Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Halodoc, Jakarta - Gigitan nyamuk menyebabkan bentol dan gatal pada bagian bekas gigitannya. Senyawa protein pada sungut nyamuk saat menghisap darah, memicu reaksi alergi ringan penyebab bentol tersebut. Sering kali bekas bentol dan gigitan ini sulit hilang.

Lakukan ini Saat Terkena Gigitan Nyamuk

Reaksi alergi sebenarnya bermacam-macam, dari yang paling ringan hingga yang paling berat. Reaksi alergi berat bisa saja dipicu oleh gigitan serangga, tetapi sangat jarang terjadi reaksi berat akibat nyamuk. Bentol gatal akibat nyamuk biasanya akan hilang dalam beberapa jam atau hari. Jika kamu ingin menghilangkannya dengan cepat, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Segera Tangani
    Bentol oleh nyamuk jangan dibiarkan lama-lama. Kamu bisa mengurangi bentol dan gatalnya dengan memberi kompres dingin atau hangat pada bagian tubuh yang tergigit nyamuk. Gunakan juga obat oles seperti bedak kocok kalamin atau salep anti-radang.

  2. Jangan digaruk
    Garukan dapat membuat kulit terluka dan mengundang infeksi. Jika kamu menggaruk apalagi secara kasar, luka ini bisa membekas lebih lama bahkan sulit hilang. Lebih baik kamu tempelkan plester, atau mengoleskan bahan seperti madu, lidah buaya, alkohol, atau larutan soda kue untuk mengusir rasa gatalnya.

  3. Mandi
    Karena penyebab alergi kecil oleh gigitan nyamuk adalah senyawa, maka kamu bisa mandi untuk menghilangkannya. Senyawa ini akan terbilas oleh air. Usahakan untuk mandi menggunakan air dingin untuk  mengurangi rasa gatal selama mandi. Disarankan kamu mandi tanpa menggunakan sabun, karena sabun bisa bercampur dengan protein dari sungut nyamuk tersebut dan membuat gatal tak kunjung hilang.

Bahan-bahan Penghilang Bekas Gigitan Nyamuk

Bekas gigitan nyamuk sering kali menghitam dan sulit menghilang karena tidak melakukan penanganan awal seperti yang dibahas di atas. Tidak perlu panik, kamu bisa menggunakan bahan-bahan di bawah untuk menghilangkan bekas lukanya:

  1. Gunakan Cuka Apel

Masukkan 2-3 cangkir cuka dalam bak air hangat untuk mengobati semua gigitan. Kamu  juga bisa meneteskan cuka pada kapas lalu dioleskan pada bekas gigitan. Cuka apel dapat memperbaiki jaringan luka, dan juga menghilangkan senyawa nyamuk yang tersisa

  1. Campuran Air & Madu

Madu mampu menjadi bahan anti inflamasi atau peradang pada kulit. Campur air dan madu dengan perbandingan 1:3 dan oleskan pada bintik-bintik bekas gigitan nyamuk

  1. Gunakan Irisan Bawang Putih

Kamu bisa mengiris bawang putih, lalu letakkan pada bekas gigitan nyamuk. Kandungan bawang putih bisa mengurangi rasa gatal dengan menguraikan senyawa sungut nyamuk, dan mengatasi luka.

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan seputar alergi kulit, gigitan serangga seperti nyamuk, maupun kondisi lainnya, yuk tanyakan pada dokter atau spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: