• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Goji Berry Dapat Atasi Insomnia, Benarkah?

Goji Berry Dapat Atasi Insomnia, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Insomnia adalah masalah kesehatan yang umum terjadi dalam kehidupan siapa saja, terkhususnya untuk para pekerja kantoran. Kamu mungkin sudah menata sedemikian rupa kamar tidur menjadi lebih nyaman, tetapi bisa saja ini tidak membantu membuat tidur lebih cepat. Ada jutaan orang di seluruh dunia yang mengidap masalah insomnia atau kurang tidur. Alasannya beragam, tetapi kondisi ini memang sama sekali tidak dapat dihindari. 

Apakah kamu memilih menggunakan pil tidur? Tapi, sampai kapan kamu bergantung pada obat ini? Oleh karena itu, kamu bisa memilih bahan alami untuk mengatasi insomnia, salah satunya adalah goji berry. Ini ulasannya.

Baca juga: Bukan Cuma Meredakan Stres, Ini 6 Manfaat Goji Berry

Bisakah Goji Berry Atasi Insomnia?

Goji berry adalah buah asal Himalaya dan dikenal efektif membantu semua orang tertidur. Buah dengan nama latin Lycium barbarum digunakan selama lebih dari 2.000 tahun sebagai ramuan obat dan suplemen makanan. Magnesium dan thiamin yang terkandung dalam beri membuat beri ini sedikit berbeda dari setiap buah lain. Thiamin dalam buah ini hadir dalam jumlah yang lebih banyak sehingga dapat membantu merilekskan tubuh. Sementara magnesium akan membantu orang untuk tidur nyenyak dengan sangat mudah dan cepat. Mereka yang mengonsumsi goji berry secara rutin dilaporkan tidak pernah memiliki masalah dengan tidur mereka.

Buah ini dikenal dapat merangsang kelenjar hipofisis tubuh, sehingga membantu menyembuhkan insomnia. Ini terjadi hanya ketika buah ini dikonsumsi secara teratur. Jadi,  mereka yang ingin terbebas dari masalah terkait kebiasaan tidur harus konsumsi jumlah goji berry yang cukup setiap hari. 

Melansir dari Medical News Today, penelitian dilakukan di Amerika Serikat untuk membuktikannya. Goji berry mampu mengatasi insomnia dengan meningkatkan suasana hati. Di dalam studi ini, peserta dewasa yang sehat mengkonsumsi 120 mililiter jus goji berry setiap hari selama 14 hari. Mereka kemudian mengisi kuesioner untuk mencatat kualitas kesejahteraan, kesehatan neurologis dan psikologis, gejala muskuloskeletal, dan keluhan pencernaan dan kardiovaskuler, serta setiap efek buruk jus setiap hari.

Para peneliti melakukan pengukuran untuk mencatat tekanan darah, massa tubuh, berat badan, denyut nadi, dan penglihatan masing-masing peserta sebelum dan setelah 14 hari studi.

Kelompok yang diberi jus goji berry melaporkan peningkatan energi, kemampuan untuk fokus, peningkatan kinerja atletik, ketajaman mental, dan perasaan tenang dan kepuasan diri pada hari ke 15. Studi ini menunjukkan peningkatan kualitas tidur pada mereka yang mengonsumsi jus goji berry, dan tidak ada yang mengalami efek negatif terkait dengan minum jus tersebut.

Jika masih belum yakin, kamu bisa chat dokter di Halodoc untuk menanyakan tips sederhana mengatasi insomnia. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan solusi untuk setiap permasalahan kesehatan yang kamu alami.

Baca juga: Benarkah Goji Berry Cegah Obesitas?

Tambahkan pada Makanan Kesukaanmu

Kamu tidak harus mengonsumsi goji berry dengan cara dijus. Banyak sekali cara sehat yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengatasi insomnisa. Tambahkan goji berry ke yogurt, oatmeal, atau sereal sarapan. Kamu dapat membeli goji berry di sebagian besar toko makanan kesehatan dan pasar. Buah ini juga bisa ditambahkan pada beberapa jenis makanan, seperti: 

  • Smoothie;

  • Salad;

  • Makanan yang dipanggang;

  • Makanan penutup;

  • Saus manis.

Kamu juga bisa membawa buah ini ke mana saja untuk dimakan sebagai camilan sehat. Goji berry tersedia segar atau kering dan dalam campuran. Goji berry memang tidak murah, namun manfaat kesehatan mungkin sepadan dengan harganya. Lagipula harganya juga tergantung pada produk tersebut, apakah ia diproses organik, alami, atau dengan proses lain.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are the Health Benefits of Goji Berries?
Ezine Articles. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Insomnia With Goji Berries - The Way to Good Sleep.