Gatal pada Kulit? Obati dengan Susu dan Madu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
gatal-pada-kulit-obati-dengan-susu-dan-madu-halodoc

Halodoc, Jakarta – Rasanya hampir semua orang pasti pernah mengalami gatal pada kulit. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisi kulit yang kering, digigit serangga, sampai reaksi alergi. Kebanyakan orang biasanya akan langsung menggaruk kulit yang terasa gatal. Namun tahukah kamu, kulit yang gatal sebaiknya jangan digaruk, karena akan membuat kulit menjadi iritasi, bahkan menyebabkan luka. Daripada menggaruk, kamu bisa mengatasi gatal pada kulit dengan cara-cara alami. Salah satunya adalah dengan mengolesi kulit dengan susu dan madu. Yuk, ketahui manfaat kedua bahan tersebut untuk kulit gatal di sini.

Penyebab Kulit Gatal

Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan gatal pada kulit, di antaranya:

  • Kulit Kering

Bila gatal pada kulit tidak disertai dengan ruam kemerahan atau perubahan dramatis lainnya pada area yang gatal, berarti kulit kering (xerosis) adalah penyebab kulit kamu terasa gatal. Kulit kering bukanlah masalah yang serius, tetapi bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Kulit kering biasanya disebabkan oleh hasil dari penuaan atau faktor lingkungan, seperti mandi air hangat terlalu lama, iritasi terhadap produk tertentu, dan berada di tempat yang dingin terlalu lama.

  • Reaksi Obat

Beberapa obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, obat anti jamur atau penghilang nyeri narkotik bisa menyebabkan kulit terasa gatal secara tiba-tiba. Namun, gatal pada kulit yang disebabkan oleh obat-obatan biasanya juga disertai ruam.

Kebanyakan gatal pada kulit memang tidak disebabkan oleh kondisi yang serius. Meski begitu, gatal pada kulit juga bisa menjadi gejala dari penyakit kronis, seperti diabetes, kelainan darah, anemia defisiensi besi, penyakit Celiac, ataupun HIV/AIDS.

Baca juga: Bikin Gatal-Gatal, Begini Cara Obati Scabies

Alasan Kulit Gatal Tidak Boleh Digaruk

Saat kulit terasa gatal, tubuh akan langsung mengirim sinyal ke otak untuk menggaruk. Namun, tahukah kamu, menggaruk sebenarnya tidak menghilangkan rasa gatal tersebut, lho. Melainkan saat menggaruk, saraf kamu akan mengirim sinyal rasa sakit ke otak, sehingga rasa gatal seolah-olah hilang karena tergantikan dengan rasa nyeri. Selain itu, ketika rasa sakit saat kulit digaruk muncul, tubuh secara alami juga akan mengeluarkan serotonin yang memberikan rasa “puas”. Hal inilah yang menyebabkan kamu akan terus menggaruk kulit yang gatal.

Namun, terlalu sering dan kencang kamu menggaruk kulit akan menyebabkan iritasi dan luka. Iritasi tentu saja akan membuat kulit terasa semakin perih dan sakit. Itulah mengapa kamu tidak dianjurkan untuk menggaruk kulit yang gatal.

Baca juga: Kulit Kering dan Gatal Jangan Digaruk, Atasi dengan Ini

Manfaat Susu dan Madu untuk Kulit Gatal

Jadi, daripada menggaruk, sebaiknya gunakan bahan-bahan alami, seperti susu dan madu untuk mengatasi kulit gatal. Susu memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat memberikan sensasi menenangkan pada kulit dan membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal. Ditambah lagi, kandungan asam laktat pada susu bermanfaat untuk melembapkan dan meremajakan kulit. 

Cara menggunakan susu untuk mengatasi kulit gatal, yaitu basahi kain lap bersih dengan susu dingin, lalu usapkan pada kulit kering selama 5–7 menit. Kemudian, bersihkan kulit dengan lap lain yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lakukanlah setiap hari untuk mendapatkan pelembap alami.

Baca juga: Manfaat Susu Untuk Wajah dan Resep Maskernya

Selain susu, madu juga merupakan pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, antimikroba, serta dapat mengunci kelembapan dalam kulit, sehingga kulit senantiasa halus dan lembut. Dengan menjaga kelembapan kulit, kamu pun bisa terhindar dari kulit kering yang menjadi penyebab gatal pada kulit.

Cara menggunakannya, oleskan madu ke kulit yang gatal sebelum mandi dan biarkan selama 5–10 menit. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lembap.

Itulah cara mengobati kulit gatal dengan susu dan madu. Bila gatal pada kulit yang kamu alami tidak kunjung sembuh atau disertai gejala lain yang tidak normal, segera periksakan diri ke dokter kulit. Kamu juga bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan terkait kulit gatal yang kamu alami kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
One Good Thing. Diakses pada 2019. 23 Natural Remedies That Will Save You From Dry, Itchy Skin.