• Home
  • /
  • Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini

Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini

Halodoc, Jakarta - Memiliki bekas luka pada tubuh bukan hanya membuat kamu menjadi tidak nyaman, tapi juga kurang percaya diri. Hal yang menjadi masalah juga adalah jika bekas luka terdapat pada area kulit yang tidak tertutup oleh pakaian. Sebenarnya bekas luka sendiri dapat dihilangkan secara cepat dengan mengunjungi dokter spesialis kulit. Namun, sebelum mengunjungi dokter spesialis kulit, ada baiknya kamu mencoba bahan alami penghilang bekas luka berikut ini:

Baca juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang sudah terkenal dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, khususnya area wajah. Ternyata, manfaatnya tak sampai di situ saja, jeruk nipis juga efektif untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Ketika menggunakannya, bahan alami ini akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap kali bepergian, ya!

  1. Madu

Selain dapat digunakan sebagai pelembap kulit, madu juga efektif jika digunakan sebagai bahan alami penghilang bekas luka. Madu mengandung bahan-bahan yang dapat membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel di dalamnya. Terkait dengan hal tersebut, kamu dapat mencampurkan madu dan baking soda secukupnya yang digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Bawang Merah

Sifat antiinflamasi yang terkandung di dalam bawang merah dapat menghambat kolagen dalam bekas luka, sehingga bekas luka terlihat samar. Namun, jika kamu ingin menggunakan bahan alami yang satu ini untuk menghilangkan bekas luka di kulit wajah, sebaiknya kamu diskusikan terlebih dulu dengan dokter, ya! Pasalnya, ada beberapa orang yang memiliki kulit wajah yang sangat sensitif terhadap bahan-bahan apapun.

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah 

  1. Lidah Buaya

Sama seperti pada bawang merah, sifat antiinflamasi pada lidah buaya dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Tidak sampai di situ saja, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini di pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

  1. Timun

Timun merupakan bahan alami yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit, seperti lemon atau jeruk. Bahan alami yang satu ini cocok digunakan seseorang yang memiliki kulit sensitif. Bukan hanya membantu menghilangkan bekas luka, timun dapat digunakan sebagai bahan pencerah dan mengenyalkan kulit wajah.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin K dan vitamin E yang baik untuk kulit. Selain kedua vitamin tersebut, minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam yang tinggi yang efektif dalam menghilangkan bekas luka. Untuk hasil yang maksimal, kamu juga dapat mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Kemudian, gosokkan perlahan pada area bekas luka. Lakukan secara rutin, agar bekas luka perlahan memudar.

  1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan tanaman herbal yang sangat populer di kalangan pecinta herbal. Bukan hanya baik bagi kesehatan, teh hijau juga efektif dalam menghilangkan bekas luka pada tubuh. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin, yaitu zat yang bersifat antioksidan, antibakteri sekaligus antiinflamasi terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Baca juga: Ingin Wajah Cerah? Coba Masker Alami Ini

Sebagian besar orang akan bergantung pada obat-obatan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Ternyata, bekas luka tersebut dapat hilang jika kamu menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Selamat mencoba!

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2020. Scars. 
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Old Scars: Top 10 Remedies.
Style Craze. Diakses pada 2020. How To Get Rid Of Old Scars – Home Remedies And Prevention Tips.