• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Tenggorokan, Ini Cara Cepat Mengobatinya

Sakit Tenggorokan, Ini Cara Cepat Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti pernah mengalami sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan biasanya muncul saat kamu terlalu sering minum es atau goreng-gorengan. Penyebab sakit tenggorokan sering disebabkan oleh bakteri yang mengontaminasi makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Tapi, kondisi ini juga bisa disebabkan infeksi virus, seperti pilek atau flu. Sakit tenggorokan biasanya terasa sakit, gatal atau iritasi pada tenggorokan dan sering memburuk saat menelan. Nah, kalau kamu tidak nyaman dan ingin segera mengobatinya, yuk coba cara-cara berikut. 

Baca juga: Sakit Tenggorokan Tetap Minum Es, Ini Pengaruhnya

Cara Cepat Mengatasi Sakit Tenggorokan

Melansir dari Healthline, berikut cara yang bisa dilakukan untuk atasi sakit tenggorokan, yaitu:

  1. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal. Garam bekerja mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang, sehingga membantu meringankan ketidaknyamanan. Cara untuk membuat larutan garam, mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam meja dengan 4 hingga 8 ons air hangat. Aduk sampai garam larut. Kemudian, berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi kumur garam beberapa kali setiap hari.

  1. Hisap Permen Pelega Tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan mengandung mentol, bahan yang mematikan jaringan di tenggorokan secara lembut. Permen ini bisa membantu kamu untuk mengurangi sensasi terbakar dan nyeri sementara. Permen pelega tenggorokan bekerja meningkatkan produksi air liur untuk membantu melumasi tenggorokan. 

  1. Coba Pereda Nyeri OTC

Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus. Namun, virus tidak dapat diobati dengan antibiotik, yang hanya ampuh membunuh bakteri. Nah, obat antiinflamasi nonsteroid OTC (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan. Obat ini juga bisa menghilangkan rasa sakit atau gatal.

Baca juga: 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kalau kamu butuh obat-obatan ini, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak usah repot pergi ke luar rumah dan mengantre di apotek, tinggal order pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Namun, kamu perlu ingat, jangan minum obat apa pun sebelum mendapat saran dari dokter ya. Untuk itu, hubungi dokter terlebih dahulu di aplikasi Halodoc.

  1. Teh Madu

Teh hangat yang dicampur dengan madu membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Teh juga membuat kamu tetap terhidrasi. Pertimbangkan untuk memilih teh hijau, yang punya sifat antibakteri, pereda nyeri, kaya antioksidan, dan membantu mengurangi peradangan.

  1. Tetap Terhidrasi

Perawatan terpenting dari sakit tenggorokan adalah tetap terhidrasi. Ketika kamu mengalami mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat memproduksi air liur dan lendir yang cukup untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini tentu bisa membuat pembengkakan dan peradangan bertambah buruk. Air putih adalah pilihan yang baik. Jika kamu butuh variasi, pilih teh hangat atau sup hangat. Hindari kafein dan alkohol yang dapat membuat tenggorokan justru lebih kering.

  1. Mandi Air Hangat

Coba dapatkan uap dari mandi air hangat untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan sakit tenggorokan. Tidak harus mandi air hangat, kamu juga dapat membuat uap dengan mengalirkan air yang sangat panas ke dalam bak cuci. Gantungkan handuk di atas kepala  dan condongkan ke wastafel untuk menghirup uapnya. Ambil napas dalam-dalam selama beberapa menit, dan ulangi seperlunya untuk meredakan sakit tenggorokan.

Baca juga: Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan, Benarkah?

Itulah tips-tips yang bisa dicoba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Selain tips di atas, sebaiknya kurangi atau hindari mengonsumsi makanan goreng-gorengan, es atau makanan dan minuman lain yang bisa mengiritasi tenggorokan. 

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. Help for Sore Throats.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sore throat.