• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Cantengan adalah salah satu masalah yang bisa menyerang kuku. Seseorang yang mengalami cantengan akan merasakan rasa nyeri dan  nyut-nyutan, sehingga sulit untuk beraktivitas. Jika kondisi atau infeksi sudah semakin parah, cantengan bisa membuat pengidapnya sulit berjalan. 

Cantengan terjadi karena kuku tumbuh ke bagian dalam atau masuk ke dalam daging. Kondisi tersebut dapat menyebabkan bengkak dan infeksi yang disertai dengan rasa nyeri.

Meski terdengar sepele, cantengan tidak boleh dianggap remeh, apalagi jika sering terjadi pada kuku. Cantengan yang sudah parah membutuhkan prosedur operasi untuk mengobatinya.

Sebaliknya, cantengan yang segera ditangani sebenarnya bisa membaik dengan cepat. Pengobatan yang dibutuhkan tergolong sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Lalu, apa saja perawatan cantengan yang bisa dilakukan di rumah?

Baca juga: Penggunaan Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Cantengan

Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Salah satu perawatan cantengan yang bisa dilakukan, yaitu merendam kuku yang mengalami infeksi. Jika cantengan terjadi pada kaki, kamu bisa mencoba untuk merendam kaki dalam air hangat, bisa pula dicampurkan dengan sabun antiseptik. Hal ini membantu menjaga area jari yang mengalami cantengan tetap bersih dan bebas bakteri.

Cara yang bisa dilakukan agar hasilnya efektif, yaitu rendam kaki dalam air hangat setidaknya 3–4 kali dalam satu hari. Setelah merendam kaki, jaga agar jari kaki tetap kering.

Setelah merendam kaki dengan air hangat dan mengerikannya, ikutilah langkah-langkah di bawah ini. 

  • Pijat dengan lembut pada kulit yang meradang.
  • Letakkan sepotong kecil kapas di bawah kuku yang telah dibasahi air atau antiseptik.

Saat memotong kuku kaki, lakukan langkah berikut ini: 

  • Rendam sebentar kaki di air hangat untuk melembutkan kuku.
  • Gunakan pemangkas atau pemotong kuku yang bersih dan tajam.
  • Potong kuku kaki lurus ke atas. Jangan meruncingkan, membulatkan sudut, atau memangkas terlalu pendek.
  • Jangan mencoba memotong sendiri bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Kondisi ini hanya akan memperburuk masalah.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Selain itu, pertimbangkan untuk memakai sandal sampai cantengan membaik. Jika cantengan terjadi pada kuku kaki, hindari pemakaian sepatu high heels. Tujuannya agar infeksi cepat sembuh. Hindari juga menggunakan sepatu yang terlalu sempit, dan pastikan kaki selalu nyaman selama digunakan untuk beraktivitas.

Pasalnya, menggunakan jenis sepatu yang salah hanya membuat infeksi penyebab cantengan menjadi lebih parah. Maka dari itu, gunakan sandal atau sepatu yang sedikit longgar hingga infeksi cantengan benar-benar sembuh.

Cara merawat cantengan di rumah juga bisa dengan menggunakan obat yang dioleskan ke kuku kaki untuk mengatasi rasa sakitnya. Kamu bisa membeli obat-obatan untuk mengatasi cantengan menggunakan aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 

Hal yang perlu ditegaskan, bila cara-cara di atas tidak efektif untuk mengatasi cantengan, atau bila gejalanya semakin berkembang, segeralah temui atau tanyakan pada dokter. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

 Awasi Penyebab Cantengan

Meski umumnya terjadi di jari kaki, kuku cantengan juga bisa terjadi di jari tangan. Kuku yang cantengan mengalami bengkak dan kemerahan pada kulit pinggir kuku. Apabila terkena gesekan kaus kaki atau sepatu, maka kuku cantengan akan terasa sangat sakit. Lantas, hal apa saja sih yang bisa menyebabkan cantengan? 

Salah satu penyebab cantengan sering terjadi adalah kebiasaan memotong kuku terlalu pendek yang menyebabkan kuku tumbuh ke bagian dalam kulit.

Cantengan juga bisa dipicu akibat penggunaan sepatu yang terlalu sempit, dan trauma seperti menabrak sesuatu yang keras dan langsung mengenai kuku. 

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

Pada beberapa kasus, kelainan pada bentuk kaki atau jari kaki juga dapat memberikan tekanan ekstra pada jari kaki, sehingga memicu cantengan. Di samping itu, mencabut atau merobek sudut kuku juga bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam dan memicu cantengan. 



Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. How to Prevent and Treat Ingrown Toenails.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Ingrown toenail
NHS Inform Scotland. Diakses pada 2021. Ingrown Toenail.