07 December 2017

Cara Mengatasi Alergi Makanan Saat Liburan

Cara Mengatasi Alergi Makanan Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Kamu alergi terhadap makanan tertentu? Alergi terkadang membuatmu tidak leluasa  memilih makanan, sehingga liburan pun menjadi kurang nyaman. Tapi jangan jadikan alergi penghalang bagi kamu untuk menikmati liburan. Berikut cara-cara mengatasi alergi yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu bisa tetap nyaman saat liburan, tanpa harus khawatir dengan alergi.

Untuk bisa melakukan tindakan pencegahan, pastinya kamu perlu mengetahui dulu jenis-jenis makanan apa saja yang bisa memicu timbulnya alergi pada tubuhmu. Sebenarnya semua makanan bisa menjadi penyebab timbulnya alergi. Namun umumnya, kebanyakan orang memiliki alergi terhadap jenis-jenis makanan ini yaitu, kacang-kacangan, udang, ikan, lobster, dan kepiting.

Untuk mengetahui jenis makanan apa yang menyebabkan kamu alergi, kamu dapat mulai memerhatikan reaksi tubuh yang muncul setiap kali habis mengonsumsi suatu jenis makanan tertentu, terutama makanan laut. Jika setelah makan makanan tertentu, muncul gejala-gejala seperti kulit menjadi merah-merah dan terasa gatal, kesemutan, rongga mulut juga terasa gatal, dan kamu jadi sulit menelan, itu tandanya kamu alergi terhadap makanan tersebut.

Kamu juga bisa mendiagnosis alergi makanan dengan cara memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan menanyakan terlebih dahulu gejala yang kamu alami dan riwayat kesehatanmu. Baru setelah itu, kamu akan diperiksa lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar antibodi alergi atau immunoglobulin di dalam aliran darah.

Setelah mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan kamu alergi, kamu bisa melakukan cara-cara berikut agar bisa berlibur dengan aman dan nyaman:

1. Menghindari Makanan Penyebab Alergi

Kamu bisa menanyakan kepada pelayan atau chef restoran yang kamu kunjungi, bahan-bahan makanan apa saja yang terkandung dalam menu yang ingin kamu pesan. Saat membeli makanan di supermarket pun, periksa label bahan-bahan pembuat makanan yang tertera dengan seksama. Hal ini bertujuan agar kamu dapat benar-benar terhindar dari makanan yang menjadi penyebab munculnya alergi pada tubuhmu.

2. Kenakan Gelang Pengidap Alergi

Jangan malu untuk mengenakan gelang yang memuat informasi bahwa kamu mengidap alergi makanan. Hal ini agar orang-orang di sekeliling tahu, terutama penjual makanan, agar tidak memberi makanan yang kamu alergi.

3. Membawa Obat Alergi

Sebenarnya obat alergi hanya dapat meredakan reaksi alergi yang muncul pada tubuh, tapi tidak dapat mengobati penyakitnya. Karena itu, kamu tetap disarankan untuk mengindari makanan pemicu alergi. Ada dua jenis obat alergi yang umum digunakan, yaitu obat-obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi yang tidak terlalu parah, dan obat yang mengandung adrenalin untuk mengatasi reaksi alergi yang sangat parah. Obat adrenalin digunakan dengan cara disuntikkan ke tubuh. Kamu sebaiknya membicarakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat alergi.

4. Beritahu Teman Seperjalanan

Sebaiknya pengidap alergi makanan tidak melakukan solo traveling atau pergi berlibur sendirian. Ajaklah beberapa orang teman untuk pergi bersamamu dan beritahu mereka tentang alergi makanan yang kamu miliki, sehingga mereka dapat membantumu jika sewaktu-waktu alergimu muncul.

5. Cari Tahu Rumah Sakit Terdekat

Sebelum bepergian, cari tahu lokasi rumah sakit terdekat di daerah liburan yang kamu kunjungi. Kalau perlu, catat nomor telepon darurat yang dapat dihubungi. Jika kamu mengalami gejala anafilaksis atau reaksi alergi parah dan kamu mulai kesulitan bernapas, segera pergi ke rumah sakit. Reaksi alergi yang parah jika tidak secepatnya ditangani, maka dapat membahayakan keselamatan pengidapnya.

Sebelum pergi berlibur, kamu bisa meminta saran kesehatan terkait alergi makanan yang kamu miliki kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call untuk membicarakan masalah kesehatanmu kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli berbagai produk kesehatan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.