5 Cara Merawat Wajah yang Tepat agar Terhindar dari Komedo

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Cara Merawat Wajah yang Tepat agar Terhindar dari Komedo

Halodoc, Jakarta - Komedo adalah sejenis jerawat yang sifatnya non-inflamasi dengan ukuran kecil dan ditandai dengan ujung yang menghitam. Kondisi ini umum terjadi sebagai akibat dari sel kulit mati dan minyak yang tersumbat dalam pori-pori wajah. Pori wajah yang terinfeksi tetap membuka, sehingga memungkinkan terjadinya oksidasi pada permukaannya, dan ini yang memberikan warna gelap pada komedo.

Komedo bisa terjadi di bagian wajah mana saja, tetapi sering menginfeksi bagian pipi dan hidung. Komedo dapat membuat kamu kurang percaya diri, dan terpancing untuk memencetnya untuk mengusirnya dari wajah.

Namun, hal tersebut membuat kulit wajah dan jerawat kamu memburuk. Mungkin, kamu bisa melakukan cara mengusir komedo dan merawat wajah agar terhindar dari komedo berikut ini.

  • Jangan Sentuh Komedo

Komedo terbentuk dari hasil penyumbatan folikel. Jadi, penting untuk kamu menjaga kebersihan pori-pori kulit wajah. Jangan pernah menyentuh komedo di wajahmu dengan tangan, bahkan memencetnya, karena ini membuat bakteri dari tangan kamu menyebar ke seluruh kulit wajah, semakin menghalangi pori-pori dan berpotensi menimbulkan sekawanan jerawat lainnya.

Baca juga: Awas, Jangan Asal-Asalan Menangani Jerawat

  • Cuci Muka Dua Kali Sehari

Penggunaan produk kecantikan untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan cantik ketika di luar rumah sangat penting untuk wanita. Jangan lupa untuk segera membersihkannya karena produk kecantikan dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Meski tidak menggunakan produk kecantikan apa pun, laki-laki harus membersihkan wajah. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari.

  • Gunakan Produk Pembersih Muka yang Tepat

Tidak semua produk pembersih muka bisa menghindarkan wajahmu dari serangan komedo. Salah penggunaan produk bisa memicu terjadinya komedo dan jerawat yang membandel. Untuk itu, kamu perlu mengenali jenis kulit wajahmu, apakah normal, kering, atau berminyak. Selanjutnya, kamu pasti lebih mudah dalam memilih produk pembersih muka yang tepat.

Baca juga: 5 Tips Memilih Pencuci Wajah Terbaik

  • Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Cara tepat agar wajah terhindar dari komedo berikutnya adalah tidak membiarkan kulit wajah kamu dalam keadaan kering, meski sudah membasmi komedo yang membandel dari wajah. Keseimbangan kelembapan yang tepat membantu mengurangi keberadaan sel kulit mati yang menjadi pemicu utama munculnya komedo.

Cara terbaik adalah tetap jaga asupan cairan harian kamu. Supaya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan produk pelembap terbaik dan sesuai dengan sifat kulit wajahmu.

  • Jaga Kebersihan Rambut

Apa hubungannya kebersihan rambut dan munculnya komedo pada wajah? Tentu saja ada, rambut berminyak bisa memindahkan minyak dan sel kulit mati ke wajah. Inilah mengapa ketika kamu tidak mencuci rambut, wajah kamu terasa cepat berminyak, meski kamu sudah menutupinya dengan make-up.

Jadi, cucilah rambut secara teratur, setidaknya dua hari sekali. Hindari juga jangan sampai rambut sering terkena muka, karena gesekan yang terjadi dapat menimbulkan jerawat.

Baca juga: Inilah Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Rambut

Pastinya, hindari konsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak minyak, ya! Mengobati dan menjaga wajah agar terhindar dari komedo pasti akan membutuhkan waktu. Inilah mengapa kamu harus rutin dan menjadikan aktivitas ini sebagai kebiasaan.

Jika kamu tidak berhasil membersihkan komedo membandel dari wajah, kamu bisa mulai bertanya pada dokter tentang cara mengatasi komedo tersebut.

Tidak tahu dokter yang tepat untuk tempat kamu bertanya? Mudah saja, download dan pakai aplikasi Halodoc, karena dokter kulit dan kecantikan bisa membantu kamu memberikan penanganan yang tepat. Tidak hanya dokter kulit, Halodoc bisa menghubungkan kamu dengan dokter spesialis lainnya.