Beraroma Tajam, Ini Manfaat Durian bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Durian, manfaat durian

Halodoc, Jakarta - Buah durian merupakan surga dunia bagi mereka para penggemar buah yang beraroma khas ini. Di balik kulitnya yang keras dan tajam, buah durian sangat nikmat disantap, dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung berbagai macam vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, serta protein di dalamnya. Berikut 10 manfaat durian bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Durian yang Perlu Diketahui

  • Penambah Energi

Tambahan energi setelah mengonsumsi buah durian didapatkan dari tiga jenis gula alami yang terkandung di dalamnya, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Jika kamu sewaktu-waktu merasa sangat lemas, cobalah untuk mengonsumsi buah yang satu ini untuk mendapatkan energi lebih.

  • Anti Kanker

Phytonutrient dan phytosterol merupakan dua zat penting yang terkandung dalam durian dan dipercaya mampu mematikan sel-sel penyebab kanker. Selain bersifat anti-kanker, kedua zat tersebut juga dapat memperbaiki reaksi anti-tumor dalam tubuh dengan meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung pada buah durian merupakan faktor pendukung dalam memproduksi kolagen, yaitu protein penting yang terdapat di dalam kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Kolagen sendiri diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit, yang bekerja dengan mengencangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Memperbaiki Pencernaan

Durian mengandung thiamin, yaitu vitamin B1 yang menghasilkan asam klorida dalam lambung yang baik bagi pencernaan. Dengan adanya zat tersebut dalam lambung, kelebihan asam lambung akan dinetralisir, sehingga iritasi pada dinding lambung dapat diatasi.

Baca juga: Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

  • Mengatasi Stres dan Depresi

Durian mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi penting dalam memproduksi serotonin, yaitu hormon yang dapat mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, dan stres. Pengidap sejumlah kondisi tersebut akan memiliki tingkat vitamin B6 yang rendah dalam tubuh.

  • Mengatasi Konstipasi

Serat tinggi yang terkandung dalam buah durian akan membantu menyerap air dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Selain itu, serat juga berperan penting dalam saluran pencernaan yang membuat saluran pencernaan lancar dan mencegah terjadinya konstipasi.

  • Mengatasi Migrain

Riboflavin yang terkandung dalam durian ampuh dalam mengatasi migrain. Kamu boleh mencoba memakan buah yang satu ini ketika kepala sedang merasa sangat berdenyut.

  • Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Buah durian mengandung magnesium dan vitamin B yang dapat menjaga dan memperbaiki sistem sel saraf. Jika sel saraf dalam tubuh bekerja dengan baik, kontraksi otot pun akan bekerja semakin baik.

  • Menjaga Kepadatan Tulang

Buah yang satu ini kaya akan kandungan kalium. Nah, kalium sendiri berfungsi dalam membantu penyebaran kalsium dalam tubuh yang diperlukan oleh tulang.

  • Menjaga Kesehatan Hormon Tiroid

Banyaknya kandungan tembaga pada buah durian berperan layaknya yodium yang menjadi nutrisi penting dalam metabolisme kelenjar tiroid.

Baca juga: Alasan Buah Durian Tidak Dianjurkan untuk Menu Diet

Tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol bersamaan dengan buah yang satu ini. Pasalnya, durian mengandung zat yang dapat menghambat kinerja enzim yang terdapat pada saluran cerna jika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol. Akibatnya, mual, muntah, dan jantung berdebar bisa saja terjadi.

Meskipun banyak manfaat baik bagi tubuh, durian yang dikonsumsi terlalu banyak juga memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Jika kamu memiliki masalah kesehatan setelah mengonsumsi buah yang satu ini, segera diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc, ya. Penanganan yang tepat akan mencegah dirimu dari komplikasi berbahaya.

Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2019. 10 Amazing Benefits of Durian Fruit.
Healthline. Diakses pada 2019. Durian Fruit: Smelly but Incredibly Nutritious.