08 October 2018

Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

kenapa jempol kaki bisa cantengan

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami kuku cantengan? Kalau pernah, kamu pasti tahu betapa luar biasa sakitnya. Pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam memang bisa menusuk dan melukai kulit, sehingga akhirnya ujung jari yang cantengan jadi memerah, bengkak, dan terasa sangat sakit. Walaupun bisa juga terjadi di tangan, tetapi cantengan lebih sering terjadi pada jempol kaki. Nah, sebenarnya apa penyebab jempol kaki bisa cantengan?

Penyebab Jempol Kaki Bisa Cantengan

Normalnya, kuku jari baik tangan maupun kaki akan tumbuh dan memanjang ke atas secara alami. Namun, ada kalanya ujung pinggiran kuku yang tajam bisa berkembang keluar dari alur kuku yang semestinya dan jadi terdorong masuk ke dalam kulit sehingga menyebabkan ingrown nail atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan cantengan. Biasanya orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku yang tebal lah yang sering mengalami kondisi ini. Selain itu, pertumbuhan kuku jari kaki juga lebih lambat dibandingkan kuku jari tangan. Itulah mengapa kuku kaki lebih rentan mengalami cantengan, terutama jempol kaki.

Beberapa hal berikut juga bisa jadi penyebab cantengan pada jempol kaki:

1. Salah Memotong Kuku

Memotong kuku jempol kaki terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, bisa menyebabkan kuku tumbuh tidak normal dan menembus kulit.

2. Kondisi Kaki yang Lembab

Kaki yang sering berkeringat atau sering merendam kaki di dalam air juga bisa menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga berisiko terselip pada kulit.

3. Bentuk Kuku

Orang yang memiliki bentuk kuku seperti kipas juga lebih berisiko mengalami cantengan karena kuku lebih mudah menusuk kulit.

4. Cedera Kaki

Misalnya jempol kaki yang kepentok pintu kayu atau kaki meja juga bisa menyebabkan kuku patah dan akhirnya bertumbuh ke dalam.

5. Menggunakan Sepatu atau Kaus Kaki Terlalu Sempit atau Ketat

Sepatu atau kaus kaki yang terlalu pas atau cenderung sempit bisa menekan kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.

6. Faktor Genetik

Penyebab kuku cantengan juga bisa karena kelainan genetik. Adanya kelainan genetik membuat bentuk kuku cenderung melengkung ke dalam sejak lahir. Kuku dengan kondisi seperti itulah yang menyebabkan seseorang mengalami cantengan.

7. Kurang Memerhatikan Kebersihan Kaki

Kebersihan kaki penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kuku kaki yang kotor bisa menjadi tempat bakteri bertumbuh subur, sehingga memicu infeksi kuku atau cantengan.

Selain ketujuh hal tersebut, melakukan aktivitas fisik yang menuntut untuk sering menendang benda keras dengan kaki juga dapat memicu terjadinya cantengan. Contoh aktivitas fisik tersebut, antara lain sepak bola, rugby, kickboxing, dan menari ballet.

Cara Merawat Jempol Kaki yang Cantengan

Kuku jempol kaki yang cantengan tidak harus ditangani oleh dokter. Namun, untuk mencegah terjadinya infeksi pada jari yang cantengan atau mencegah kondisi cantengan menjadi lebih parah, kamu perlu melakukan langkah-langkah perawatan berikut di rumah:

Jaga Kebersihan Kaki

Menjaga kebersihan kaki sangat penting agar jari yang cantengan tidak infeksi. Jadi, bersihkanlah kaki secara rutin dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini empat kali sehari, masing-masing selama sekitar 20 menit.

Lindungi Kulit dari Kuku yang Menusuk

Cobalah untuk melindungi kulit dari tancapan kuku dengan menggunakan bantuan cotton bud. Atau kamu juga bisa mengganjal kuku yang tumbuh ke dalam dengan menggunakan kapas atau dental floss. Tujuannya untuk mencegah kulit tertancap oleh kuku dan untuk membantu kuku tumbuh di atas kulit. Langkah perawatan ini akan terasa menyakitkan, karena itu lakukanlah secara perlahan dan dibantu dengan menggunakan minyak zaitun.

Potong Kuku yang Menancap

Cara lain agar kuku yang tumbuh ke dalam tidak menusuk dan melukai kulit adalah dengan memotong kuku tersebut secara lurus. Dengan begitu, rasa sakit pada jari kaki juga bisa berkurang. Selain itu, kenakan lah sepatu dan kaus kaki yang nyaman dan pas sehingga tidak menekan kulit. Jangan lupa untuk mengganti kaos kaki secara rutin.

Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Bila rasa sakitnya menyiksa dan membuat kamu sangat tidak nyaman, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan parasetamol. Minum obatnya sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Oleskan Krim Antibiotik

Selain itu, oleskan krim antibiotik pada jari yang mengalami cantengan untuk mencegah infeksi. Kemudian, tutupi jari yang sakit dengan menggunakan perban kasa.

Nah, itulah penjelasannya mengapa jempol kaki bisa cantengan. Kalau kamu ingin membeli obat pereda rasa sakit atau krim untuk cantengan, beli saja lewat aplikasi Halodoc. Kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: