Implan Lensa Bisa Sembuhkan Gangguan Mata Presbiopi, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Implan Lensa Bisa Sembuhkan Gangguan Mata Presbiopi, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Presbiopi adalah gangguan mata yang dapat menyebabkan mata kehilangan kemampuan untuk melihat secara fokus barang yang dekat. Umumnya, kondisi ini terjadi sejalan dengan bertambahnya usia. Gangguan mata ini umumnya akan menyebabkan efek ketika seseorang menginjak usia sekitar 40 tahun. Gejala yang terjadi adalah kesulitan untuk melihat tulisan yang kecil.

Semua orang dapat mengidap presbiopi, meskipun belum pernah mengidap masalah penglihatan. Seseorang yang mengidap rabun dekat akan merasakan apabila penglihatan dekatnya mengalami kabur dan dapat diatasi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak, supaya penglihatannya kembali normal.

Presbiopi dapat didiagnosis dengan cara pemeriksaan mata yang dasar dan meliputi penilaian refraksi dan pemeriksaan kesehatan mata. Penilaian refraksi tersebut untuk menentukan apabila seseorang mengidap rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, hingga presbiopi. Dokter akan menggunakan berbagai alat untuk menguji fungsi dari mata tersebut.

Salah satu cara untuk mengetahui apabila kamu mengidap presbiopi adalah dengan meneteskan obat tetes mata untuk melebarkan pupil sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan mata. Cairan tersebut mungkin akan membuat mata kamu menjadi lebih sensitif terhadap cahaya selama beberapa jam setelah dilakukan. Pelebaran pada pupil mata dapat membuat dokter untuk lebih mudah melihat bagian mata kamu.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Presbiopi, Gangguan Mata Tua di Usia Lansia

Gejala Gangguan Mata Presbiopi

Setiap hari semua orang akan melihat apa saja yang sedang terjadi di ponselnya. Pada pengidap presbiopi, orang tersebut harus menjauhkan ponselnya agar dapat melihat tulisan yang tertera. Namun, ketika kamu memindahkan benda lebih jauh dari mata, ukurannya akan menjadi semakin kecil. Walaupun kamu dapat melihat dari jarak dekat, gangguan mata tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, mata menjadi tegang, dan kelelahan visual yang terjadi ketika membaca. Kondisi tersebut dapat membuat rasa tidak nyaman serta mata mudah lelah.

Penyebab Presbiopi

Umumnya, hal utama yang menyebabkan gangguan mata jarak dekat ini berhubungan dengan faktor usia. Hal ini berbeda dengan astigmatisme, rabun jauh atau rabun dekat, serta yang berhubungan dengan bentuk bola mata. Gangguan mata ini dapat disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Presbiopi berhubungan dengan penebalan bertahap dan hilangnya fleksibilitas lensa alami di dalam mata.

Baca Juga: 6 Fakta tentang Presbiopi Alias Mata Enggak Fokus

Penyembuhan Gangguan Mata Presbiopi dengan Implan Lensa

Tahukah kamu bahwa gangguan mata presbiopi dapat disembuhkan dengan cara implan lensa? Pada pengobatan ini, implan lensa yang dilakukan terbagi menjadi dua, yaitu ICL atau implantable contact lens yang dilakukan dengan mempertahankan lensa alami. Cara kedua adalah dilakukannya penggantian lensa yang menghilangkan lensa alami dan menggantinya dengan lensa buatan.

Untuk implan lensa tipe ICL, hal ini mungkin menjadi alternatif yang sangat baik untuk seseorang yang mengalami kelainan refraktif yang tinggi. Operasi mata laser sudah tidak dapat dilakukan karena efek samping yang dihasilkan. Selain itu, implan lensa bifocal atau multifocal dapat membuat seseorang mengalami kejernihan visualnya kembali. Hal ini umumya dilakukan pada orang tua yang mengidap presbiopi yang menggunakan kacamata baca.

Persyaratan Melakukan Implan Lensa

Terdapat beberapa faktor yang dapat dilakukan untuk menemukan solusi terbaik untuk gangguan mata tersebut. Hal tersebut akan dilakukan oleh dokter agar kamu mendapatkan pengobatan terbaik. Beberapa syarat yang membuat seseorang harus menerima implan lensa adalah:

  • Mengalami katarak.
  • Penyimpangan bias yang parah.
  • Tidak memenuhi syarat untuk operasi mata laser.
  • Presbiopi dan ketergantungan pada kacamata baca.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mata, Ini Bedanya Presbiopi dan Miopi

Jika kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut perihal pengobatan mata tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter di Halodoc dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play.