09 July 2018

Hati-Hati Gigitan Tungau dan Cara Mengatasinya

gigitan tungau, bahaya gigitan tungau, mengatasi masalah tungau

Halodoc, Jakarta –Siapa yang tidak kenal dengan tungau? Tungau merupakan hewan kecil yang mirip kutu dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya hanya 0,5 milimeter saja. Tungau bisa tinggal di kasur karena kebersihan kasur atau pun kamar yang kurang terjaga. Tungau kasur adalah hewan sejenis microspider yang hidup di lingkungan kotor dan berkembang biak dengan sangat cepat. Biasanya, tungau kasur akan meninggalkan serpihan tubuhnya di bawah dan pinggiran kasur, atau pada lipatan sprei.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Tungau kasur bisa hidup lama pada kasur, karena pada dasarnya tungau mendapatkan makanan dari kulit mati manusia yang mengelupas saat tidur. Itulah yang menyebabkan tungau dapat hidup berkelompok dalam jumlah yang banyak.

Bahaya Gigitan Tungau

Gigitan tungau nyatanya bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kulit kamu.

  • Menyebabkan Kulit Gatal-gatal

Tungau nyatanya bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal. Apalagi rasa gatal-gatal ini tidak segera diatasi, maka kemungkinan bisa menyebabkan ruam pada sekitar kulit yang terkena gigitan tungau. Tidak hanya gigitan tungau yang berbahaya, pada beberapa jenis tungau, kotorannya pun dapat membuat kulit menjadi gatal-gatal dan memerah.

  • Tungau Menyebabkan Permasalahan pada Pernapasan

Ketika kotoran tungau bercampur dengan debu dan terhirup ketika sedang bernapas, kemungkinan kamu akan mengalami bersin-bersin karena udara yang kurang baik. Selain itu, kotoran tungau sendiri sangat berbahaya untuk sistem pernapasan. Jadi, tidak ada salahnya kamu rajin membersihkan kasur kamu dan rajin mengganti sprei kamar kamu.

  • Menurunkan Kualitas Hidup Seseorang

Tungau nyatanya perlahan-lahan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Dampak dari gigitan atau kotoran tungau nyatanya dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman jika kamu tidak memperhatikan kebersihan di sekitar kamar maupun kasur kamu. Menurut ahli kesehatan, jika kamu digigit oleh tungau, bisa saja akan menimbulkan stres karena dampak gigitan yang membuat kulit kamu gatal. Sehingga, ini dapat memengaruhi kamu untuk mengatur emosi dan dapat menurunkan tingkat kualitas hidup kamu.

Cara Mengatasi Bahaya Tungau

Keberadaan tungau dalam rumah, khususnya di dalam kamar, memang tidak bisa didiamkan begitu saja. Ada banyak cara untuk mengatasi bahaya tungau yang mengintai.

  • Cuci Perlengkapan Rumah dengan Air Panas

Cara menghilangkan tungau yang paling ampuh adalah dengan membersihkan seluruh perlengkapan rumah dengan air panas. Kamu juga bisa menambahkan deterjen antibakteri untuk menghilangkan kotoran-kotoran tungau yang menempel pada perlengkapan rumah kamu. Agar tungau tidak mudah kembali, tidak ada salahnya kamu rajin membersihkan perlengkapan rumah kamu secara rutin agar tungau tidak bersarang.

  • Gunakan Bunga Lavender Kering dan Minyak Lavender

Meskipun minyak lavender memiliki bau yang sangat menenangkan untuk kita, tapi tidak bagi tungau. Minyak lavender memiliki bau yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh tungau. Kamu bisa menyemprotkan minyak lavender pada kasur atau perlengkapan tidur kamu, agar tidak menjadi sarang tungau. Untuk perlengkapan rumah, kamu bisa menjadikan bunga lavender kering sebagai pengharum ruangan alami yang memiliki fungsi untuk mengusir tungau dari rumah kamu.

Baca juga: Inilah Manfaat 8 Ragam Mineral untuk Kesehatan Kulit

Jika kamu memiliki masalah kesehatan kulit, sebaiknya tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penanganan pertama. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!