05 December 2018

Telur Mencegah Presbiopi, Benarkah?

Telur Mencegah Presbiopi, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah melihat orang tua ketika membaca buku atau koran harus didekatkan ke mata? Nah, mungkin saja orang tersebut telah mengidap presbiopi. Penyakit presbiopi terjadi ketika mata mengalami kehilangan kemampuan untuk fokus, dan umumnya terjadi karena bertambah tuanya usia.

Presbiopi umumnya terjadi pada seseorang dengan rentang usia 40 tahun. Saat hal tersebut terjadi, pengidap mengalami kesulitan membaca cetakan-cetakan kecil dengan jelas, termasuk juga pesan teks yang masuk ke gawai mereka. Kamu dapat mengalami presbiopi meskipun belum pernah ada catatan mengalami masalah penglihatan sebelumnya.

Presbiopi terjadi karena lensa mata menjadi lebih kaku dan lebih sulit untuk mengubah bentuk seiring dengan pertambahan usia. Pada mata normal, lensa mata bersifat fleksibel dan akan membesar atau mengecil untuk mengatur cahaya yang masuk. Hal tersebut membuat mata butuh waktu lebih lama untuk menangkap objek, karena cahaya tidak jatuh tepat di retina.

Banyak cara untuk mencegah presbiopi, salah satunya adalah dengan rajin mengonsumsi telur. Hal tersebut dikarenakan terdapat dua jenis kandungan antioksidan pada telur yang mampu melindungi mata dan juga menahan mata dari sinar UV. Selain itu, telur juga kaya akan mineral yang dapat mengurangi risiko penurunan tingkat penglihatan.

Salah satu cara yang baik untuk penyajian telur agar dapat mencegah presbiopi adalah:

  1. Telur Dicampur dengan Buah Goji Berry.

Buah goji berry memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga jaringan retina mata dan meningkatkan ketajaman mata. Selain itu, buah goji berry juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi organ hati, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol darah, dan melancarkan aliran darah di pembuluh darah. Karena itu, pencampuran telur dengan buah goji berry mempunyai banyak manfaat bagi mata dan tubuh seseorang.

  1. Telur Dicampur dengan Wortel

Telur dan wortel, keduanya memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata. Dengan mencampurkan keduanya, risiko terkena presbiopi pun akan berkurang. Kandungan nutrisi pada wortel kaya akan kalori, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada wortel dapat merawat kesehatan bola mata, meningkatkan daya penglihatan, dan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Pengobatan Presbiopi

Apabila presbiopi sudah terjadi, cara seseorang untuk dapat melihat dengan baik adalah dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, atau operasi. Perlu diketahui, tidak ada cara untuk mengembalikan retina mata seseorang kembali ke normal apabila presbiopi sudah terjadi. Cara untuk seorang pengidap presbiopi agar terlihat normal, yaitu:

Kacamata

Kacamata adalah salah satu solusi yang paling umum bagi pengidap presbiopi. Fungsi lensa dari kacamata adalah untuk mengembalikan penglihatan dekat agar jelas dan memberikan penglihatan yang jelas untuk semua jarak meskipun bukan disebabkan oleh presbiopi. Untuk hal ini, kamu dapat menggunakan lensa multifokal.

Pilihan lainnya yaitu kacamata dengan lensa bifokal, walaupun dewasa ini sudah kurang populer. Hal tersebut dikarenakan jangkauan penglihatan yang terbatas untuk pengidap kasus presbiopi. Selain itu, umumnya orang tidak ingin terlihat lebih tua karena bentuk dari lensa bifokal.

Selain itu, pengidap presbiopi juga lebih sensitif pada cahaya karena penuaan pada mata. Maka dari itu, lensa photochromic yang dapat mengubah gelap dengan otomatis ketika di bawah sinar matahari adalah salah satu pilihan yang baik. Kacamata jenis ini dapat dibarengi dengan lensa progresif dan bifokal.

Itu lah sedikit pembahasan mengenai bagaimana telur dapat mencegah presbiopi pada seseorang. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal presbiopi, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: