Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Halodoc, Jakarta - Keseleo adalah cedera yang terjadi saat tubuh tiba-tiba mengubah arah gerakan atau menurunkan kecepatan, seperti misalnya saat berolahraga. Masalah ini termasuk umum dan dapat dialami oleh siapapun. Baik oleh orang yang jarang berolahraga, maupun atlet yang berlatih setiap hari. Bagaimana cara mengatasinya?

Selain karena perubahan arah gerakan atau penurunan kecepatan, keseleo juga bisa terjadi saat jatuh, bertabrakan dengan orang atau benda lain, ataupun mendarat dengan posisi yang tidak tepat setelah melompat. Pada kondisi-kondisi tersebut, ligamen secara tidak sengaja dipaksa terentang melampaui kemampuannya, sehingga menjadi robek atau terpelintir.

Kerusakan ligamen inilah yang mendasari terjadinya keseleo. Ligamen merupakan jaringan menyerupai pita yang menyelimuti sekeliling sendi. Keberadaan ligamen berfungsi menghubungkan tulang yang satu dengan lainnya. Pergelangan kaki, jempol tangan dan kaki, pergelangan tangan, serta lutut adalah area-area yang paling sering mengalami keseleo.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Patah dan Keseleo Pergelangan Kaki

Keseleo biasa ditandai dengan gejala-gejala tertentu, antara lain rasa nyeri di sekeliling sendi yang mengalami keseleo, memar dan bengkak pada sendi, serta ketidakmampuan sendi menyangga beban. Dapat pula timbul memar yang muncul agak jauh dari sendi keseleo akibat darah yang merembes di sepanjang otot. Tingkat keparahan keseleo tergantung pada seberapa berat kerusakan ligamen yang terjadi.

Dapat Diobati Sendiri di Rumah

Penanganan keseleo harus dilakukan dengan benar demi mencegah timbulnya kambuh di kemudian hari, seperti nyeri jangka panjang dan ketidakstabilan sendi. Pada kebanyakan kasus, keseleo dapat ditangani sendiri di rumah. Berikut tahap-tahap yang dapat diikuti:

  • Berhentilah melakukan aktivitas atau gerakan yang dapat memperparah cedera, setidaknya dalam waktu 2-3 hari setelah cedera.
  • Aplikasikan es yang dibalut dalam handuk pada area yang cedera selama setidaknya 15-20 menit tiap 2-3 jam sehari. Namun, hindari menempelkan es secara langsung pada area yang mengalami cedera.
  • Untuk membatasi pergerakan yang bisa memperparah kondisi cedera dan mencegah bengkak yang meluas, balut area yang cedera dengan plester (perban) elastis. Pastikan area ini terbalut rapat, tapi jangan sampai menghambat aliran darah. Lepaskan perban sebelum tidur.
  • Langkah lain untuk mencegah bengkak adalah letakkan kaki atau anggota badan yang cedera pada posisi yang lebih tinggi. Gunakan bangku tambahan sebagai alas meletakkan kaki saat duduk atau bantal saat tidur.

Baca juga: Keseleo yang Diurut Bisa Berakibat Fatal, Mitos atau Fakta?

Kapan Harus ke Dokter?

Jika perawatan mandiri tidak berhasil dan keseleo tidak terasa membaik setelah 3 hari, segera temui dokter. Ada pula beberapa keadaan yang mengharuskan harus segera ke rumah sakit, yaitu apabila mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan, sendi sama sekali tidak dapat menahan beban, area yang cedera terasa kebas atau tidak dapat merasakan apa pun, mengalami cedera berulang di area yang sama, atau terdapat area kemerahan yang melebar dari tempat sendi yang keseleo.

Kasus-kasus seperti itu kemungkinan memerlukan penanganan yang lebih rumit di rumah sakit. Pada kasus ketika penggunaan obat-obatan anti-nyeri biasa tidak memberikan perbaikan, dokter mungkin akan memberikan obat anti-nyeri yang lebih kuat, misalnya kodein.

Pemasangan brace atau splint juga mungkin diperlukan untuk meminimalkan pergerakan sendi. Terapi fisik atau fisioterapi bisa disarankan oleh dokter untuk membantu pasien memulihkan sendi kembali pada fungsi normalnya. Selain itu, walaupun jarang, penanganan melalui pembedahan perlu dilakukan bila terjadi kerusakan otot ataupun robekan pada ligamen.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Keseleo Bisa Berakibat Fatal

Itulah sedikit penjelasan tentang cara mengobati keseleo. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!