Berbahayakah Kebiasaan Bruxism saat Tidur?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Berbahayakah Kebiasaan Bruxism saat Tidur?

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang lelah ketika beraktivitas pasti membutuhkan tidur. Walau begitu, mungkin saja kamu mengalami gangguan yang terjadi ketika kamu sedang tidur. Salah satu gangguan yang dapat terjadi ketika kamu tidur adalah bruxism. Gangguan ini termasuk dalam kelainan gerakan saat tidur.

Walau begitu, apakah gangguan yang terjadi ketika seseorang tidur ini dapat menimbulkan bahaya? Lalu, gangguan apa saja yang dapat terjadi ketika seseorang mengidap bruxism? Serta, apa saja komplikasi yang terjadi karena hal ini? Berikut adalah pembahasan tentang bahaya dari bruxism.

Baca juga: Kapan Gigi Mulai Ompong?

Bahaya Akibat Bruxism saat Tidur

Bruxism adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika seseorang menggertakkan atau menggesekkan gigi. Hal ini dapat terjadi baik dalam keadaan tidur ataupun bangun, tetapi secara tidak sadar menggesekkan gigi.

Gangguan bruxism yang terjadi pada seseorang saat sedang tertidur dianggap sebagai kelainan gerakan ketika tidur. Orang-orang yang menggertakkan giginya ketika tidur dapat memiliki kecenderungan mengalami gangguan tidur lainnya. Gangguan tidur yang dapat terjadi adalah mendengkur dan sleep apnea.

Kelainan yang terjadi pada gigi ketika seseorang tidur ini tidak membutuhkan perawatan jika masih dalam tahap ringan. Walau begitu, bruxism yang terjadi mungkin saja berkembang menjadi parah. Ketika gangguan ini sering terjadi dan parah, maka gangguan pada rahang, sakit kepala, gigi rusak, dan masalah lainnya mungkin terjadi.

Gangguan gigi yang dapat terjadi ketika seseorang mengalami bruxism adalah gigi mengalami patah, longgar, hingga kehilangan gigi. Selain itu, gertakkan gigi yang kronis dapat membuat gigi copot. Jika hal ini terjadi, kamu mungkin membutuhkan tindakan berupa penanaman gigi palsu.

Baca juga: Gigi Sensitif, Hindari 4 Minuman Ini

Cara Menghentikan Kebiasaan Bruxism saat Tidur

Bruxism yang terjadi dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain itu, gigi juga mungkin akan mengalami beberapa masalah lainnya. Maka dari itu, terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa cara untuk menghentikan bruxism:

  1. Penggunaan Alat Oral

Salah satu metode yang paling populer untuk mengatasi bruxism adalah dengan menggunakan pelindung gigitan oklusal yang dikenakan pada gigi selama tidur. Alat ini dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran dan sering direkomendasikan pada pengidap gangguan ini. Kamu dapat memasang alat ini di dokter gigi.

Pelindung mulut saat tidur ini tidak serta-merta langsung dapat mencegah gertakkan pada gigi. Walau begitu, alat ini dapat melindungi gigi kamu dari keausan yang dapat terjadi. Penggunaan ini dianggap sebagai metode yang efektif untuk mengatasi bruxism.

Kamu juga bisa mendiskusikan masalah gigi yang kamu alami dengan dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

  1. Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti teknik perilaku kognitif dapat kamu lakukan untuk mengurangi stres dan kegelisahan yang dapat memicu bruxism. Teknik relaksasi lainnya, seperti meditasi, pernapasan terfokus, aromaterapi, atau mandi air hangat sebelum tidur juga dapat meredakan gangguan tidur tersebut.

  1. Memperbaiki Masalah Gigi

Masalah gigi baru-baru ini, seperti mahkota yang terlalu tinggi dapat menyebabkan baris gigi yang tidak normal dan menyebabkan iritasi. Gangguan ini dapat dengan mudah diatasi oleh dokter gigi dan masalah tersebut harus segera diatasi.

Jika kamu mengidap masalah dengan gigi yang menggiling, kamu harus membicarakannya dengan dokter gigi. Beberapa gejala bruxism dapat dikurangi dengan perubahan gaya hidup sederhana seperti bersantai sebelum tidur atau tidak minum kafein di sore hari.

Baca juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

Referensi:
WebMD (Diakses pada 2019): Dental Health and Teeth Grinding (Bruxism)
Brux Night Guard (Diakses pada 2019): What is Bruxism and Is It Bad For My Teeth?
Mayo Clinic (Diakses pada 2019): Bruxism (teeth grinding)