Idap Diabetes, Terapkan Pola Makan Ini Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
diabetes saat puasa

Halodoc, Jakarta - Saat puasa, pengidap diabetes perlu mengatur, menyusun, dan memilih menu ideal sesuai dengan kondisi medis. Terutama saat berbuka puasa, bagi pengidap diabetes bukanlah hal yang mudah. Karena sebagian besar makanan yang telah diolah mengandung gula. Makanan yang paling aman adalah yang dibuat sendiri di rumah.

Pada dasarnya, puasa mampu meningkatkan  kesehatan tubuh seseorang, terutama jika di waktu sahur tubuh mendapatkan cukup asupan gizi seimbang. Begitu pula pada pengidap diabetes kronis, sangat membanggakan juga dapat melakukan puasa dengan baik. Sebab, berpuasa bisa menstabilkan kadar gulanya dalam darah relatif mudah dan cepat.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Ini Cegah Orang Kena Miokarditis

Berikut pola makan bagi pengidap diabetes yang bisa kamu jalani selama puasa:

  1. Makanan Berprotein

Pengidap diabetes disarankan memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi. Tujuannya adalah supaya stamina tetap terjaga sepanjang hari tanpa harus merasakan lapar yang berlebihan. Makanan yang disarankan adalah ikan, telur, daging sapi, tempe, atau tahu, dan bisa pula ditambah dengan susu sapi murni. Pasalnya, susu merupakan sumber protein terbaik bagi pengidap diabetes.

  1. Minum Jus

Buah-buahan merupakan makanan alami yang baik untuk dijadikan salah satu pola makan pengidap diabetes saat puasa. Buah yang bisa dijadikan jus sehat tanpa harus khawatir kadar gula akan meningkat, di antaranya buah belimbing, jus lemon, jus jambu biji, mentimun, dan lain-lain.

  1. Gula Jagung

Konsumsi teh manis tidak dilarang bagi pengidap diabetes, kopi atau susu mungkin akan ditambahkan gula kembali. Namun, sebaiknya gunakan gula jagung, karena hanya dengan penggunaan gula jagung, kadar gula tetap akan dalam kondisi terbaik. Penggunaan gula jagung bisa diaplikasikan saat sahur dan berbuka puasa. Pola makan pengidap diabetes saat berpuasa dengan menggunakan gula jagung adalah solusi yang paling aman di manapun atau kapanpun kamu berada.

Baca juga: Ketahui 5 Gejala Miokarditis Agar Tahu Penanganannya

  1. Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan pengidap diabetes saat sedang berpuasa. Pengidap diabetes bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman dan tambahan bahan herbal lain. Cara mengolah khasiat kayu manis yang benar adalah dengan cara memasukan 2 batang kayu manis pada segelas air panas matang lalu tambahkan 2-3 sendok gula jagung dan perasan air jeruk nipis sesuai selera.

Minuman segar dan sehat ini bisa kamu minum dua kali sehari secara teratur, supaya kadar gula selalu dalam kondisi yang stabil. Selain itu, bahan satu ini juga baik bagi orang-orang yang bukan pengidap diabetes, tapi ingin mencegah munculnya gejala diabetes.

  1. Hindari Minuman Kaleng

Minuman kaleng merupakan minuman yang paling dilarang untuk pengidap diabetes yang sedang atau tidak melakukan ibadah puasa. Bahaya minuman kaleng bagi kesehatan apabila dikonsumsi adalah meningkatnya kadar gula dalam darah. Kondisi ini dipicu karena minuman berkarbonasi atau minuman bersoda memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan menggunakan bahan pengawet. Pola makan pengidap diabetes saat puasa adalah menghindari apapun bentuk minuman berkarbonasi di sela-sela sahur atau berbuka puasa.

  1. Hindari Junk Food atau Siap Saji

Pengidap diabetes sebaiknya juga menerapkan kedisiplinan untuk tidak menyantap apapun makanan dalam bentuk makanan siap saji. Makanan jenis ini adalah makanan yang tidak sehat, karena tingginya lemak dan kolesterol serta rendah nutrisi. Makanan berbahaya yang paling banyak disukai pengidap diabetes adalah jenis jeroan yang meliputi kulit ayam, sayap ayam, usus, babat, jantung, ati dan ampela.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Virus Penyebab Miokarditis

  1. Karbohidrat Kompleks

Salah satu pola makan pengidap diabetes saat puasa adalah membiasakan diri mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, khususnya karbohidrat kompleks seperti gandum, oatmeal, sereal atau beras merah. Jenis-jenis makanan tersebut bisa membantu menjaga kestabilan gula darah dan memberikan sensasi rasa kenyang yang cukup lama di lambung. Dengan begitu, pengidap diabetes tidak akan merasakan perut lapar di siang hari bahkan menjelang buka puasa.

Itulah pola makan saat berpuasa yang harus dijalani pengidap diabetes. Jika kamu mempunyai pertanyaan lain seputar kesehatan, sebaiknya diskusikan dengan dokter di Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.