Jangan Disepelekan, Folikulitis Bisa Sebabkan Kebotakan Permanen

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Folikulitis, kebotakan permanen

Halodoc, Jakarta - Meskipun folikulitis bukan penyakit yang berbahaya, penyakit ini tidak bisa disepelekan. Pada pengidap folikulitis, kondisi ini akan menyebabkan sensasi gatal, nyeri, dan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Dalam kasus folikulitis yang parah, bisa menyebabkan kerontokan atau bekas luka pada kulit. Nah, apakah folikulitis juga bisa sebabkan kebotakan permanen?

Baca juga: Bikin Enggak Nyaman, Ini 4 Cara Atasi Folikulitis

Folikulitis, Peradangan karena Infeksi Bakteri

Folikulitis merupakan peradangan pada folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Folikulitis biasanya akan menyebabkan rasa gatal dan perih, tetapi penyakit ini umumnya tidak membahayakan. Meski begitu, folikulitis yang sudah dalam tahap parah bisa menyebabkan kebotakan permanen.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Folikulitis

Gejala umum dari folikulitis, yaitu sensasi rasa nyeri, gatal, perih, kemerahan atau peradangan pada kulit, dan benjolan-benjolan merah atau jerawat dengan rambut di tengahnya. Benjolan ini bisa saja pecah dan mengeluarkan nanah atau darah. Selain beberapa hal tersebut, gejala yang bisa saja dialami pada pengidap folikulitis adalah benjolan yang membesar karena bengkak, kulit merasakan sensasi terbakar, serta lepuhan nanah yang nantinya akan pecah dan ditutupi dengan lapisan keras.

Penyebab dari Folikulitis

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut. Bakteri ini terdapat di permukaan kulit dan tidak mengganggu kesehatan. Nah, jika bakteri ini masuk ke dalam folikel rambut akibat permukaan yang rusak, masalah kesehatan baru akan muncul. Selain bakteri, folikulitis juga bisa disebabkan oleh virus dan jamur. Penyakit ini bisa menyerang seseorang di segala usia.

Beberapa faktor yang bisa jadi pemicu terjadinya folikulitis pada seseorang, yaitu memiliki jerawat atau radang pada kulit, mengidap penyakit yang menurunkan kekebalan tubuh, berendam dalam bak air panas yang tidak bersih, mengidap kerusakan lapisan kulit akibat mencukur atau waxing rambut, serta gesekan dengan pakaian yang ketat.

Baca juga: Muncul Benjolan Merah di Kepala, Waspada Folikulitis

Folikulitis Bisa Sebabkan Kebotakan Permanen

Kebotakan permanen merupakan salah satu komplikasi yang bisa terjadi akibat peradangan ini. Beberapa komplikasi lainnya yang mungkin saja terjadi, yaitu terbentuknya bisul pada permukaan kulit, infeksi yang akan menyebar, dan kerusakan kulit permanen berupa luka atau menghitamnya kulit.

Enggak Mau Mengidap Folikulitis, Begini Pencegahannya

Folikulitis sering terjadi karena mencukur, karenanya berhati-hatilah saat bercukur. Kamu bisa menggunakan krim, sabun, atau gel sebagai pelicin agar kulit tidak terluka. Selain itu, jangan berbagi alat cukur dengan orang lain. Folikulitis bisa dicegah dengan menjaga kebersihan dan kelembapan kulit. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini adalah hindari berbagi peralatan pribadi, jaga kebersihan tubuh dengan sabun yang lembut, hindari menggaruk benjolan, dan hindari produk yang menyebabkan kulit berminyak. Minyak dapat menyumbat pori-pori dengan bakteri dan menyebabkan folikulitis.

Baca juga: Penyebab Munculnya Benjolan Merah Bernanah di Kepala

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!