Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

Ditinjau oleh  dr. Gabriella Florencia   26 Juli 2023
Inilah Kepribadian Menurut Golongan DarahInilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

"Ada sebuah klaim yang menyatakan bahwa kepribadian bisa ditebai melalui golongan darah. Kepercayaan ini menjadi bagian masyarakat Jepang dan memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan, pekerjaan, bahkan percintaan seseorang."

Halodoc, Jakarta - Menebak kepribadian melalui astrologi mungkin sudah akrab di telinga orang-orang. Namun, kepribadian juga diyakini bisa ditebak melalui tipe golongan darah. Kepercayaan ini bermula dari budaya orang-orang Jepang. Di sana, golongan darah memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan, pekerjaan, bahkan percintaan seseorang.


Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Golongan Darah

Kepercayaan ini muncul dari tahun 1930 saat seorang profesor bernama Tokeji Furukawa yang mengklaim bahwa golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science tahun 2015 lalu telah menginisiasi penelitian tentang hubungan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang. Studi ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara genotipe golongan darah ABO dan sifat-sifat kepribadiannya. Namun, hasil ini baru permulaan saja, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Kepribadian Menurut Golongan Darah

Meskipun tes kepribadian golongan darah belum memiliki dukungan ilmiah yang kuat, banyak orang, terutama orang Jepang mengklaim bahwa hal ini adalah benar adanya. Nah, berikut ini analisa tentang kepribadian seseorang menurut golongan darah:

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A identik dengan sifatnya yang terorganisir, kritis, bertanggung jawab, konsisten dengan apa yang sudah direncanakan, tenang dalam menghadapi masalah, dan berusaha adil dalam situasi apapun. Sayangnya, ada sifat yang membuat orang dengan golongan darah A ini cenderung tidak disukai, yaitu sifat keras kepala dan perfeksionisnya.

Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, beberapa orang dengan golongan darah A ini memilih untuk mengurusnya sendiri. Mereka juga jarang merasa cocok dengan orang lain dan hanya menceritakan situasinya kepada orang yang dipercaya saja.

Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B memiliki semangat yang tinggi, aktif, kreatif, dan selalu ingin tahu. Mereka ingin tahu banyak hal karena rasa penasarannya yang tinggi. Jika mereka sudah tertarik dengan sesuatu hal, mereka melakukannya dengan sepenuh hati.

Sayangnya, karakternya yang santai cenderung dianggap kurang kooperatif karena lebih suka mengikuti aturan dan ide mereka sendiri. Beberapa orang dengan golongan darah B ini juga cenderung individualis dan lebih mementingkan logika daripada perasaannya.

Baca juga: Diet Golongan Darah, Seberapa Efektif untuk Dilakukan

Golongan Darah AB

Dibandingkan golongan darah lainnya, orang dengan golongan darah AB paling sulit diprediksi atau dikenal misterius. Walaupun kepribadiannya suka berubah, orang dengan golongan darah AB ini dikenal memiliki banyak teman.

Mereka memiliki karakter yang kritis, rasional, bertanggung jawab, suka menolong, dan mudah beradaptasi. Sayangnya, mereka cenderung tidak tegas, mudah lupa, dan sensitif. Mereka memiliki perasaan yang lembut, karena rasa empatinya yang tinggi terhadap situasi orang lain. Bahkan, mereka tidak keberatan membantu orang lain selama mereka mampu.

Golongan Darah O

Orang golongan darah O identik dengan sikapnya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau easy-going. Mereka cenderung baik hati, pemurah, enerjik, terbuka, dan menghargai pendapat orang lain sehingga mudah disukai oleh banyak orang. Sayangnya, orang dengan golongan darah O ini mudah terpengaruh oleh orang lain, kurang fokus, keras kepala, dan lebih suka menjadi pengikut dibanding pemimpin.

Baca juga: 4 Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian Diri 

Itulah ulasan mengenai kepribadian sesuai golongan darah. Jika kamu ingin tahu mengenai tipe kepribadian yang lebih akurat, sebaiknya kamu menggunakan metode yang dimiliki oleh disiplin ilmu psikologi. Terlebih jika kamu ingin mengetahui karakter, minat, dan bakat yang dimiliki.

Sebaiknya ajak anak untuk melakukan tes-tes kepribadian yang dilakukan psikolog. Kamu pun kini tak perlu repot mengantre lagi di rumah sakit, karena melalui Halodoc kamu bisa buat janji dengan psikolog hanya dalam genggaman.

Referensi:
BBC. Diakses pada 2020. Japan and Blood Types: Does It Determine Personality?
Times of India. Diakses pada 2020. What’s Your Blood Group? The Answer Might Reveal Some Interesting Things About You.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan