Cara Jaga Kesehatan Mata untuk Cegah dari Ulkus Kornea

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cara Jaga Kesehatan Mata untuk Cegah dari Ulkus Kornea

Halodoc, Jakarta - Kesehatan mata sangat penting untuk kamu jaga. Bagian tersebut termasuk vital untuk kelangsungan aktivitas sehari-hari. Mata kamu dapat mengalami banyak gangguan, baik disebabkan oleh infeksi, virus, hingga cedera. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada mata adalah ulkus kornea.

Ulkus kornea yang terjadi pada mata dapat menyebabkan rasa sakit, mata merah, dan penurunan fungsi penglihatan. Gangguan pada mata ini dapat disebabkan ketika kamu menggunakan lensa kontak, serta selalu gunakan pelindung mata apabila pekerjaan kamu dapat menyebabkan cedera mata. Selain itu, kamu juga harus senantiasa menjaga kesehatan mata kamu.

Baca juga: Pakai Lensa Kontak Terlalu Lama, Hati-Hati Kena Ulkus Kornea

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah sebuah luka yang menyebabkan peradangan pada kornea, serta struktur yang berada di bagian depan mata. Kornea akan menutupi iris, yang merupakan bagian berwarna pada mata. Ketika terjadi, ulkus kornea akan tampak seperti abu-abu ke putih buram. Bagian tersebut umumnya jernih dan transparan.

Beberapa ulkus kornea yang terjadi dapat tidak terlihat karena terlalu kecil. Maka dari itu, butuh alat pembesar dan pencahayaan yang memadai. Gangguan ini sebagian besar disebabkan oleh infeksi. Bakteri yang masuk ke mata kamu menyebabkan masalah pada kornea dan umumnya terjadi pada pemakai lensa kontak.

Untuk mencegah ulkus kornea terjadi pada mata kamu, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata kamu agar tidak mengalami peradangan pada kornea:

Jika kamu mengenakan lensa kontak, cobalah untuk cepat melepasnya. Selain itu, kamu juga harus rajin membersihkan alat bantu lihat tersebut dan menggantinya dengan yang baru berselang beberapa bulan.

  • Kompres dingin. Apabila mata mengalami rasa panas dan sakit yang tidak tertahankan, cobalah untuk mengompresnya. Kamu dapat memberikan kompres dengan air dingin dan melakukannya beberapa kali agar terasa lebih baik.

  • Hati-hati dalam menyentuh mata. Kamu tidak dapat menyentuh atau menggosok mata dengan jari. Karena mungkin saja kebersihan jari kamu tidak dapat dipastikan. Ada baiknya untuk mengistirahatkan mata jika terasa tidak nyaman.

  • Batasi penyebaran infeksi. Kamu dapat membatasi penyebaran dari bakteri penyebab infeksi. Hal tersebut dapat terjadi dengan cara rajin mencuci tangan sesering mungkin. Lalu, keringkanlah bekas air tersebut dengan handuk bersih.

  • Konsumsi penghilang rasa sakit. Apabila mata kamu terasa sangat sakit dan panas, kamu dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat tersebut, seperti acetaminophen atau ibuprofen dapat kamu dapatkan di aplikasi Halodoc yang bekerja sama dengan apotek di sekitar kamu.

Baca juga: Mata Kering Sebabkan Ulkus Kornea, Ini Alasannya

Pengobatan Ulkus Kornea yang Dapat Dilakukan

Cara yang paling penting untuk mengobati ulkus kornea adalah dengan langsung mengunjungi dokter kamu. Apabila tidak segera diatasi, gangguan pada mata tersebut dapat menyebabkan kehilangan penglihatan ringan hingga permanen. Apabila disebabkan oleh bakteri, dokter umumnya akan memberikan antibiotik.

Selain itu, lokasi dan ukuran dari radang tersebut akan menentukan pengobatan yang dilakukan. Kebanyakan dokter akan melihat gangguan pada kornea tersebut selama beberapa hari, tergantung dari keparahan kondisinya. Identifikasi dan pengobatan awal sangat penting untuk berkembang menjadi parah.

Baca juga: Ketahui Cara untuk Diagnosis Ulkus Kornea