• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Alami Mengobati Ejakulasi Dini

Begini Cara Alami Mengobati Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ejakulasi dini merupakan salah satu keluhan seksual yang umum pada pria. Kondisi ini memengaruhi sebanyak 1 dari 3 pria, yang dapat menyebabkan kecemasan dan frustasi. Bahkan, beberapa pria dengan ejakulasi dini jadi enggan berhubungan seks dengan pasangannya. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati ejakulasi dini. Yuk, cari tahu di pembahasannya di bawah ini.

Ejakulasi dini adalah kondisi yang terjadi ketika seorang pria mencapai klimaks sebelum ia atau pasangannya menginginkannya saat berhubungan seks. Pria dengan ejakulasi dini cenderung mengalami orgasme dalam satu menit setelah dirangsang secara seksual dan biasanya tidak dapat menunda ejakulasi.

Baca juga: Gejala Ejakulasi Dini yang Harus Pria Tahu

Bila kamu mengalami ejakulasi dini, berikut ini cara-cara alami yang dapat kamu coba lakukan untuk mengatasinya:

  • Konsumsi Asupan Seng

Seng adalah mineral yang tidak hanya penting untuk mendukung daya tahan tubuh dan pertumbuhan sel yang sehat, tetapi juga dapat membantu menghasilkan testosterone, serta meningkatkan libido dan energi kamu. Penelitian telah menemukan bahwa ada kaitan antara kekurangan seng dengan disfungsi seksual pada pria, sehingga mengonsumsi 11 miligram seng per hari dapat membantu meningkatkan waktu ejakulasi.

Selain dari makanan, asupan seng juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen. Namun, hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi seng juga dapat menyebabkan masalah, seperti mual, muntah, diare, dan kerusakan ginjal.

  • Mengonsumsi Makanan Kaya akan Seng dan Magnesium

Selain seng, magnesium juga berperan penting dalam kesehatan seksual seorang pria dan dapat berperan dalam ejakulasi dini. Karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan seng dan magnesium dapat membantu menambah waktu yang kamu perlukan untuk mencapai klimak. 

Makanan yang kaya akan seng dan magnesium, antara lain tiram, biji labu, kedelai, yogurt, bayam, sereal gandum, kacang almond, kacang merah, buncis, daging sapi dan domba, coklat hitam, bawang putih, serta kacang polong.

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Libido Pria

  • Teknik Pause & Squeeze

Teknik pause & squeeze dapat membantu mengobati ejakulasi dini dengan cara membiarkan gairah berkurang sebelum klimaks. Jadi, ketika kamu sudah mulai merasakan akan ejakulasi, mintalah pasangan untuk berhenti dan langsung meremas kepala Mr. P selama beberapa detik sampai kamu tidak lagi merasa ingin mencapai klimaks. Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan. Pada akhirnya, kamu mungkin bisa menunda ejakulasi tanpa bantuan.

  • Teknik Berhenti dan Mulai (Stop-Start)

Teknik berhenti dan mulai ini juga dikenal sebagai kontrol orgasme yang dapat membantu menunda klimaks dengan cara menghentikan kesenangan. Jadi, ketika kamu merasa ingin ejakulasi, berhentilah melakukan aktivitas seksual sepenuhnya. Setelah kamu merasa kurang terangsang, perlahan-lahan mulailah melakukan aktivitas seksual lagi. Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan untuk membantu kamu mengontrol ejakulasi.

  • Latihan Dasar Panggul

Memperkuat otot-otot dasar panggul dapat berdampak besar pada berapa lama kamu dapat berejakulasi. Sebuah Kemajuan Terapi 2014 dalam studi urologi menemukan bahwa latihan otot dasar panggul dapat membantu pria yang mengalami masalah dengan ejakulasi dini seumur hidup dengan mengendalikan refleks ejakulasi dan meningkatkan waktu yang dibutuhkan bagi mereka untuk mencapai klimaks.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan latihan dasar panggul:

    • Pertama-tama, temukan dulu otot-otot dasar panggul kamu dengan cara menahan aliran urine di tengah-tengah proses buang air kecil atau mengencangkan otot-otot yang menghentikan kamu untuk buang gas.

    • Lalu, dalam posisi berbaring, kontraksikan otot-otot dasar panggul kamu selama 3 detik, kemudian rileks selama 3 detik. Lakukan hal ini setidaknya 10 kali berturut-turut. Ulangi setidaknya 3 kali sehari.

    • Kemudian, secara bertahap, kamu bisa menambah jumlah waktu untuk mengkontraksikan otot-otot dasar panggul kamu saat otot sudah menjadi lebih kuat. Coba juga melakukan latihan ini dengan posisi baru, seperti berdiri, berjalan, atau duduk. Jangan lupa bernapas dan ingat untuk fokus pada otot-otot dasar panggul. Hindari mengencangkan perut, paha, atau bokong. 

  • Masturbasi

Melakukan masturbasi satu atau dua jam sebelum berhubungan seksual juga dapat membantu menunda ejakulasi selama penetrasi. 

Baca juga: Awas, Ejakulasi Dini Tanda Mengidap Disfungsi Seksual

Nah, itulah cara-cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobati ejakulasi dini. Kamu juga bisa minta saran untuk mengobati ejakulasi dini pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Video Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dan minta saran kesehatan dari dokter kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline.  Diakses pada 2020. Best Home Remedies for Premature Ejaculation.