Ganggu Hubungan Suami-Istri, Bisakah Ejakulasi Dini Disembuhkan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ganggu Hubungan Suami-Istri, Bisakah Ejakulasi Dini Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta - Ejakulasi dini adalah masalah seksual pria yang cukup terjadi. Hal ini dapat terjadi karena berbagai hal. Mulai dari masalah psikologi, hingga kondisi medis tertentu. Saking umumnya, ada banyak sekali iklan, pengobatan alternatif, hingga obat-obatan yang mengklaim bisa mengatasi ejakulasi dini. Namun, benarkah kondisi ini bisa disembuhkan?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa seorang pria dewasa sehat rata-rata akan mengeluarkan air mani setelah kurang lebih 5 menit dari rangsangan seksual pertama, atau setelah penetrasi selama hubungan intim. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ejakulasi dini adalah kondisi yang terjadi saat pria mengeluarkan cairan ejakulasi di luar kontrolnya saat ia belum merasa siap untuk ejakulasi.

Penting untuk diingat bahwa kecepatan waktu ejakulasi bisa berbeda antara satu pria dengan lainnya (atau bahkan pada pria yang sama di waktu dan kesempatan yang berbeda), tapi diagnosis klinis impotensi biasanya dilakukan jika rata-rata ejakulasi terjadi kurang dari 1-2 menit setelah penetrasi.

Baca juga: Ejakulasi Dini, Masalah Kesehatan atau Emosional?

Ketahui Dahulu Penyebabnya

Ada banyak penyebab ejakulasi dini, termasuk masalah kesehatan prostat, penggunaan obat resep, hingga beberapa kondisi medis, seperti diabetes dan stres kronis atau depresi. Kondisi medis bukan satu-satunya penyebab impotensi. Nyatanya, ejakulasi dini alias impotensi adalah kondisi seksual yang jauh lebih umum daripada yang kita pikirkan.

Selain itu, beberapa pria sangat sensitif sehingga cenderung lebih mudah bergairah. Terlalu bersemangat atau bergairah memikirkan hubungan intim juga dapat menyebabkan ejakulasi dini. Faktor-faktor psikologis itulah yang diduga dapat memengaruhi pria yang sebelumnya bahkan memiliki ejakulasi normal menjadi mengalami disfungsi seksual.

Intinya, sulit untuk menentukan akar penyebab ejakulasi dini. Sebab, ada beberapa kemungkinan yang terjadi, mulai dari faktor psikologis, masalah struktur Mr P, atau justru kombinasi keduanya. Ejakulasi dini dapat melibatkan interaksi yang rumit dari faktor psikologis dan biologis.

Baca juga: Pria Harus Tahu, ini Mitos dan Fakta Ejakulasi Dini

Adakah Cara untuk Mengatasinya?

Dalam banyak kasus, ejakulasi dini sebetulnya bisa sembuh dengan seiring berjalannya waktu. Namun biasanya, cara mengatasi ejakulasi dini akan tergantung dari penyebabnya. Jika ejakulasi dini dialami sebagai dampak dari penyakit, pengobatan ejakulasi terbaiknya adalah dengan mengobati penyakitnya terlebih dahulu.

Selain mencoba pengobatan berupa obat-obatan khusus yang diresepkan dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan rumahan, yaitu:

1. Masturbasi

Masturbasi lebih awal merupakan salah satu cara alami mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Latih masturbasi dengan berbagai variasi teknik yang dapat mengalihkan pikiran untuk tidak cepat-cepat berejakulasi. Caranya, alihkan pikiran dari rangsangan yang ada, lalu lakukan tarikan napas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran begitu merasa air mani mulai keluar.

2. Senam Kegel

Latihan senam kegel bisa dilakukan sebagai cara mengatasi ejakulasi tanpa obat. Senam kegel bisa membuat ejakulasi bertahan lebih lama berkat perbaikan aliran darah di daerah Mr P. Perlu diketahui bahwa, senam ini tujuannya memperkuat otot penis, serta melatih menunda orgasme di waktu yang tidak diinginkan. Latihan ini juga dapat membantu mengontrol kemampuan diri ketika akan orgasme, dan memberikan stamina yang lebih besar ketika berhubungan intim.

Pada awalnya, teknik senam ini memang diperuntukan bagi wanita setelah melahirkan, guna mengencangkan otot-otot Miss V seperti semula. Namun ternyata, tidak hanya wanita saja yang merasakan manfaatnya, pria pun demikian. Senam ini berguna untuk memfokuskan gerakan pada otot panggul (pubococcygeus) agar terasa kencang.

Baca juga: Ejakulasi Dini Tetap Bisa Sebabkan Kehamilan, Benarkah?

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Pada kasus ejakulasi dini yang bukan disebabkan oleh penyakit tertentu, menghentikan atau mengurangi konsumsi alkohol, tembakau dan menerapkan gaya hidup sehat, dapat memperbaiki ejakulasi yang terlalu cepat. Makan juga makanan afrodisiak yang bisa meningkatkan stamina seperti teh hijau, coklat dan ginseng yang bisa membuat aliran darah ke Mr P menjadi lancar.

Itulah sedikit penjelasan tentang ejakulasi dini. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!