Bukan Cuma Meredakan Stres, Ini 6 Manfaat Goji Berry

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bukan Cuma Meredakan Stres, Ini 6 Manfaat Goji Berry

Halodoc, Jakarta – Sudahkah kamu mencicipi buah goji berry? Buah yang berasal dari dataran Cina ini memiliki rasa manis yang sedikit masam. Goji berry biasanya tersedia dalam bentuk yang dikeringkan atau dibuat menjadi jus. Tidak cuma lezat untuk dimakan atau diminum, goji berry mengandung banyak vitamin dan mineral, contohnya vitamin C, serat, besi, vitamin A, seng, dan antioksidan.

Baca Juga: Jus Ini Ampuh untuk Bikin Tubuh Langsing

Karbohidrat dalam goji berry merupakan karbohidrat kompleks. Ini berarti gula darah naik secara perlahan, sehingga risiko terkena penyakit gula masih sangat rendah. Banyak orang menggunakan goji berry untuk meredakan stres. Manfaatnya tidak berhenti sampai di situ saja, goji berry bermanfaat untuk mengobati penyakit mata, hati, dan kulit.

Manfaat Kesehatan dari Goji Berry

Goji berry memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, selain dapat meredakan stres. Manfaat goji berry tersebut di antaranya adalah:

  1. Memperbaiki Depresi, Kecemasan, dan Kesulitan Tidur

Goji berry membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur. Jus goji berry dapat meningkatkan energi, kemampuan untuk fokus, peningkatan kinerja atletik, ketajaman mental, dan perasaan tenang dan kepuasan. Selain itu, rutin mengonsumsi jus goji berry ternyata juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sebuah studi yang telah ditulis dalam jurnal American Academy of Optometry juga telah menemukan bahwa goji berry dapat membantu mengurangi risiko glaukoma. Kandungan antioksidan yang tinggi, terutama zeaxanthin dipercaya melindungi terhadap penyakit mata yang berkaitan dengan usia. Antioksidan yang sama dapat menghentikan kerusakan dari sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain yang diperoleh dari antioksidan yang terkandung dalam goji berry yaitu meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh untuk melawan radikal bebas dan peradangan yang berbahaya. Goji berry mengandung sejumlah besar vitamin A dan C, mirip dengan beri lainnya, termasuk blueberry dan raspberry. Vitamin A dan C penting untuk membangun kekebalan dan mencegah penyakit, mulai dari flu hingga kanker.

Baca Juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

  1. Menyehatkan Kulit

Goji berry mengandung beta-karoten yang mampu mempromosikan kulit yang sehat. Beta-karoten juga sering digunakan sebagai bahan yang terkandung dalam krim kulit. Kandungan ini  meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi iritasi kulit, mengelola efek sengatan matahari dan mencegah penuaan.

Jika ingin tahu cara lainnya untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa bertanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal download di smartphone saja, ya!

  1. Mencegah Kerusakan Hati

Goji berry sering digunakan untuk mengobati penyakit hati dalam pengobatan tradisional. Goji berry dapat membantu mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak yang umumnya disebabkan oleh konsumsi alkohol.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rasanya yang manis dengan kandungan seratnya yang tinggi, membantu seseorang yang menjalani diet sehat dan merasa kenyang lebih lama. Kalau kamu berencana menjalankan diet, goji berry bisa dijadikan pilihan camilan ringan untuk mencegah rasa ingin ngemil dan makan terlalu banyak. Biar lebih lezat, kamu bisa mencampurnya dengan yogurt atau salad.

Baca Juga: Tren Kesehatan Kekinian, Coba Minum Air Kaktus

Nilai gizi goji berry yang rendah kalori dan rendah gula menjadikannya pengganti yang sempurna untuk buah-buahan kering lainnya dengan kadar gula lebih tinggi. Satu ons goji berry mengandung 23 kalori. Hal ini membuktikan goji berry aman untuk dikonsumsi dan dapat bermanfaat bagi kesehatan, ya! 

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are the health benefits of goji berries?.
Healthline. Diakses pada 2019. 8 Healthy Facts About the Goji Berry.