23 January 2019

Inilah 4 Penyakit yang Sering Ditandai dengan Demam

penyakit yang ditandai dengan demam

Halodoc, Jakarta - Demam sering kali menjadi pertanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan yang tidak baik.  Lalu, penyakit apa saja yang biasanya ditandai dengan demam? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Alasan Ibu Enggak Boleh Anggap Remeh Demam pada Anak

Demam dapat terjadi ketika suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya. Jika kamu demam, berarti tubuh sedang bekerja aktif untuk melawan peradangan dari infeksi. Demam akan muncul disertai dengan keringat berlebih, sakit kepala, dan nafsu makan yang berkurang. Berikut ini beberapa penyakit yang muncul disertai dengan demam!

  • Flu Babi

Flu babi yang juga dikenal dengan flu H1N1 merupakan penyakit infeksi pernapasan. Mengapa disebut flu babi? Hal ini dikarenakan virus yang terdapat dalam flu ini menyerupai virus pada babi. Flu ini telah berevolusi dan dapat menular pada manusia, walaupun mereka tidak memiliki kontak dengan babi.

Penyakit ini ditandai dengan demam mendadak yang suhunya diatas 38 derajat celsius, mata merah dan berair, batuk kering, pilek, nyeri pada tubuh, radang tenggorokan, sakit kepala, serta diare.

  • Malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Nyamuk ini berkembangbiak di air yang kotor, dan membawa parasit yang masuk ke peredaran darah menuju sel-sel hati. Parasit ini nantinya akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Malaria dibagi menjadi dua tipe, yaitu malaria ringan dan malaria berat.

Pada malaria ringan, gejala dapat berupa demam, timbul rasa kelelahan yang diikuti dengan keringat berlebih, tubuh merasa dingin dan menggigil, nyeri pada tubuh, mual dan muntah, serta sakit kepala. Sedangkan pada malaria berat, gejala yang muncul dapat berupa demam tinggi disertai dengan menggigil hebat, adanya gangguan pernapasan, mengalami kejang, mengalami disfungsi organ vital, mengalami gangguan kesadaran atau pingsan, mengalami anemia berat, gagal ginjal, serta kadar gula rendah yang biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Baca juga: 3 Fase Demam Berdarah yang Wajib Kamu Ketahui

  • Demam Berdarah

Penyakit ini disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Virus ini dapat menyebabkan kerusakan dan kebocoran pada pembuluh darah. Selain itu, virus ini juga berperan dalam menurunkan kadar trombosit dalam tubuh.

Gejala penyakit demam berdarah muncul 4-7 hari setelah gigitan nyamuk yang ditandai dengan demam mencapai suhu 40 derajat celsius yang akan sembuh dalam waktu 7 hari. Gejala juga dapat berupa keringat dingin, sesak napas, nyeri pada perut, mual, muntah, nafsu makan menurun, nyeri pada bagian belakang mata, serta nyeri pada otot, sendi, dan tulang

  • Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Ada 5 jenis virus hepatitis, yaitu A, B, C, D, dan E. Gejala tidak selalu muncul pada setiap pengidap hepatitis. Meski demikian, gejala yang muncul dapat berupa demam, perdarahan dalam, mual dan muntah, urine yang berwarna, frekuensi buang air kecil atau besar yang tidak wajar, warna bagian putih mata tampak menguning, kehilangan nafsu makan, serta nyeri pada lambung, sendi, atau otot.

Baca juga: Waspadai Demam Naik Turun Pertanda Gejala 3 Penyakit Ini

Menerapkan pola hidup sehat dan sehat, serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan baik merupakan salah satu cara menghindari berbagai macam penyakit. Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan kamu? Halodoc bisa jadi solusinya. Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!