Cegah Diare Kronis dengan Menjaga Pola Makan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cegah Diare Kronis dengan Menjaga Pola Makan

Halodoc, Jakarta – Diare adalah jenis penyakit yang mudah menyerang siapa saja karena banyak faktor pemicunya di sekitar kita. Bakteri yang menempel dalam makanan dan tangan yang kotor menjadi faktor pemicu utamanya. Diare dapat diobati dengan mengatur pola makan, menjaga kebersihan, serta perbanyak asupan cairan saja. Walaupun terlihat sederhana, pengidap diare harus tetap disiplin sampai diare benar-benar mereda. Jika kamu mengonsumsi makanan tertentu yang mengganggu sistem pencernaan selama diare bisa mengembangkan penyakitnya menjadi kronis.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Cegah Diare Kronis dengan 4 Cara Ini

Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diare

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk pengidap diare. Berikut ini daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap diare, yaitu:

1. Buah-Buahan

Buah-buahan seperti pisang dan apel masih aman dikonsumsi untuk pengidap diare. Pisang adalah jenis buah yang bertekstur lembut, sehingga mudah dicerna saat kondisi diare. Tingginya kadar kalium dalam pisang membantu menggantikan elektrolit yang telah banyak terkuras akibat diare. Pisang dan apel juga kaya akan pektin, yaitu serat larut yang menyerap cairan di usus dan membantu memperlambat diare.

2. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran seperti wortel, kacang hijau, bit, biji labu, dan zucchini telah dimasak juga baik dikonsumsi oleh pengidap diare. Hindari konsumsi brokoli, kembang kol, paprika, kacang polong, sayuran berdaun hijau, dan jagung, saat mengalami diare. Jenis sayuran tersebut cenderung menyebabkan gas.

3. Biji-Bijian

Oat memiliki serat larut yang bekerja memadatkan tinja tinja. Hindari mencampurkan oat dengan  gula, madu, sirup, atau produk susu selama mengalami diare. Kamu bisa menggantinya dengan irisan pisang untuk menambahkan kalium ekstra. Selain oat, nasi putih juga bersifat mudah dicerna dan diikat yang berarti nasi juga baik dikonsumsi pengidap diare.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Diare Kronis dengan Diare Akut

4. Kaldu Ayam

Kaldu ayam membantu menggantikan cairan dan natrium yang hilang akibat serangan diare. Ini karena, hasil rebusan merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling mudah dicerna.  Kaldu ayam bisa dicampurkan dengan sayur-sayuran untuk dijadikan sup. Ini bisa menjadi menu yang tepat selama kamu mengalami diare

Makanan yang Perlu Dihindari oleh Pengidap Diare

Mengetahui apa yang perlu dihindari saat mengalami diare juga penting. Salah mengonsumsi makanan justru dapat memperburuk pencernaan, sehingga berisiko sebabkan diare kronis. Berikut makanan yang perlu dihindari pengidap diare, yaitu:

1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak tentu akan lebih sulit dicerna oleh tubuh kita. Apalagi jika kamu sedang mengalami diare. Hindari makanan yang digoreng, berminyak, atau dibakar jika kamu tidak ingin diare menjadi lebih buruk.

2. Produk Olahan Susu

Susu, mentega, es krim, dan keju mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan tersebut selama mengalami diare. Yoghurt menjadi satu-satunya produk olahan susu yang masih boleh dikonsumsi. Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu menyeimbangkan kembali flora usus dan dapat mempersingkat durasi serangan diare.

3. Alkohol dan Minuman Bersoda

Alkohol dan soda harus dihindari karena dapat memperparah dehidrasi akibat diare. Alkohol memiliki diuretik dan soda mengandung fruktosa tinggi. Diuretik bisa memperparah dehidrasi sedangkan fruktosa dalam jumlah besar dapat  menyebabkan gas, kembung, atau diare.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Diare Kronis dapat Mengancam Nyawa?

Itulah makanan yang dianjurkan dan dipantang saat kamu mengalami diare. Jangan lupa untuk banyak minum cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kalau butuh obat diare, belinya lewat aplikasi Halodoc aja! Tidak perlu repot pergi ke apotek, tinggal klik Buy Medicine di Halodoc, pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam!

Referensi:
Healthline (2019). What to Eat When You Have Diarrhea.
Verywell Health (2019).What to Eat When You Have Diarrhea.
Everyday Health (2019). What to Eat and What to Avoid When You Have Diarrhea.