Bukan Hanya untuk Pencernaan, Ini 7 Manfaat Pepaya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bukan Hanya untuk Pencernaan, Ini 7 Manfaat Pepaya

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, buah pepaya sering direkomendasikan untuk mengembalikan kesehatan pencernaan dan menyelesaikan masalah sembelit.

Baca juga: Tak Hanya untuk Tubuh, Pepaya Juga Baik untuk Kulit

Buah pepaya memang baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan enzim papain yang ada dalam pepaya membantu makanan yang masuk dalam pencernaan menjadi lumat dan memudahkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Tidak hanya itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada pepaya menjaga kesehatan usus dalam mencerna makanan.

Tetapi ternyata pepaya tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan. Masih banyak manfaat yang akan kamu rasakan pada kesehatan tubuh ketika kamu rutin mengonsumsi buah pepaya, di antaranya yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pepaya mengandung karotenoid dan zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan jaringan mata. Kandungan zeaxanthin ampuh mencegah radiasi yang dapat merusak mata. Dengan rutin mengonsumsi buah pepaya, tentu penglihatan mata kamu akan lebih tajam dan jernih.

2. Menguatkan Tulang

Tahukah kamu dalam buah pepaya mengandung vitamin K yang cukup tinggi? Tidak ada salahnya konsumsi buah pepaya secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaatnya adalah terpenuhinya kebutuhan vitamin K dalam tubuh untuk menjaga kekuatan serta kepadatan tulang. Tidak hanya itu, vitamin K dalam tubuh berfungsi untuk membantu penyerapan mineral dan kalsium.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Setelah bekerja keras selama satu hari penuh, tidak ada salahnya untuk konsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya dapat membantu menurunkan tingkat stres yang dialami selama beraktivitas seharian.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Rutin mengonsumsi buah pepaya menjaga kesehatan jantung kamu karena adanya kandungan likopen dan vitamin C dalam buah pepaya. Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin konsumsi pepaya agar kamu terhindar dari beberapa gejala yang menjadi tanda adanya gangguan pada jantung, seperti nyeri dada, detak jantung tidak teratur dan mendadak lemas. Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami gejala gangguan pada jantung.

5. Mencegah Tanda Penuaan

Bagi wanita yang ingin memiliki kulit yang terawat dan awet muda, jangan hindari mengonsumsi buah pepaya. Memiliki kebiasaan rutin mengonsumsi buah pepaya membantu untuk mencegah tanda penuaan pada kulit. Pepaya memiliki berbagai kandungan untuk menjaga kesehatan kulit kamu, seperti vitamin C, vitamin E, dan antioksidan untuk mencegah kulit dari radikal bebas.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan likopen dalam buah pepaya dapat mencegah penyakit kanker. Tidak hanya itu, bagi pengidap kanker yang sedang menjalani perawatan, rutin mengonsumsi buah pepaya membantu untuk menurunkan risiko-risiko yang dapat sebabkan penyakit kanker bertambah buruk pada kesehatan. Buah pepaya juga menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

7. Meredakan Nyeri Menstruasi

Bagi beberapa wanita, menjalani menstruasi menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut bawah yang cukup hebat. Sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan kimia tanpa anjuran dokter. Kamu bisa mengonsumsi pepaya untuk membantu meredakan nyeri menstruasi. Kandungan enzim papain dalam pepaya membantu meredakan nyeri menstruasi.

Baca juga: 5 Hal Ini Bikin Makan Salad Jadi Tidak Sehat

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, pepaya mudah untuk ditemukan dengan harga yang terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin konsumsi buah pepaya mulai dari sekarang.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. 8 Evidence Based Health Benefits of Papaya

MSN. Diakses pada 2019. 11 Health Benefits of Papayas

The New Times. Diakses pada 2019. The Health Benefits of Papaya