27 December 2017

Ogah Terlihat Seperti Panda? Ini Tips Cantik yang Tepat

Ogah Terlihat Seperti Panda? Ini Tips Cantik yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Kurang tidur dan kelelahan karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan? Hati-hati timbul lingkaran hitam di bawah mata, lho. Apalagi seiring bertambahnya usia, jaringan dan otot yang menopang kelopak mata akan melemah, sehingga timbul kantung mata. Kamu pastinya nggak mau kan matamu seperti mata panda? 

Lingkaran hitam di daerah mata dan kantung mata menjadi masalah kecantikan yang sangat mengganggu penampilan. Wajahmu jadi terlihat kurang segar dengan adanya hiasan “mata panda” ini. Kurang tidur dan kelelahan disebut-sebut sebagai penyebab munculnya lingkaran hitam dan kantung mata. Faktor usia juga ikut memengaruhi kekencangan otot yang menopang kelopak mata yang dapat membuat mata menjadi turun. Namun, penyebab tersebut belum semuanya, masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan mata panda yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein yang menyebabkan susah tidur, dan juga alkohol.
  • Faktor keturunan.
  • Stres dan terkena paparan sinar matahari.
  • Anemia.
  • Kurang meminum air putih.
  • Kerusakan pembuluh darah.
  • Penurunan lemak di bawah mata yang disebabkan karena masalah kulit.
  • Alergi kulit.
  • Penumpukan cairan yang disebabkan karena makanan asin dan kadar hormon.

Cara Mengatasi Mata Panda

Mata panda bukan kondisi serius yang membutuhkan perawatan medis, walaupun perawatan yang ditawarkan di dokter kulit juga dapat mengatasi masalah kecantikan yang satu ini. Namun, kamu juga bisa mengusir mata panda yang mengganggu ini dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Kompres Mata dengan Air Dingin

Untuk meredakan kantung mata, kamu bisa menggunakan handuk yang sudah dibasahi air dingin untuk mengompres kedua matamu selama beberapa menit dengan sedikit ditekan-tekan. Atau kamu juga bisa mengompres mata dengan menggunakan irisan mentimun.

  • Tidur yang Cukup

Penuhi kebutuhan tubuhmu untuk beristirahat dengan tidur minimal 7-8 jam dalam sehari. Tidur dengan menggunakan bantal tambahan agar kepala dapat sedikit terangkat. Cara ini untuk mencegah banyak cairan menumpuk di bawah mata sehingga menyebabkan kantung mata.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih yang cukup, kamu dapat terhindar dari dehidrasi dan membantu mencegah timbulnya kantung mata. Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan yang sangat asin untuk mencegah penumpukan cairan di bawah mata. 

  • Hindari Minuman Berkafein & Alkohol

Banyak mengonsumsi minuman berkafein dan alcohol dapat membuat kamu susah tidur, sehingga jam tidurmu jadi tidak beraturan. Kurang tidur akan membuat kantung mata dan lingkaran hitam pada matamu semakin terlihat jelas.

  • Mengonsumsi Makanan Berkalium

Makanan yang mengandung kalium, seperti sayur-sayuran hijau, pisang, kacang, dan yogurt sangat baik untuk membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang bisa menyebabkan munculnya kantung mata.

  • Pakai Krim Mata

Krim mata yang disarankan untuk mengatasi mata panda adalah yang mengandung chamomile, mentimun, dan arnica, yang berkhasiat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

Untuk masalah kantung mata yang disebabkan karena rusaknya pembuluh darah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan dermal filler di dokter kulit. Jika kamu memiliki masalah kecantikan lainnya, jangan ragu untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya-tanya seputar kecantikan melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.