• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Seputar Vitamin dan Suplemen untuk Anjing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Seputar Vitamin dan Suplemen untuk Anjing

Fakta Seputar Vitamin dan Suplemen untuk Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 21 Desember 2020
Fakta Seputar Vitamin dan Suplemen untuk Anjing

Halodoc, Jakarta - Sama halnya dengan vitamin manusia, vitamin untuk anjing juga dapat diberikan guna menunjang kesehatan tubuh peliharaan. Pertanyaannya, apakah anjing benar-benar memerlukan vitamin? Kandungan apa yang cocok diberikan untuk anjing? Sebelum memutuskan untuk memberikan vitamin untuk anjing, sebaiknya kamu baca terlebih dulu penjelasan berikut ini.

Baca juga: Road Trip dengan Anjing Kesayangan, Persiapkan 4 Hal Ini

Beragam Vitamin untuk Anjing

Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan untuk menunjang kehidupan. Sebagian besar kandungannya ditemukan secara alami dalam makanan. Berikut ini sejumlah vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh manusia dan hewan:

1.Vitamin A

Vitamin A bertanggung jawab atas penglihatan. Vitamin yang larut dalam lemak ini juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan, perkembangan janin, fungsi kekebalan, serta fungsi sel. 

2.Vitamin B

Vitamin B merupakan kelompok vitamin berperan penting dalam kesehatan anjing. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Kandungan tiamin dapat membantu mengatur energi, metabolisme karbohidrat, serta mengaktifkan saluran ion di jaringan saraf.
  • Kandungan riboflavin, B12, dan niasin dapat membantu memfasilitasi fungsi enzim.
  • Kandungan vitamin B6 bertanggung jawab dalam pembentukan glukosa, sel darah merah dan fungsi sistem saraf, regulasi hormon, respon imun, sintesis niacin, serta aktivasi gen.
  • Kandungan asam pantotenat dapat membantu metabolisme energi.
  • Kandungan asam folat berperan dalam metabolisme asam amino dan nukleotida serta sintesis protein mitokondria.


3.Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan penting. Bukan hanya bagi manusia saja, anjing pun memerlukan vitamin ini. Vitamin ini dapat menangkal radikal bebas yang berpotensi membahayakan tubuh. Bukan itu saja, vitamin C efektif dalam mengurangi peradangan dan penuaan kognitif. Sebenarnya, tanpa suplemen multivitamin C tambahan, anjing dapat mensintesis vitamin C dalam livernya.

4.Vitamin D

Vitamin D memungkinkan tubuh anjing menyeimbangkan mineral, seperti fosfor dan kalsium untuk menunjang pertumbuhan tulang yang sehat. Tanpa vitamin D yang mumpuni, anjing tidak akan dapat berkembang dengan baik serta menjaga kesehatan otot dan tulangnya.

Baca juga: Inilah 4 Tips Memotong Kuku Anjing Kesayangan

5.Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu cara mempertahankan kesehatan tubuh anjing dari kerusakan oksidatif. Vitamin ini larut dalam lemak, sehingga sangat baik menunjang fungsi sel dan metabolisme lemak. Vitamin E memiliki kekurangan, yaitu dapat memicu degenerasi mata dan otot serta masalah reproduksi.

6.Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak, dan memiliki peran penting dalam mencegah penggumpalan darah. Jika anjing tidak sengaja memakan tikus atau menelan racun tikus, hal tersebut dapat menghambat kemampuan anjing untuk mengolah vitamin K dalam tubuhnya. Jika dibiarkan, anjing bisa saja mengalami pendarahan, bahkan kematian.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing Peliharaan

Itulah sejumlah fakta menarik tentang vitamin untuk anjing, dan kandungan vitamin yang baik diberikan untuk anak berbulu. Sebelum memutuskan untuk memberikannya, kamu bisa mendiskusikan hal tersebut dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya. Jangan asal memberikan vitamin manusia, karena dapat berdampak pada kesehatan hewan peliharaan.

Referensi:
Fetch by WebMD. Diakses pada 2020. Dog Vitamins and Supplements: Get the Facts.
Nap.edu. Diakses pada 2020. YOUR DOG’S NUTRITIONAL NEEDS.
Akc.org. Diakses pada 2020. 7 Vitamins Your Dog Needs for a Healthy Life.
PetMD. Diakses pada 2020. Common Dog Vitamins and Supplements: Things to Consider.