16 May 2018

Cara Mudah Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa

Cara Mudah Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Seharusnya, puasa bisa menjadi waktu paling baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Namun, tak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Padahal, saat puasa, kamu hanya punya dua waktu makan, yaitu saat sahur dan berbuka. Lantas, mengapa berat badan justru meningkat?

Memang, kamu hanya makan sebanyak dua kali saat puasa. Namun, porsi makan yang cenderung berlebihan inilah yang menyebabkan berat badan kamu naik. Terlebih lagi kalau kamu langsung kembali tidur setelah makan sahur. Lalu, bagaimana cara menjaga berat badan saat puasa?

Penyebab Naiknya Berat Badan Saat Bulan Puasa

Tak hanya porsi makanan yang tidak seimbang, hal-hal berikut ini juga bisa menyebabkan berat badan naik selama bulan puasa:

Kurangnya Aktivitas Fisik

Sebelumnya, kamu perlu tahu, naiknya berat badan terjadi jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu lebih besar dibandingkan dengan jumlah yang kamu gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, jumlah kalori yang masuk dan keluar tubuh juga harus seimbang.

Saat puasa, kamu memang akan merasa lebih malas untuk beraktivitas dengan alasan menghemat energi. Belum lagi kalau kamu merasa mengantuk pada siang hari yang membuat jam tidur pun bertambah. Ini membuat asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh saat makan sahur tidak terolah dengan baik. Pada akhirnya, kalori yang berlebih tadi akan tersimpan dalam tubuh. Inilah yang membuat berat badan kamu naik.

(Baca juga: 5 Makanan yang Dihindari Saat Puasa)

Tidur Lagi Setelah Makan Sahur

Tidur lagi setelah makan sahur sebenarnya tidak masalah. Namun, akan lebih baik kalau kamu memberikan jeda waktu, karena makanan yang masuk dalam tubuh saat sahur belum selesai dicerna. Sebaiknya, kamu tidur kembali dua jam setelah makan sahur, atau isi waktu dengan berolahraga ringan agar tubuh terhindar dari obesitas.

Kurang Tidur

Penyebab berat badan naik selama bulan puasa lainnya adalah kurang tidur. Banyak studi yang mengungkapkan bahwa kurang tidur bisa membuat tubuh lebih mudah gemuk, karena kamu akan ngemil untuk mengurangi rasa kantuk dan memperbaiki suasana hati. Hal ini disebabkan karena hormon leptin—yang mengontrol nafsu makan dan metabolisme tubuh—terlalu berlebihan.

Mencegah Berat Badan Naik Selama Bulan Puasa

Nah, supaya berat badan kamu tidak naik selama bulan puasa, kamu bisa melakukan cara berikut ini:

Melakukan Aktivitas Fisik

Cara menjaga berat badan saat puasa pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan banyak melakukan aktivitas fisik. Lakukan olahraga ringan setelah makan sahur atau sebelum berbuka. Tak harus olahraga berat, bersepeda, jogging, atau berjalan kaki selama 30 menit saja sudah cukup untuk menjaga kestabilan berat badan sekaligus kesehatan tubuh kamu.

(Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa)

Menjaga Pola Makan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Selama bulan puasa, berbuka adalah saat yang paling ditunggu. Kamu pasti sudah merencanakan menu berbuka dan santap malam. Biasanya, minuman manis dan gorengan menjadi menu andalan yang paling banyak dicari. Belum lagi dengan aneka makanan berat yang menanti.

Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini justru membuat berat badan kamu lebih cepat naik. Aneka camilan manis bisa membuat asupan kalori dalam tubuh meningkat drastis, apalagi jika ditambah dengan makan malam yang terbilang berat. Inilah mengapa kamu perlu mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Supaya lebih mudah, kamu bisa melakukan tips berikut:

  • Sebaiknya, kurangi makan gorengan saat berbuka, karena makanan satu ini menyumbang kalori yang sangat banyak.
  • Awali berbuka dengan camilan manis secukupnya untuk mengganti energi tubuh yang hilang selama puasa.
  • Saat sahur dan berbuka, utamakan makan makanan yang mengandung karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks. Jangan lupa juga makanan sumber protein, serat, serta mineral dan vitamin.
  • Tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak mudah terkena dehidrasi. Hindari terlalu banyak asupan kafein dan garam.

 

Itulah tadi cara menjaga berat badan saat puasa yang bisa kamu terapkan supaya terhindar dari obesitas selama bulan puasa. Supaya puasa makin lancar, jangan lupa konsumsi vitamin, ya. Kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc tanpa perlu repot keluar rumah. Yuk, segera download aplikasi Halodoc!