15 February 2019

Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Salah satu gangguan yang bisa terjadi pada kuku adalah cantengan. Kondisi ini bisa sangat mengganggu karena menimbulkan rasa nyeri dan nyut-nyutan, sehingga sulit untuk beraktivitas.

Cantengan terjadi karena kuku tumbuh ke bagian dalam atau masuk ke dalam daging. Hal itu kemudian menyebabkan bengkak dan infeksi yang disertai dengan rasa nyeri.

Salah satu penyebab cantengan sering terjadi adalah kebiasaan memotong kuku terlalu pendek yang menyebabkan kuku tumbuh ke bagian dalam kulit. Selain itu, infeksi ini juga bisa terjadi karena terlalu sering mengenakan sepatu yang terlalu sempit, serta menabrak sesuatu yang keras dan langsung mengenai kuku. Hal itu bisa menyebabkan cedera dan berdampak pada kuku yang mengalami cantengan.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

Meski terdengar sepele, kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap remeh, apalagi jika sering terjadi pada kuku. Sebab, cantengan yang sudah parah membutuhkan prosedur operasi untuk mengobatinya.

Sebaliknya, cantengan yang segera ditangani sebenarnya bisa membaik dengan cepat. Pengobatan yang dibutuhkan pun tergolong sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Lalu, apa saja perawatan cantengan yang bisa dilakukan di rumah?

1. Merendam Kuku

Cantengan bisa terjadi pada kuku kaki maupun kuku tangan. Nah, salah satu perawatan cantengan yang bisa dilakukan adalah merendam kuku yang mengalami infeksi.

Jika cantengan terjadi pada kaki, kamu bisa mencoba untuk merendam kaki dalam campuran air hangat dan sabun. Itu bisa membantu menjaga area jari yang mengalami cantengan tetap bersih dan bebas bakteri.

Agar lebih cepat sembuh, rendam kaki dalam air hangat setidaknya 3–4 kali dalam satu hari. Kamu juga bisa menambahkan garam ke air untuk menambah rasa nyaman selama berendam.

2. Cuka Apel

Selain dengan campuran sabun dan garam, mengobati cantengan juga bisa dilakukan dengan campuran air hangat dan cuka apel. Cobalah untuk menambahkan cuka apel ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki selama 20–30 menit. Cuka apel disebut memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang, yang dipercaya bisa membantu mengatasi cantengan pada kuku.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

3. Pilih Sepatu yang Sesuai

Selama infeksi terjadi, ada baiknya untuk menghindari dulu jenis sepatu yang bisa membuat kaki semakin “tersiksa”. Jika cantengan terjadi pada kuku kaki, sebaiknya hindari pemakaian sepatu hak tinggi alias high heels, agar infeksi cepat sembuh. Selain itu, hindari menggunakan sepatu yang terlalu sempit, dan pastikan kaki selalu nyaman selama digunakan untuk beraktivitas.

Pasalnya, menggunakan jenis sepatu yang salah hanya akan membuat infeksi penyebab cantengan menjadi lebih parah. itu terjadi karena tekanan yang lebih besar pada kaki akibat penggunaan sepatu yang tidak tepat. Maka dari itu, sebaiknya gunakan sandal atau sepatu yang sedikit longgar hingga infeksi cantengan benar-benar sembuh.

4. Gunakan Kapas dan Kasa

Kamu bisa memanfaatkan kapas atau kasa untuk “terapi” kuku yang cantengan. Caranya dengan menaruh gumpalan kapas di bawah batas kuku, untuk membantu menggeser kuku agar tumbuh ke arah yang benar. Ini juga bisa membantu mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Cara ini mungkin akan sedikit menyakitkan, namun bisa membantu mengatasi cantengan.

Baca juga: Bukan Cuma Cantengan, 5 Fakta tentang Kuku ini Perlu Diketahui

Mengalami cantengan dan gejala tak kunjung membaik? Coba bicarakan kepada dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!