Keseleo yang Diurut Bisa Berakibat Fatal, Mitos atau Fakta?

Keseleo yang Diurut Bisa Berakibat Fatal, Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta - Pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo adalah sebuah cedera yang terjadi saat kamu memutar pergelangan kaki dengan cara yang canggung atau ragu-ragu. Hal ini dapat meregangkan atau merobek pita-pita jaringan yang keras atau ligamen yang membantu menyatukan tulang pergelangan kaki kamu.

Ligamen berfungsi untuk menstabilkan sendi dan mencegah gerakan yang berlebihan. Pergelangan kaki terkilir terjadi ketika ligamen dipaksa di luar kisaran gerak normalnya. Pergelangan kaki yang mengalami keseleo, disebabkan oleh cedera pada ligamen di sisi luar pergelangan kaki.

Perawatan untuk pergelangan kaki yang keseleo tergantung pada tingkat keparahan dari cedera yang terjadi. Meskipun tindakan perawatan diri dan obat penghilang rasa sakit dapat meringankan gejala yang terjadi, evaluasi medis mungkin diperlukan untuk mengungkapkan seberapa parah pergelangan kaki kamu mengalami keseleo dan untuk menentukan perawatan yang tepat.

Baca Juga : Bolehkah Membenarkan Keseleo di Tukang Pijat?

Keseleo yang Diurut

Lalu, apakah seseorang yang mengalami keseleo diperbolehkan untuk diurut? Ternyata, seseorang yang mengalami keseleo tidak diperbolehkan untuk diurut. Pasalnya, mengurut bagian yang keseleo dapat merusak jaringan otot, sehingga jaringan ligamen yang bermasalah semakin menjadi-jadi. Maka dari itu, seseorang yang keseleo akan mengalami bengkak karena mendapatkan urut dari tukang pijat.

Cara yang paling baik untuk meredam gejala dari keseleo adalah dengan mengistirahatkan bagian yang keseleo, sehingga ketegangan yang terjadi dapat berkurang. Lalu, setelah bagian tersebut rileks, maka kamu dapat melanjutkannya dengan mengompres bagian tersebut. Di samping itu, agar tidak terkena pengaruh dari luar, kamu dapat membalutnya dengan perban.

Penyebab Keseleo

Terkilir atau keseleo dapat terjadi ketika pergelangan kaki kamu dipaksa untuk keluar dari posisi normalnya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan satu atau lebih ligamen pergelangan kaki meregang, sebagian robek, atau robek sepenuhnya. Berikut adalah beberapa penyebab pergelangan kaki keseleo:

  • Jatuh yang menyebabkan pergelangan kaki kamu berputar.
  • Mendarat dengan canggung di kaki setelah melompat atau berputar.
  • Berjalan atau berolahraga di permukaan yang tidak rata.
  • Orang lain melangkah atau mendarat di kaki kamu selama kegiatan olahraga.

Baca Juga : Bedanya Patah atau Keseleo pada Pergelangan Tangan

Pertolongan Pertama pada Pergelangan Kaki Keseleo

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, serta melindungi ligamen dari cedera lebih lanjut adalah melakukan RICE, yaitu istirahat (Rest), es (Ice), kompresi (Compress), dan peregangan (Elevation).

Jika kamu mengalami nyeri dan bengkak yang parah, istirahatkan pergelangan kaki sebanyak mungkin selama 24-48 jam pertama. Selama waktu itu, rendam kaki dan pergelangan kaki kamu di dalam air dingin, atau oleskan kompres es dengan memastikan menutupi pergelangan kaki dengan handuk untuk melindungi kulit. Tindak tersebut dilakukan selama 15-20 menit tiga hingga lima kali sehari, atau sampai pembengkakan mulai mereda.

Untuk mengurangi pembengkakan, kompres pergelangan kaki dengan bungkus elastis, seperti perban. Saat duduk, posisikan pergelangan kaki setinggi yang kamu bisa. Dalam 24 jam pertama, hindari apapun yang dapat meningkatkan pembengkakan, seperti mandi air panas atau krim panas. Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, serta dapat mempercepat pemulihan.

Baca Juga : Nyeri Otot Habis Olahraga, Boleh Langsung Dipijat?

Pencegahan Keseleo

Latihan peregangan dan penguatan secara teratur untuk olahraga, kebugaran, atau aktivitas kerja kamu dapat membantu untuk meminimalisir risiko keseleo. Cobalah untuk tetap bugar ketika akan berolahraga, jangan berolahraga untuk mendapatkan kebugaran. Jika kamu memiliki pekerjaan yang menuntut fisik, pengondisian yang teratur dapat membantu mencegah cedera.

Kamu dapat melindungi persendian dalam jangka panjang dengan berusaha untuk menguatkan dan mengondisikan otot-otot di sekitar persendian yang terluka. Hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan meningkatkan penyangga otot alami. Selalu berdiskusi dengan dokter kamu dan gunakan alas kaki yang mendukung gerakan kaki kamu.

Itulah pembahasan tentang keseleo yang dapat memberi dampak buruk jika diurut. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait keseleo, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!