Bekerja di Depan Komputer, Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Mata

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bekerja di Depan Komputer, Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Mata

Halodoc, Jakarta - Teknologi yang semakin berkembang membuat komputer dan ponsel menjadi dua benda yang tidak terpisahkan dengan segala aktivitas. Kini, bekerja harus menggunakan laptop atau komputer, bahkan hingga lebih dari 8 jam. Ditambah lagi kamu harus berpindah piranti menjadi ponsel ketika kamu sedang berpindah tempat.

Secara tidak langsung, aktivitas ini bisa memicu terjadinya mata lelah, yang berujung pada kerusakan mata. Ketika sedang berinteraksi dengan komputer, kedipan mata yang terjadi menjadi lebih berkurang frekuensinya. Padahal, dalam kondisi normal, seharusnya mata melakukan kedipan sebanyak 18 kali dalam satu menit.

Saat bekerja menggunakan laptop atau ponsel, kedipan menjadi berkurang hingga setengahnya, bahkan bisa jadi lebih sedikit lagi. Kondisi ini memicu terjadinya mata perih, kering, panas, dan terasa gatal. Tak jarang kamu menguceknya untuk mengurangi lelah meski sesaat. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata meski sering berinteraksi dengan komputer? Coba terapkan kebiasaan hidup sehat berikut ini.

Baca juga: Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

  • Lakukan Setelan Ulang pada Peranti Komputer

Oleh karena kamu tidak lagi bisa bekerja secara manual atau menghindari dari peranti satu ini, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat alat elektronik ini menjadi lebih bersahabat. Caranya, yaitu dengan melakukan setelan ulang. Setidaknya, kamu harus meletakkan benda ini sejauh 50 hingga 66 sentimeter dari mata. Jangan lupa, selalu rutin bersihkan segala debu dan bekas jari yang menempel di layar, karena ini bisa meningkatkan penggunaan cahaya.

Jika kamu menggunakan komputer pribadi atau personal computer, pilihlah layar atau monitor yang mampu berputar atau dimiringkan untuk disesuaikan dengan posisi dudukmu. Jika memungkinkan, pertimbangkan pula untuk menggunakan penyaring cahaya atau filter pada layar. Namun, jika kamu memakai laptop, kamu bisa mengurangi intensitas tinggi cahayanya.

Baca juga: 5 Trik Atasi Masalah Mata Kering Akibat Laptop

  • Perbarui Pula Lingkungan Tempatmu Bekerja

Tidak hanya perangkatnya, lingkungan tempat kamu bekerja pun perlu perubahan dan penyesuaian. Ini supaya kamu bisa bekerja dengan nyaman dan lebih produktif setiap harinya. Bagaimana caranya? Pencahayaan di ruangan sebaiknya dibuat tidak terlalu terang, tidak pula minim cahaya. Selanjutnya, pilih kursi kerja yang memiliki pengaturan tinggi rendah.

  • Mata Juga Perlu Istirahat

Bekerja memang menjadi kewajiban kamu, tetapi jangan lupa, mata juga perlu istirahat supaya bisa tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, coba biasakan tips hidup sehat dan cara menjaga kesehatan mata ini, yaitu lihatlah objek lain setiap 20 menit sekali. Jarak objek minimal 20 meter jauhnya dari mata, dan hitung selama 20 detik. Lakukan ini selama kamu bekerja agar mata beristirahat dari paparan cahaya komputer.

Baca juga: Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini!

  • Mata Juga Perlu Dijaga Kesehatannya

Selepas bekerja dan sebelum kamu pergi tidur, sempatkan untuk mengompres mata dengan tisu basah atau handuk hangat. Perhatikan, jangan gunakan tisu basah beralkohol atau beraroma. Kamu juga bisa membawa obat tetes mata dan menggunakannya setiap kali mata terasa kering. Jika dibutuhkan, kamu bisa memasang penyaring udara untuk meningkatkan kelembapannya.

Itu tadi beberapa kebiasaan hidup sehat dan cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu coba jika kamu dituntut untuk selalu menggunakan komputer dalam bekerja. Jangan abaikan, mata juga perlu dirawat dan dijaga, karena kerusakan mata bisa membuat kerja tidak optimal. Jika kamu mengalami masalah pada mata tetapi dokter langganan berlokasi jauh dari tempatmu, kamu bisa langsung membuat janji temu di rumah sakit terdekat di sini. Atau, pakai aplikasi Halodoc, kamu bisa download langsung di ponselmu.