bikarbonat, nama lainnya dari soda kue atau baking soda menjadi bahan pendukung dalam pembuatan roti, kue, muffin, dan kue kering. Pasalnya, bahan ini memiliki sifat ragi sehingga bisa mengembangkan adonan.

Meski sering dianggap sebagai tambahan untuk pembuatan kue, tak banyak yang tahu kalau bahan yang satu ini punya manfaat bagi kesehatan.

Ketahui Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Baking soda atau soda kue mengandung natrium bikarbonat. Ini adalah senyawa kimia utama dalam yang memberikan sifat pengembang adonan dan antasid. Selain itu, di dalamnya juga mengandung garam dan kalsium.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam soda kue bermanfaat untuk:

1. Mengobati mulas

Mulas atau refluks asam adalah sensasi terbakar di bagian atas perut yang dapat menyebar ke tenggorokan. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung dari perut naik ke kerongkongan, yaitu saluran yang menghubungkan perut ke mulut.

Gangguan dipicu oleh minum minuman berkarbonasi, mengonsumsi makanan pedas dan berminyak atau makan dalam porsi besar. Nah, baking soda bisa mengobati mulas dengan menetralkan asam lambung.

Di dalamnya mengandung natrium yang sangat tinggi, sehingga orang yang sedang membatasi natrium perlu membatasi penggunaannya. Kandungan itu juga bisa menyebabkan alkalosis metabolik yang membuat darah menjadi terlalu basa.

2. Meredakan sariawan dengan baking soda

Manfaat selanjutnya, yaitu meredakan sariawan. Khasiat ini bisa kamu dapatkan dengan berkumur menggunakan soda kue. Caranya, campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air. Kemudian, kumur dengan larutan air tersebut sehari sekali sampai sariawan sembuh.

Meski terlihat sama, baking soda dan baking powder adalah dua produk yang berbeda. Mau tahu lebih jauh mengenai perbedaannya? Simak ulasannya di artikel ini: Baking Soda dan Baking Powder, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya.

3. Meningkatkan kinerja olahraga dengan baking soda

Beberapa penelitian menunjukkan, baking soda bisa meningkatkan kinerja olahraga. Khasiatnya dapat diperoleh selama latihan anaerobik atau latihan intensitas tinggi dan lari cepat.

Selama latihan intensitas tinggi, sel otot mulai memproduksi asam laktat yang memicu rasa terbakar saat berolahraga. Asam laktat juga menurunkan pH di dalam sel sehingga berpotensi menyebabkan otot lelah.

Nah, soda kue dapat membantu menunda kelelahan karena pH-nya yang tinggi. Proses tersebut bisa meningkatkan energi, sehingga kamu bisa berolahraga lebih maksimal.

4. Baking soda meredakan gatal dan sengatan matahari

Mandi dengan larutan baking soda bermanfaat untuk meredakan kulit gatal setelah tergigit serangga atau tersengat lebah. Bahan ini juga dapat membantu menenangkan kulit yang gatal akibat sengatan matahari. 

Agar lebih efektif, kamu juga bisa mengkombinasikan dengan bahan lain, seperti tepung maizena dan oatmeal. 

5. Memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis

Orang dengan penyakit ginjal kronis perlahan kehilangan fungsi ginjalnya. Ginjal sangat penting karena membantu membuang kelebihan limbah dan air dari darah.  

Ginjal juga berperan dalam menyeimbangkan  mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat meningkatkan fungsi ginjal dan membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis.

Namun, sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi bahan ini jika kamu memiliki masalah ginjal. 

6. Meningkatkan pengobatan kanker

Umumnya, pengobatan kanker menggunakan kemoterapi, yaitu pemberian obat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan, baking soda dapat membantu obat kemoterapi bekerja lebih efektif dengan membuat lingkungan tumor menjadi kurang asam.

Namun, penelitian tersebut masih sebatas pada hewan dan tabung reaksi sehingga diperlukan penelitian manusia terkait keakuratan efeknya. 

Selain soda kue, MSG jadi salah satu bahan yang juga umum dipakai sebagai campuran masakan. Namun, batasi konsumsinya, karena bisa berdampak negatis untuk kesehatan. Cari tahu di sini: Wajib Tahu, Ini Efek Positif dan Negatif dari Konsumsi MSG.

Meski bermanfaat, kamu tidak boleh mengonsumsi sembarangan. Sebab, hal itu justru berpotensi memicu gangguan pencernaan, seperti kembung, mual, dan muntah-muntah.

Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan gaya hidup, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

chat dengan dokter
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 22 Benefits and Uses of Baking Soda.
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Is Baking Soda? Uses, Health Benefits, Side Effects, and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan