5 Penyakit yang Biasa Kambuh Saat Mudik

5 Penyakit yang Biasa Kambuh Saat Mudik
SEKS 11 June 2018

Halodoc, Jakarta – Kondisi badan yang tidak fit serta salah mengonsumsi makanan tertentu biasanya membuat beberapa penyakit tertentu kambuh saat mudik. Biasanya kurangnya persiapan fisik, terlalu lelah menyelesaikan deadline kantor membuat kamu jatuh sakit di saat mudik. (Baca juga: 6 Uniknya Ramadan di Berbagai Belahan Dunia)

Ada baiknya, sebelum mudik tiba kamu mempersiapkan diri semaksimal mungkin supaya jangan sampai jatuh sakit saat mudik. Nah, ini dia penyakit saat mudik yang seringnya tanpa kamu sadari bisa terjadi ke kamu.

  1. Migrain

Penyakit saat mudik yang sangat bisa kamu alami adalah migrain. Kepadatan arus lalu-lintas, belum lagi ribet membawa barang-barang akan membuat mendadak bagian kepala sebelah sakit banget. Padahal, kamu tetap harus melanjutkan perjalanan. Lantas bagaimana dong?

Minum obat pereda sakit kepala memang yang paling mujarab dan dapat menghentikan sakit kepala seketika. Namun, sebelum kamu meminum obat sakit kepala, ada baiknya kamu minum air putih hangat dan menekan telapak tanganmu pada bagian sela di jempol menuju pergelangan tangan untuk meredakan sakit kepala.

  1. Mabuk Perjalanan

Penyakit saat mudik yang bisa datang tanpa pernah diundang lainnya adalah mabuk perjalanan. Kemacetan lalu-lintas atau pengemudi yang tidak taat aturan lalu lintas membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Selain itu, kamu juga jadi mabuk perjalanan yang disertai dengan mual dan muntah.

Ada baiknya kalau kamu sudah tahu termasuk tipikal penumpang yang gampang mabuk perjalanan, sebelum melakukan perjalanan minumlah obat antimabuk. Kamu pun bisa menyediakan minyak angin untuk mengatasi mual-mual saat berkendara. (Baca juga: 2 Gerakan Olahraga untuk Cegah Kematian Dini)

  1. Batuk

Polusi udara dan kondisi yang tidak fit, bisa membuatmu batuk. Apalagi ada banyak penumpang dengan riwayat sejarah kesehatan yang tidak diketahui. Pertemuan dengan banyak orang saat mudik membuat pertukaran udara sangat memungkinkan untuk terjadi. Apalagi, kalau imun tubuh sedang menurun, kamu akan lebih gampang terkena sakit. Untuk menghindarinya, ada baiknya kamu mengenakan masker dan meminum vitamin C guna menghadang virus masuk ke dalam tubuh kamu.

  1. Sakit Perut

Biasanya sakit perut saat mudik terjadi karena beberapa penyebab, misalnya salah makan, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, dan mengemil makanan dengan MSG. Kalau kamu termasuk orang yang gampang sakit perut, sebaiknya jaga-jaga dalam memilih makanan sebelum hari H mau mudik. Hindari makanan pedas dan terlalu banyak mengemil. Supaya perut kenyang, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dulu. Nasi lengkap dengan lauk-pauknya serta buah-buahan. Perut yang terisi akan menghindari kamu dari jajan makanan yang tidak sehat.

  1. Pegal-pegal

Kondisi pegal pada bahu, punggung, dan bokong sangat memungkinkan terjadi dan kamu tidak bisa menghindari ini. Apalagi kalau misalnya perjalanan mudikmu panjang, sehingga membuatmu melewatkan sebagian besar perjalanan dengan tidur dalam posisi yang tidak baik dan mengakibatkan leher atau pun pinggang keseleo. Salah satu cara meminimalisir penyakit saat mudik ini adalah dengan membawa bantal bepergian yang bisa kamu kenakan ke leher serta baju hangat sebagai pengganjal posisi tidur atau pun penghangat badan.

Punya pertanyaan seputar kesehatan ataupun tips mudik supaya tetap fit, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kalau kamu butuh saran mengenai kondisi penyakit tertentu, cara mengatasinya atau rekomendasi obat juga bisa didiskusikan di sini. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.




Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya

SEKS

17 July 2018

Fatty liver adalah sebuah istilah yang menggambarkan penumpukan lemak di hati. namun kalau sudah berlebihan ju...

Selengkapnya

OLAHRAGA

17 July 2018

Gerakan senam aerobik memberikan dampak baik pada otak dan mencegah penyaan otak. ...

Selengkapnya