Cara Hilangkan Kapalan di Kaki yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cara Hilangkan Kapalan di Kaki yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Kapalan adalah penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan berlebih pada kulit. Sebenarnya, kapalan muncul sebagai perlindungan kulit agar tidak terjadi luka dan lepuh ketika terjadi gesekan berlebih. Area kulit yang rentan mengalami kapalan adalah kaki, tumit, tangan, dan jari.

Baca Juga: Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Kapalan, Benarkah?

Penyebab kapalan bermacam-macam di antaranya akibat tekanan berulang pada suatu area tubuh, kulit kering, dan berkurangnya jaringan lemak pada kulit (banyak dialami lansia). Menggunakan sepatu yang tidak nyaman atau tidak mengenakan kaus kaki juga meningkatkan risiko terjadinya kapalan.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Kapalan?

Meski sering dianggap mengganggu penampilan, kapalan bukan termasuk masalah kesehatan yang serius. Jika disertai gejala fisik lain, seperti nyeri parah, ini penanganan yang bisa dilakukan:

  • Menghilangkan kulit yang mengeras dan menebal. Tujuannya untuk mengurangi tekanan atau gesekan pada jaringan di bawah kulit yang terkena kapalan. Hal ini dilakukan oleh dokter ahli kulit. Jangan memotong kulit berlebih sendiri, karena berisiko menambah rasa sakit dan memicu infeksi. Atau, kamu bisa menghilangkannya menggunakan kain lap, batu apung, papan amril, atau kikir kuku.
  • Rendam kaki di dalam air hangat. Cara ini berguna untuk melunakkan kapalan, sehingga pengidap lebih mudah menghilangkan kulit yang menebal dan mengeras.
  • Gunakan produk perawatan kaki untuk merawat kapalan. Misalnya, krim atau produk pelembap yang mengandung asam salisilat. Produk ini membantu kulit yang menebal menjadi lebih lembut, kulit mati terangkat, dan meratakan tekanan pada area kulit yang kapalan. Pengidap diabetes perlu berhati-hati dalam menggunakan produk ini karena berpotensi mengiritasi kulit dan memicu infeksi.
  • Gunakan sol sepatu khusus. Jika pengidap kapalan memiliki kelainan bentuk kaki, dokter akan memberikan sol khusus untuk ditambahkan ke sepatu agar kaki terhindar dari gesekan yang bisa memperparah kapalan.
  • Operasi. Tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki kelainan fisik tubuh, misalnya tulang, agar kembali normal dan tidak timbul kapalan.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Sederhana Usir Kapalan

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kapalan termasuk masalah kulit yang bisa dicegah, begini cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Hindari menggunakan kaos kaki lembap karena berpotensi menjadi sarang bakteri.
  • Perbaiki atau ganti alas kaki secara rutin.
  • Cuci kaki setelah bepergian dan lap hingga kering, lalu oleskan krim kaki.
  • Gunakan pelindung tangan dan kaki sesuai ukuran. Pasalnya, ukuran yang terlalu kecil bisa menimbulkan gesekan yang mempercepat tumbuhnya kapalan.
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi (high heels) dalam waktu lama, karena memberikan tekanan berlebih pada kaki. Pilih sepatu yang nyaman dengan ukuran pas sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Begini 4 Cara Mencegah Kapalan di Kaki

Itulah cara hilangkan kapalan di kaki yang perlu diketahui. Kalau kamu punya keluhan yang sama, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!