Membangun Kepercayaan untuk Keharmonisan Hubungan

Membangun Kepercayaan untuk Keharmonisan Hubungan
SEKS 23 May 2018

Halodoc, Jakarta – Melihat pasangan yang mesra dan langgeng hingga usia senja pasti membuat kamu turut ikut bahagia, ya. Namun, kamu perlu tahu, bahwa cinta saja tidak cukup untuk membuat pasang bisa bertahan lama. Cinta bisa pudar ketika usia beeranjak semakin tua, sehingga dibutuhkan lebih dari itu agar pondasi hubungan tetap kuat.

Hal lain yang dibutuhkan untuk membangun keharmonisan hubungan adalah kepercayaan. Bahkan, kepercayaan menjadi pijakan utama dalam menjaga hubungan supaya tetap langgeng. Kamu pasti tahu, menyatukan dua pikiran bukan menjadi hal yang mudah dilakukan. Ada kalanya terjadi perdebatan karena banyaknya perbedaan.

Tak jarang juga dalam perjalanannya, sebuah hubungan akan didera badai, seperti pertengkaran karena pekerjaan, masalah finansial, hingga hadirnya orang ketiga. Coba bayangkan, tanpa kepercayaan bagaimana bisa pasangan mempertahankan keharmonisan hubungannya? Terlebih lagi jika hubungan yang dijalani adalah bentuk hubungan jarak jauh.

(Baca juga: 4 Manfaat Konseling Pernikahan)

Cara Membangun Kepercayaan dalam Sebuah Hubungan

Lalu, bagaimana cara membangun keharmonisan hubungan yang berlandaskan kepercayaan? Berikut beberapa yang bisa kamu lakukan:

Kejujuran Selalu Menjadi yang Utama

Dasar kepercayaan adalah kejujuran dan keterbukaan satu sama lain. Tanpa ada dua hal itu, jangan harap hubungan yang kamu jalani akan langgeng, apalagi harmonis. Pasalnya, rasa percaya bukan menjadi hal yang mudah didapatkan, terlebih jika salah satu dari kalian pernah disakiti oleh yang lainnya.

Kamu tidak perlu menutupi segala kekurangan yang ada pada diri kamu, karena jika pasangan kamu percaya pada kamu sepenuhnya, ia pun akan berusaha untuk menerima kamu dengan apa adanya. Begitu pun sebaliknya, kekurangan yang ditunjukkan oleh pasangan kamu tanda bahwa ia mulai terbuka dan jujur mengenai dirinya secara pribadi. Jangan sampai ada kebohongan, karena hubungan yang penuh kebohongan atau kepura-puraan adalah ciri hubungan yang tidak sehat.

Coba Ubah Pola Pikir

Kamu dan pasangan pasti memiliki prinsip atau pola pikir yang tidak sama. Tentu saja, menyatukannya bukan perkara mudah, apalagi jika kamu maupun pasangan masih meninggikan ego. Cobalah ubah pola pikir kamu menjadi lebih terbuka dan positif. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan memiliki hubungan yang nyaman dan langgeng tanpa adanya ketakutan.

Mulai dari Hal Sederhana

Rasa percaya kamu pada pasangan bisa kamu coba dari hal-hal kecil yang biasa kamu dan pasangan lakukan sehari-hari. Seperti misalnya tidak terlalu protektif dan mengekang. Dua hal itu akan membuat hubungan kamu penuh kecurigaan, dan pada akhirnya baik kamu maupun pasangan akan saling berbohong karena sudah merasa tidak nyaman dalam menjalaninya. Ingat saja, semua orang tidak suka dikekang atau diatur. Oleh karena itu, mulailah dengan komitmen yang jelas untuk membangun rasa percaya.

(Baca juga: Pria Dinilai Lebih Romantis Ketimbang Wanita, Benarkah?)

Kamu perlu memahami bahwa sekali kepercayaan itu rusak, akan sangat sulit mengembalikannya. Kata maaf tak serta merta membuat keadaan kembali menjadi baik-baik saja. walaupun kamu dan pasang berhasil mempertahankan hubungan, pasti rasanya tak akan sama. Apabila kamu atau pasangan kamu berbuat salah yang mampu menghilangkan kepercayaan, buktikan bahwa kalian bisa memperbaikinya sebagai tanda bahwa kalian menyesal.

 

Demikian tadi sekilas ulasan tentang pentingnya kepercayaan untuk membangun keharmonisan hubungan. Nah, kalau kamu memiliki permasahalan dalam hubungan, jangan ragu untuk bertanya langsung dengan pakarnya melalui aplikasi Halodoc. Adanya fitur live chat akan membantu kamu agar lebih mudah berkomunikasi dengan dokter yang sesuai dengan bidangnya. Aplikasi Halodoc bisa kamu download langsung melalui App Store atau Google Play Store.




Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya