• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Sinusitis Kronis dengan 9 Cara Ini

Cegah Sinusitis Kronis dengan 9 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cegah Sinusitis Kronis dengan 9 Cara Ini

“Penyakit sinusitis kronis bisa terjadi jika seseorang tidak menjaga kebersihan dan kelembaban rongga hidung. Namun kondisi ini bisa dicegah jika seseorang selalu menjaga kelembapan udara di sekitarnya hingga berhenti merokok. Saat terkena sinusitis kronis, pengidap perlu menjalani gaya hidup yang aman untuk kesehatan hidung.”


Halodoc, Jakarta - Jika kamu tidak menjaga kebersihan serta kelembapan rongga hidung, kamu mungkin saja akan mengalami masalah kesehatan seperti sinusitis kronis. Penyakit satu ini akan terjadi dengan menimbulkan gejala yang tidak nyaman, seperti saluran hidung (sinus) yang membengkak dan meradang selama beberapa minggu. Pembengkakan dan peradangan yang muncul merupakan akibat dari menumpuknya lendir pada saluran napas.

 

Pada kasus yang jarang terjadi, gejala yang dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi berupa peradangan pada selaput otak, serta infeksi pada tulang dan kulit. Sebelum gejala muncul dan bertambah parah, kamu dapat melakukan beberapa langkah pencegahan dibawah ini.

 

Baca juga: Gejala Awal Sinusitis yang Sering Disalahartikan

 

Cegah Sinusitis Kronis dengan Beberapa Cara Berikut Ini

 

Sinusitis kronis menjadi penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan jaringan dalam saluran hidung (sinus) karena adanya infeksi. Meskipun penyakit ini lebih sering dialami oleh orang dewasa, tidak menutup kemungkinan anak-anak mengidap penyakit ini.

 

Cara untuk mencegah terjadinya sinusitis kronis yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

 

1. Batasi Kontak dengan Orang yang Sakit

Selain membatasi kontak dengan orang yang tengah sakit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik, terutama sebelum makan dan setelah dari toilet.

 

2. Jaga Kelembapan Hidung

Kamu dapat menjaga kelembapan hidung dengan membasuhnya menggunakan air garam. Air garam dapat membantu menjaga kelembapan alami hidung.

 

3. Jaga Sirkulasi Udara

Usahakan agar sirkulasi udara dalam rumah terjaga dengan baik. Pasalnya, udara yang panas dapat menghilangkan kelembapan hidung dan membuat lendir menjadi tersumbat. 

 

4. Minum Banyak Air Putih

Kamu bisa menjaga kelembapan alami hidung dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas air putih per hari. Selain itu, kamu dapat mengonsumsi jus buah untuk melumasi tenggorokan dan menjaga lendir agar tidak menyumbat. Jangan lupa untuk menghindari alkohol dan kafein, karena keduanya akan cepat membuat kamu dehidrasi.

 

Baca juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi?

 

5. Cukup Waktu Istirahat

Lakukan istirahat dengan cukup, terutama tidur. Setidaknya, tidurlah selama delapan jam setiap harinya. Tidur dengan posisi berbaring miring dengan bantal baik untuk dilakukan, supaya kamu dapat bernapas dengan lebih mudah.

 

6. Hindari Paparan Zat Kimia Berbahaya

Paparan zat kimia berbahaya menjadi salah satu pemicu terjadinya sinusitis kronis. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, coba untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari zat kimia berbahaya yang ada di udara.

 

7. Berhenti Merokok

Paparan zat kimia yang terdapat dalam rokok merupakan zat kimia yang kuat. Jika terus-menerus terpapar zat ini, saluran hidung akan teriritasi dan membuatmu kesulitan bernapas.

 

8. Waspadai Suhu yang Berubah

Seseorang dengan faktor risiko sinusitis kronis akan merasakan sakit di sekitar kepala dan area hidung ketika terjadi perubahan yang ekstrem pada tekanan suhu. Cara untuk mencegah terjadinya sinusitis kronis, sebaiknya cari tahu dulu suhu daerah-daerah yang hendak kamu tuju, ya!

 

9. Konsumsi Penghilang Rasa Sakit

Jika kamu menemukan gejalanya, kamu bisa mengonsumsi penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek untuk meredakan gejalanya. Jika obat dirasa tidak mampu menyembuhkan gejala, silahkan diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk mengetahui penanganan selanjutnya, ya!

 

Baca juga: 15 Tips Agar Sinusitis Tak Mudah Kambuh

 

Gaya Hidup Pengidap Sinusitis Kronis

 

Bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki sinusitis kronis, perlu untuk menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter. Di sisi lain, pengidap juga perlu menjalani perawatan rumahan untuk mempercepat proses penyembuhan.

 

Berikut ini beberapa gaya hidup yang perlu dijalani saat sinusitis kronis berlangsung:

 

  • Istirahat. Penting untuk beristirahat secukupnya untuk membantu tubuh melawan peradangan dan mempercepat pemulihan.
  • Banyak Minum Air Putih. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga penting. Hal ini membantu melancarkan aliran lendir di dalam hidung. Penting juga untuk menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol. Tidak hanya membuatnya semakin parah, hal ini juga menyebabkan dehidrasi.
  • Melembapkan Rongga Sinus. Kamu bisa membuat rongga sinus lebih lembap dengan cara uap. Caranya mudah, yaitu siapkan wadah berisi air panas atau hangat dan duduklah menghadap wadah tersebut dan pastikan uap tertuju ke wajah. Mandi air hangat juga membantu mengurangi rasa sakit dan mengalirkan lendir.
  • Mengompres Wajah dengan Air Hangat. Hal ini bertujuan untuk meringankan nyeri pada wajah.
  • Perbaiki Posisi Tidur. Tidur dengan posisi kepala terangkat adalah langkah yang tepat membantu sinus mengeluarkan cairan dan mencegah penyumbatan.

Segera diskusikan dengan dokter jika kamu menemukan gejalanya, supaya penanganan dapat segera dilakukan. Gejala dapat berupa adanya cairan kental dari hidung, hidung tersumbat, kesulitan bernapas, berkurangnya indra penciuman dan pengecap, serta bengkak pada area sekitar mata, hidung, pipi, dan kening. Untuk mencegah sinusitis kronis, ikuti langkah-langkah tersebut, ya!

Referensi:
Healthy Essentials (Diakses pada 2019). 10 Tips on How to Treat and Prevent Sinus Infections
Harvard Health Publishing (Diakses pada 2019). What to Do About Sinusitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Chronic Sinusitis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Chronic Sinusitis.