Begini Cara Aman Minum Obat Saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
begini-cara-aman-minum-obat-saat-demam-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kondisi demam dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Saat mengalami demam, tentunya tubuh terasa tidak nyaman dan aktivitas menjadi terganggu. Padahal, demam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan penyakit atau rasa sakit dalam tubuh. Umumnya, kondisi demam terjadi ketika tubuh menanggapi infeksi virus flu atau infeksi bakteri penyebab radang tenggorokan.

Baca juga: Inilah 4 Penyakit yang Sering Ditandai dengan Demam

Perhatikan beberapa gejala umum saat demam yang perlu kamu ketahui, seperti:

  1. Merasakan kondisi dingin ketika orang lain tidak merasakan hal yang sama.
  2. Kondisi dingin yang dirasakan dapat sebabkan pengidap mengalami kondisi menggigil.
  3. Kulit yang terasa agak hangat ketika disentuh.
  4. Pengidap demam mengalami sakit kepala.
  5. Alami dehidrasi.
  6. Kesulitan untuk berkonsentrasi.

Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami kondisi demam hingga di atas 38 derajat celcius dan berlangsung dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa pilihan pengobatan demam yang aman untuk menangani kondisi ini.

Kamu bisa mengompres bagian dahi dengan air hangat. Pembuluh darah yang ikut melebar akibat air hangat memicu produksi keringat dan memudahkan suhu panas keluar dari tubuh. Perbanyak waktu beristirahat dan hindari begadang saat mengalami demam. Jangan lupa perbanyak konsumsi cairan ketika mengalami demam untuk menurunkan suhu tubuh yang naik. Tidak hanya air putih, kamu mengonsumsi jus buah agar tubuh terasa lebih nyaman.

Baca juga: Anak Demam, Kompres Air Hangat atau Dingin?

Buah-buahan seperti jeruk, jambu, pepaya, kiwi serta mangga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, antioksidan dan vitamin C membantu tubuh untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

Saat mengalami demam, seseorang disarankan untuk menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal. Pakaian yang terlalu tebal memicu kenaikan suhu tubuh. Hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein untuk mencegah dehidrasi.

Selain melakukan berbagai upaya tersebut, penggunaan obat demam yang aman untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Cara minum obat saat demam sebaiknya disesuaikan dengan tingkat demam yang dirasakan. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi paracetamol sebagai obat demam yang aman untuk dikonsumsi. Paracetamol ternyata juga membantu redakan gejala lain seperti sakit kepala dan nyeri sendi ketika kamu alami demam.

Kamu bisa mendapatkan manfaat obat demam yang aman dengan mengonsumsi Biogesic Paracetamol. Biogesic Paracetamol, memiliki kandungan paracetamol 500mg dan bisa digunakan oleh dewasa serta anak pada usia 3-10 tahun. Biogesic Paracetamol dapat dikonsumsi sebelum maupun setelah makan dengan dosis sesuai usia.

Cara minum obat saat demam dengan mengonsumsi Biogesic Paracetamol adalah 3 hingga 4 kali perhari dengan konsumsi 1-2 kaplet untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, bisa mengonsumsi Biogesic Anak Paracetamol Sirup untuk anak berusia 3-10 tahun sebanyak 160mg/sendok takar 3 hingga 4 kali sehari. Sebaiknya konsumsi obat ini sesuai anjuran dokter bagi pasien dengan gangguan fungsi hati dan gagal ginjal.

Baca juga: Ini 2 Jenis Demam Anak dan Cara Penanganannya

Kamu bisa membeli Biogesic Paracetamol pada aplikasi Halodoc. Caranya mudah saja, dengan layanan beli obat, kamu bisa mendapatkan Biogesic Paracetamol sampai di tempat tujuan hanya dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Fever.
Drugs. Diakses pada 2019. Paracetamol.